Selasa, 23 April 2024

Genmuda – Seperti yang kita tau, Apple dalam waktu dekat bakal ngeluncurin iPhone baru mereka yang (mungkin) bernama iPhone 7. Yah namanya juga Apple, perusahaan yang berlogo apel digigit ini selalu berhasil menyita perhatian media di seluruh dunia, jadi wajar aja kamu bakal nemu rumor tentang iPhone 7 beredar di mana-mana.

Walaupun sampe sekarang ini banyak banget kabar burung yang simpang siur tentang ponsel teranyar besutan Apple ini, ada baiknya kamu juga tau fakta-fakta menarik di bawah ini sebelum kamu terlalu cepat percaya dengan rumor yang beredar. Yuk kita cek satu-satu!

Di balik penomoran iPhone

iPhone dari masa ke masa (c) iMore
iPhone dari masa ke masa (c) iMore

Apple memulai tren penyebutan nama ponsel mereka pada tahun 2010 melalui iPhone 4 dan sejak saat itu mereka selalu ngikutin pattern tersebut sampe iphone 6s di tahun 2015. Mari kita lihat nama-nama iPhone yang udah dirilis sejauh ini:

2007: iPhone

2008: iPhone 3G

2009: iPhone 3GS

2010: iPhone 4

2011: iPhone 4s

2012: iPhone 5

2013: iPhone 5s

2014: iPhone 6

2015: iPhone 6s

Kalo kita lihat skemanya, emang wajar guys kalo media bakal berspekulasi iPhone selanjutnya bakal bernama iPhone 7. Tapi Apple bisa aja ngubah kebiasaan itu dan ngeganti nama tersebut dengan sebutan yang berbeda, persis seperti yang dilakuin oleh Samsung pas mereka launching Galaxy Note 7.

Ditambah lagi ada beberapa ponsel yang keliatannya udah jadi tanda-tanda kalo Apple pelan-pelan pengen ngubah skema produk mereka. Contohnya pada saat mereka rilis iPhone 5c yang dirilis tahun 2013 dan iPhone SE di tahun 2016. So terlepas spekulasi apakah iPhone berikutnya bakal disebut iPhone 7 itu masih bergantung pada Apple, mari kita nantiin aja ya Kawan Muda.

iPhone versi jumbo yang nambah nilai Plus

Nah yang satu ini skemanya udah keliatan sejak tahun 2014 melalui iPhone 6 Plus, pada saat pertama kali dirilis ponsel yang berukuran jumbo ini dapet apresiasi yang cukup positif dari para fans.

2014: iPhone 6 Plus

2015: iPhone 6s Plus

Sayangnya karena saking tipis dan lebar, iPhone 6 Plus kena masalah #Bendgate atau titik dimana iPhone 6 Plus bakal bengkok kalo dikasih tekanan yang cukup gede. Terkait masalah itu, tahun 2015 Apple kembali rilis iPhone dengan layar 5,5 inci tapi dengan konstruksi bodi yang lebih kokoh.

Balik ke rumor yang beredar, melihat skema yang udah ada 2 tahun belakang, iPhone 7 juga (bisa jadi) ditemani big bro-nya yaitu iPhone 7 Plus. Tentu ini bakal nguntungin fans Apple yang punya selera masing-masing antara ponsel biasa dan ponsel ukuran jumbo.

Kapan biasanya iPhone dirilis

Steve Jobs saat ngenalin iPhone 4 (c) Softpedia
Steve Jobs saat ngenalin iPhone 4 (c) Softpedia

Pada umumnya emang iPhone dirilis setahun sekali, tapi tanggalnya selalu berbeda-beda loh Kawan Muda. Yuk kita lihat skemanya di bawah.

iPhone: 29 Juni 2007

iPhone 3G: 11 Juli 2008

iPhone 3GS: 19 Juni 2009

iPhone 4: 24 Juni 2010

iPhone 4s: 14 Oktober 2011

iPhone 5: 21 September 2012

iPhone 5s dan 5c: 20 September 2013

iPhone 6 dan 6 Plus: 19 September 2014

iPhone 6s dan 6s Plus: 25 September 2015

iPhone SE: 31 Maret 2016

Kalo kita liat skema di atas, Apple 4 tahun berturut-turut merilis iPhone mereka pada akhir September dan kemungkinan tahun ini juga seperti itu. Menurut rumor yang beredar, tahun ini Apple bakal luncurin iPhone 7 pada tanggal 9 September 2016 dan dirilis tanggal 16 September 2016. Jadi siap-siap aja ya Kawan Muda!

