Rabu, 25 Mei 2022

Genmuda – Kecanggihan dan popularitas iPhone saat ini emang udah engga perlu diraguin lagi. Terlepas dari itu, sebenarnya masih banyak loh fungsi iPhone yang mungkin belum kamu ketahui, Kawan Muda.

Kamu yang sehari-hari pakai iPhone pasti bakal setuju kalo smartphone tersebut cukup mudah buat digunain, terutama berkat kinerja iOS-nya. Sayangnya, engga bisa diungkiri pula kalo ada kalanya kamu emang butuh beberapa langkah terlebih dahulu buat ngelakuin hal-hal yang sederhana.

Eits, tapi kamu engga perlu sedih, Kawan Muda. Sama kayak smartphone Android, iPhone sebetulnya juga punya beberapa shortcut yang bisa ngebantu kamu buat ngelakuin hal-hal tertentu dengan lebih cepat. Walau terbilang simpel, entah kenapa ternyata engga banyak orang yang sadar akan hal itu. So, berikut ini adalah 5 contoh shortcut-nya, yang dijamin bakal ngemudahin kamu banget:

1. Nutup beberapa aplikasi sekaligus

via beebom.com
(Sumber: Istimewa)

Saat ada banyak aplikasi yang lagi kebuka di iPhone kamu, nyingkirin semuanya satu per satu jelas bakal jadi tugas yang engga ada abisnya. Oleh karena itu, buat ngehemat waktu kamu dalam ngelakuin hal tersebut, mending kamu langsung gunain dua jari kamu buat nge-swipe dua aplikasi yang berbeda secara bersamaan dari layar multitasking kamu. Gampang ‘kan?

2. Balik ke aplikasi sebelumnya

via beebom.com
(Sumber: Istimewa)

Buat hal yang satu ini, kamu emang bisa ngegunain layar multitasking buat beralih ke aplikasi lain yang lagi kamu buka. Akan tetapi, sebenarnya masih ada sebuah solusi yang jauh lebih cepat. Misalnya aja saat kamu ngebuka App Store dari link iTunes di Safari, kamu bakal ngelihat sebuah ikon panah balik di pojok kiri atas. Cukup tap ikon tersebut, kamu bisa langsung balik lagi ke aplikasi yang sebelumnya.

3. Nolak telepon dengan cepat

via heresthethingblog.com
(Sumber: Istimewa)

We’ve all been there. Lagi ada ujian di kelas atau lagi meeting sama klien, eh kamu lupa matiin atau nge-silent hp kamu. Alhasil, hp kamu terus-terusan berdering pas ada telepon dan kamu malu abis. Nah, supaya kejadian semacam itu engga terulang lagi, ada satu shortcut yang harus kamu apalin. Selain bisa nge-silent panggilan yang masuk dengan mencet tombol volume, kamu juga bisa nolak panggilan tersebut dengan langsung mencet tombol kunci/power dua kali.

4. Ngambil foto saat ngerekam video

via imore.com
(Sumber: Istimewa)

Kamu mungkin udah tau shortcut ini, tapi kamu belum benar-benar manfaatin fungsinya. Sekedar ngingetin lagi, kamu bisa kok ngambil foto pas lagi ngerekam video. Kamu cuma perlu nge-tap tombol capture/take picture ke kiri tombol start/stop dan layar kamu bakal berkedip buat nunjukin kalo kamu baru aja ngambil foto. Lumayan ‘kan, kamu jadinya engga perlu kerja dua kali.

5. Ngegunain 3D Touch

via beebom.com
(Sumber: Istimewa)

3D Touch merupakan salah satu fitur favorit dari iPhone 6S. Bahkan, dengan kehadiran iOS 10, fitur tersebut jadi makin canggih lagi. Kamu antara lain bisa ngegunain fitur tersebut buat ngecek preview notifikasi, ngebalas pesan dari lockscreen, ngehapus semua notifikasi, dan lain-lain. Pokoknya kamu bisa ngapa-ngapain lebih cepat dari sebelumnya deh. Selamat mencoba, Kawan Muda! (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer