Selasa, 27 Oktober 2020

Genmuda – First jobber pasti lagi senyum-senyum sendiri. Gimana enggak, isi rekening bertambah digitnya berkat kemasukan gaji dan tunjangan hari raya. CIYEEE, akhirnya ngerasain dapat THR, ciyee…

Idealnya, THR bisa bikin penerimanya bernapas lebih lega selama beberapa minggu malah beberapa bulan ke depan. Tapi, penggunaan THR-nya perlu dibenerin.

Kamu perlu pilah kebutuhan yang emang harus dibayarkan dari kebutuhan yang cuma hura-hura aja. Nah, contoh kebutuhan yang harus dibayar ada di bawah ini. Simak, ya.

1. Jajanin diri sendiri

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Oh, ya. Kamu berhak jajan. Tapi, jangan sampai uang jajan lebih besar daripada uang THR. Kalo THR gak cukup untuk beli ponsel baru, ya jangan maksain. Beli yang mampu dibeli aja.

2. Bayar zakat

via bimbinganislam.com
(Sumber: bimbinganislam.com)

Bayar zakat gak berat, kok. Paling, kamu cuma menghabiskan beberapa ratus ribu aja untuk melunasi kewajiban tahunan itu. THR kamu pasti masih ada sisanya.

3. Jadi angpao

via: Pinterest
(Sumber: PInterest)

Ada cara supaya kamu bisa ngasih angpao buat adik, ponakan, dan sodara dengan THR yang terbatas. Caranya, jangan kebanyakan ngasih angpao. Ha! Kasih aja satu orang uang Rp 10 ribu atau malah Rp 5 ribu kalo emang uang di rekening gak sebanyak uang di khayalan kamu.

4. Lunasi utang

via giphy.com

Kali aja kamu masih punya hutang dari kartu kredit, sodara, atau teman, inilah saatnya melunasi hutang itu. Gak masalah, kok, uang THR kamu habis semua untuk bayar hutang daripada hutang itu dipelihara terus hingga akhirnya berbunga. Hutang kok dipelihara. Kambing tuh pelihara!

5. Cuekin aja di tabungan

©Genmuda.com/2017 Liki
©Genmuda.com/2017 Liki

Misalnya masih ada sisa setelah melunasi hutang, baiknya sih kamu cuekin dia di tabungan. Pasti bermanfaat buat dana cadangan ke depan. Tapi, inget, ya. Tabungan kamu cuma jangka pendek karena pasti akan terpakai.

6. Investasikan

via: Intisari
(Sumber: Intisari)

Kalo masih ada sisanya lagi, langsung aja endapkan benar-benar tabungan itu buat investasi jangka panjang. Kamu bisa ikut program tabungan emas, ikut reksa dana, atau tabungan pensiun. Gak masalah, kok.

Yaudah. Gitu aja. Selamat bersenang-senang dengan uang THR. Kalo uangnya habis, jangan sedih. Tahun depan juga dapat lagi. Hahaha! (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.