Senin, 23 Mei 2022

Genmuda – Tanda-tanda orang yang berpuasa tanpa bolong mulai terlihat di pertengahan Ramadhan. Cek aja badannya, girls. Ada yang makin kurus, ada yang makin ngembang kayak adonan kue di oven.

Padahal, puasa selama belasan hingga puluhan hari seharusnya gak berpengaruh drastis sama berat badan. Kenapa? Karena pola makan gak berubah sama sekali.

Puasa tetap ngasih kesempatan tiap orang makan tiga kali sehari, kok. Pertama, saat sahur; terus saat berbuka; terakhir saat makan malam. Meski pola makannya sama, sebagian orang menyikapi puasa dengan lebay.

Ada yang kebanyakan makan sehingga wajar nominal timbangannya makin besar. Ada yang sengaja gak olahraga sehingga massa ototnya berkurang dan doi makin ceking.

Kedua kasus itu bisa diselesaikan dengan olahraga, gaes. Olahraga selama berpuasa paling baik dilakuin setelah berbuka. Nah, inilah jenis-jenis olahraga yang da best karena gak butuh waktu lama melakukannya.

1. Body weight training

Kamu selalu bisa push-up, sit-up, dan back-up di lantai. Bisa juga melakukan push-up handstand sambil bersandar ke tembok. Atau, sekaian pull-up di kusen pintu. Lakuin aja hingga sampai dapat 100 hitungan atau selama 1 jam, badan kamu pasti keringetan dan badan terasa fit.

2. Yoga

Sementara itu, kamu yang gak pengen punya badan terlalu bulky kayak atlet angkat besi bisa lakuin beberapa sesi yoga selama 1 jam juga. Gak perlu lakuin banyak gerakan. Cukup lakuin satu tapi sempurnakan gerakan itu. Pasti kamu makin langsing, girls!

3. Planking

Malas meliuk-liukkan badan? Kamu gak perlu yoga, kok. Kamu bisa lakuin beberapa gerakan planking, misalnya planking depan, samping, dan belakang selama 1 jam supaya badan kamu tetap kencang meski tiap hari makan yang manis-manis.

4. Jogging

©Genmuda.com/2017 TIM
Jogging di Mal, berburu diskon. ©Genmuda.com/2017 TIM

Idealnya, olahraga nomor 1 hingga 3 harus kamu iringi dengan jogging juga supaya peredaran darah kamu lebih lancar. Kalau gak bisa melakukannya pada hari yang sama, lakuin pada hari lain juga gak apa kok, girls.

5. Jalan

via ig @crnaad
Sambil jalan sambil narsis. (Sumber: IG @crnaad)

Kalau joging gak sempat, yoga gak bisa, planking kesemutan, dan body weight training gak kuat, kamu selalu bisa jalan, kok. Meski efeknya gak sebesar lari, paling engga kamu melakukan sesuatu buat melancarkan peredaran darah dan menyehatkan paru-paru.

Makanya, ada baiknya kamu berjalan kaki saat ingin Tarawih di Masjid. Dan, jangan langsung pulang atau kebanyakan nongkrong ketika buka bersama. Jangan lupa jalan-jalan keliling mal sekalian cuci mata, sekalian nyari diskon, sekalian olahraga, sekalian nyari jodoh. Ooops!

Coba rutin lakuin lima olahraga di atas, pasti badan kamu fit dan kamu keliatan makin cantik saat mengenakan baju lebaran. Bahkan baju last season aja keliatan keren loh bila badan kamu fit. Percaya, deh! (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.