Sabtu, 6 Juni 2020

Genmuda – Legenda NBA sekaligus tim LA Lakers, Kobe Bryant, meninggal dunia pada usia 41 tahun. Kobe meninggal dalam kecelakaan helikopter yang terjadi pada Minggu (26/1) sekitar pukul 10.00 waktu setempat. Nahas, di dalam helikopter tersebut juga ada putri Kobe yang baru berusia 13 tahun bernama Gianna Bryant.

Kepergian Kobe juga banyak mengagetkan banyak pihak, mulai dari sesama atlet, selebritis, hingga presiden Amerika Serikat. Tagar “Black Mamba” yang merupakan julukannya pun turut meramaikan dunia maya.

Mengenang kepergian sang legenda bola basket, berikut Genmuda.com rangkum 5 momen terbaik Kobe Bryant dalam lapangan yang kayaknya sulit disamakan oleh atlet lain. Cekidot!

1. 81 Poin

Capaian ini berhasil Kobe torehkan saat LA Lakers menang atas Toronto Raptors dengan skor akhir 122-104 pada 22 Januari 2006. Ia berhasil melesatkan 28 dari 46 tembakan, dan menambahkan 18 lemparan bebas selama 42 menit.  Ia pun sukses mencetak 27 poin di kuarter ketiga dan 28 poin lainnya di periode terakhir.

Total 81 poin adalah poin terbanyak yang pernah dicetak dalam satu pertandingan dalam sejarah Lakers, sekaligus menjadi yang kedua sepanjang masa di belakang rekor Wilt Chamberlain pada tahun 1962. Di musim itu Kobe membuat rata-rata 35,4 poin per pertandingan dan menjadi musim paling gemilang dalam kariernya.

2. 62 poin dalam tiga kuartal

Satu bulan sebelum mencetak 81 poin, Kobe udah lebih dulu mencetak 62 poin saat melawan Dallas Mavericks pada bulan Desember 2005. Menariknya 62 poin itu dicetak lewat 31 tembakan hanya dalam waktu 32 menit permainan. Karena Lakers udah unggul atas Dallas, ia pun diistirahatkan di bangku cadangan sepanjang kuartal keempat.

FYI, dalam pertandingan itu Kobe telah mencetak lebih banyak poin daripada seluruh tim Dallas Mavericks, yang cuma mencetak 61 poin di akhir kuarter ke-3. Goks kan.

3. Kobe Bryant alley-oop ke Shaquille O’Neal

Ini mungkin momen paling ikonik dalam era duet Kobe-Shaq di Lakers. Saat final wilayah barat tahun 2000 Kobe berhasil mengantarkan Lakers comeback atas Portland Trail Blazers dengan alley-oop yang langsung disambar oleh Shaquillw O’Neal.

4. Kobe vs Boston Celtics tahun 2010

Dari lima gelar juara NBA yang pernah ia raih, gelar kelima di tahun 2010 jelas menjadi yang paling favorit untuknya. Saat itu Lakers berhasil mengalahkan rival terberatnya Boston Celtics dengan 7 game menegangkan di Staples Center. Kemenangan ini pun menjadikan Lakers memenangkan gelar back-to-back setelah musim sebelumnya berhasil mengalahkan Orlando Magic.

5. Pernah menang Oscar

(Sumber: CNN)

Meski udah pensiun, Kobe pernah menyabet piala Oscar pada tahun 2018 lewat film animasi pendek “Dear Basketball,” yang ia tulis dan ceritakan. Filmnya disutradarai dan dianimasikan oleh Glen Keane.

Filmnya terinspirasi pada puisi yang ditulis Kobe untuk ‘The Players Tribune’ pada 2015 yang mengungkapkan cintanya pada permainan dan mengapa ia memilih untuk pensiun dari bola basket.

“Sebagai pemain bola basket, kami seharusnya tutup mulut dan menggiring bola. Tapi saya senang kami melakukan sedikit lebih dari itu,” katanya saat menerima penghargaan.

 

Comments

comments