Sabtu, 8 Agustus 2020

Genmuda – Part-time job bukanlah seuatu yang asing buat para pelajar dan mahasiswa. Selain uang jajan dari orang tua atau beasiswa, mungkin kamu butuh uang tambahan buat memenuhi keperluan-keperluan lainnya? Kalau iya, coba yuk cari part-time job.

Tugas utama pelajar dan mahasiswa emang belajar, tapi kalau kamu ngerasa udah bisa ngebagi waktu antara sekolah/kuliah, dan masih punya banyak waktu luang buat diisi, kenapa engga dicoba aja kerja paruh waktu. Part-time bukan kerjaan yang asing kok buat anak-anak yang pengen punya uang jajan tambahan. Lumayan kan, hasilnya bisa ditabung, atau digunain buat hal-hal yang kamu perlu tanpa harus minta ke orang tua.

Di luar negeri, banyak banget part-time job yang emang dikhususkan buat para pelajar/mahasiswa. Dan biasanya, pekerjaan-pekerjaan ini terpampang dengan jelas di bulletin board kampus-kampus, toko-toko, dan lain sebagainya. Sayangnya di Indonesia, informasi kerja part-time masih belum semasif di luar.

Tapi jangan khawatir, Kawan Muda. Banyak banget kok cara-cara buat dapetin info tentang part-time job, asal kamu engga males aja ngelakuinnya. Nih Genmuda.com kasih tau beberapa caranya ya, selamat mencoba!

  1. Online job search engine

Sekarang, cara yang paling gampang adalah nyari lewat online. Di internet, semua yang kamu butuhin ada di situ, termasuk lowongan-lowongan pekerjaan. Buat para pelajar dan mahasiswa, biasanya ada situs-situs khusus yang memberikan info tentang pekerjaan, contohnya aja KampusUpdate, StudentJobID, dan masih banyak lagi. So, jangan males-males buat mantengin web-web tersebut, kali aja ada pekerjaan yang sesuai sama kamu. 

  1. Kontak perusahaan

Selain job search engine, Kawan Muda juga bisa langsung ngecek lowongan pekerjaan di perusahaan yang kamu tuju. Misalnya, kamu udah yakin banget 1000 persen mau kerja di Google, dan cuma mau kerja di situ, yaudah cari infonya langsung lewat kontak perusahaan yang biasanya tercantum di situs resmi mereka. Banyak juga kok perusahaan-perusahaan yang ngelampirin lowongan di stusnya.

  1. Langsung dateng ke tempatnya

Ada juga beberapa tempat yang langsung ngebuka lowongan di toko/perusahaan mereka. Biasanya, lowongan-lowongan kerja part time banyak terdapat di coffee shop, restoran, sampe gerai-gerai kendaraan. Kalau kamu minat, bisa langsung dateng sambil bawa CV tuh guys.

  1. Cari pekerjaan di kampus

Mau yang lebih gampang lagi? Kalau kamu anak kuliahan yang rajin dateng ke kelas, disayang dosen, dan transkripnya dihiasi nilai-nilai A, maka kamu adalah kandidat kuat buat dapetin pekerjaan di kampus. Banyak banget loh yang bisa kamu lakuin, kayak jadi asisten dosen, asisten praktikum, sampe magang di Tata Usaha departemen/rektorat. Ada juga kampus-kampus yang ngebuka lowongan buat para mahasiswa di bidang Humas,PR, dan masih banyak lagi. Jadi, jangan males buat  nyari-nyari info ya.

  1. Tanya ke keluarga, kerabat, sahabat, dan kolega

Jangan malu-malu buat nanya ke keluarga, saudara, atau mungkin kolega kamu. Kali aja mereka ada yang ngebutuhin anak sekolah/kuliahan buat part-time. Dan biasanya, kalau kamu udah kenal, chance buat diterimanya juga jadi lebih gede kan? So daripada tiap kumpul lebaran/natal cuma ngegosip aja, sekali-sekali ngobrol yang serius sama saudara boleh dicoba.

  1. Freelance

Ini juga salah satu jenis pekerjaan yang bisa banget dilakuin sama anak-anak sekolah dan kuliah. Dimana dan kapan lagi, kamu bisa kerja ngelakuin hal yang kamu suka, dan dapet bayaran? Kalau kamu hobi foto, bisa coba jadi fotografer freelance. Kalau kamu hobi bikin-bikin acara, bisa jadi freelance EO. Kalau kamu hobi main sosmed, bisa juga jadi freelance admin sosmed sebuah perusahaan. Waktu kerja anak-anak freelance juga enak, engga tergantung jam kerja resmi dan bisa kamu lakuin darimana aja. Asik kan?

  1. Gabung jadi Gentroopers di Genmuda.com!

Kamu ngaku kekinian? Mau menyuarakan segala hal positif dan inspiratif buat Generasi Muda? Buat kamu-kamu yang berdomisili di Medan, Padang, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Makassar, Manado, Pontianak, dan Ambon, Genmuda.com ngajak kamu buat berkontribusi langsung menjadi bagian GenTroopers.

Caranya gimana? Gampang abis! Kamu tinggal kirim CV dan contoh tulisan kamu yang sesuai dengan konten yang ada di Genmuda.com melalui email redaksi@genmuda.com dengan subjek [GenTroopers]. Kalau terpilih, kamu akan dihubungi langsung oleh Genmuda.com! Yuk gabung sekarang! (sds)

Comments

comments

Ratu Rima
Forever needs: Foods. Cafe latte. Holiday. Writing. BIGBANG. and... You ♥