Metamorfosis Desain iPhone

Apple emang terkenal banget dengan desain produknya yang simpel, minimalis nan elegan. Bahkan kalo kita liat iPhone selalu jadi bahan pembanding buat produsen smartphone lainnya, engga dikit juga loh yang niru-niru desainnya Apple.

Sejak 2008 Apple ngebuat desain yang bisa bertahan selama dua tahun. Tahun pertama mereka bakal ngenalin desain baru dan tahun berikutnya Apple bakal make desain yang sama tapi dengan beberapa upgrade di jeroannya.

2008: iPhone 3G

2010: iPhone 4

2012: iPhone 5

2014: iPhone 6

Begitu kita liat skemanya, tentu hal yang wajar kalo kita bakalan berasumsi tahun ini Apple bakal ngenalin desain terbaru mereka melalui iPhone 7. Rumor terbaru yang beredar sih iPhone 7 katanya bakal mengadopsi Home Button yang dilengkapi dengan haptic feedback.

Warna-warni iPhone

warna warni iPhone (c) iMore
warna warni iPhone (c) iMore

Kalo desain baru biasanya dikenalin di tahun genap, untuk warna baru Apple biasanya ngeluarin itu di tahun ganjil lewat model S mereka.

2013: iPhone 5s – Gold

2015: iPhone 6s – Rose Gold

Bisa jadi tahun ini Apple belum ngeluarin warna baru untuk iPhone mereka, kalo pun ada perubahan paling cuma sedikit penyempurnaan warna yang udah ada. Jika kamu sendiri lebih seneng warna apa Kawan Muda?

Upgrade spesifikasi iPhone

Sejak tahun 2010 Apple udah mulai make SoC (System-on-Chip) mereka sendiri. Setiap tahunnya iPhone dilengkapi dengan chipset seri A. Tahun ini pun kemungkinan iPhone bakal make prosesor Apple A10, yaitu prosesor generasi terbaru yang tentunya bakal lebih cepat dan lebih hemat energi dibanding SoC tahun sebelumnya.

Sedangkan buat RAM, ponsel ini udah mulai pake RAM 1 GB sejak iPhone 4s dan bertahan sampe iPhone 6. Akhirnya tahun kemarin iPhone dikasih upgrade RAM ke 2GB lewat iPhone 6s mereka. Berhubung iOS adalah sistem operasi yang efisien banget, Apple keliatannya belum begitu perlu untuk upgrade RAM ke 3GB. Sedangkan kalo kita liat nih ponsel Android aja udah sampe ke titik RAM 6GB.

Untuk ruang penyimpanan, tahun kemarin kapasitas iPhone paling besar adalah 128GB, belum jelas apakah tahun ini bakal ada versi 256GB. Kalo pun ada pasti bakal mahal banget harganya. Rumor terakhir juga iPhone 7 bakalan punya ruang penyimpanan minimal 32GB. Siap-siap kantong jebol!

iPhone antiair

iPhone 6s adu tahan nafas lawan Galaxy S7 (c) iphonehacks
iPhone 6s adu tahan nafas lawan Galaxy S7 (c) iphonehacks

Produk Apple terakhir yang resmi dikasih label antiair adalah Apple Watch, tentunya ini bakal ngasih kamu sedikit rasa tenang lah. Soalnya produk Apple kan udah dikenal dengan mahalnya, pasti kamu was-was kalo gadget kamu yang mahal terkena air.

Kalo Apple Watch udah resmi antiair, lain halnya dengan iPhone. Sampe saat ini belum ada iPhone antiair yang dikasih sertifikasi resmi kayak ponsel tetangga (baca: Samsung dan Sony). Tapi nyatanya guys, iPhone 6s cukup kuat nahan air karena ada material baru yang dipake untuk ngelindungi sisi dan pinggiran iPhone. Tinggal tunggu waktunya aja Apple bakal ngeluarin iPhone yang resmi mereka klaim sebagai iPhone anti air.

Menurut kamu apakah tahun ini iPhone bakal bikin kamu pengen upgrade atau malah pindah haluan ke Android?

 

Sumber: iMore | (sds)

Comments

comments

Sari Muda
Tech Enthusiast