Kamis, 4 Juni 2020

Genmuda – Setelah sukses memerankan sosok master Wing Chun, Ip Man, Donnie Yen kembali hadir lewat film terbarunya berjudul “Enter the Fat Dragon” yang meramaikan Imlek tahun 2020. Masih berhubungan dengan kung fu kali ini aktor sekaligus produser itu disulap penampilannya biar kelihatan gemuk.

Kalo Kawan Muda browsing lewat Mbah Google film ini sebenarnya adalah versi remake dari judul serupa yang pernah diperankan oleh aktor senior Sammo Hung di tahun 1978. Lebih lanjut “Enter the Fat Dragon” adalah film parodi dari film Bruce Lee berjudul “Way of the Dragon” (1972).

Kayak gimana keseruannya? Langsung aja lo baca review Genmuda.com berikut ini sampai kelar!

Polisi berprestasi tanpa apresasi

©SKY Films/2020

Cerita berawal oleh kehidupan Fallon Chu (Donnie Yen), seorang anggota kepolisian Hong Kong paling cekatan dan punya trek rekor sempurna dalam menjalankan misinya. Kehidupannya bisa dibilang enak-enak aja. Punya pasangan artis, hidup mapan, dan disegani para kriminal.

Namun demikian strategi Chu dalam meringkus penjahat sering kali melibatkan banyak kerugian lebih besar. Meski berhasil, gak sedikit kerugian yang harus ditanggung oleh pihak kepolisian Hong Kong. Itu juga penyebab dirinya susah naik jabatan selama 10 tahun bekerja.

Puncaknya ia malah harus terlibat dalam sebuah perampokan di bank menjelang foto pre-wedding-nya dengan Chloe (Niki Chow). Alih-alih membereskan para perampok, ia malah bikin kacau seisi kota dan menghancurkan kantor kepolisian.

Ibarat udah jatuh ketiban tangga, setelah diputusin sama Chloe, Chu harus dimutasi ke divisi barang bukti. Hidupnya yang penuh aksi mendadak jadi monoton dan begitu-gitu aja. Inilah yang kemudian bikin berat badannya naik hingga 115 kilogram.

Enam bulan berlalu, Chu lantas ditugaskan oleh mantan rekannya, Shing (Kai-Chung Cheung) untuk mengantarkan seorang buronan yang dicari oleh kepolisian Jepang. Demi promosi jabatan Chu gercep pergi ke Jepang dan bekerjasama dengan kepolisian setempat.

Inilah yang menjadi petualangan seru yang menjadi inti cerita dari film “Enter the Fat Dragon”. Kira-kira apa yang bakal ditemui oleh Chu? Apakah ia berhasil mendapatkan promosi jabatan?

Ringan dan gak perlu mikir berat-berat

©SKY Films/2020

Meski dari judulnya udah berbau-bau cowok gemuk, namun itu cuma sebatas penampilan doang kok. Secara keseluruhan tampilan Donnie Yen yang disulap oleh makeup dan kostum gak membatasi geraknya dalam mempraktikan aksi bela diri.

Konfliknya sendiri gak berfokus pada perubahan penampilannya, namun bagaimana Chu bisa mengerti keadaan orang lain dan berusaha menikmati hidupnya sebagai polisi normal. Harus diakui, penulis ngerasa cerita yang digarap oleh Jing Wong dan disutradarai olehnya bersama Kenji Tanigaki terbilang lemah dan kurang memberikan motivasi pada tokoh utama.

Drama Chu dan Chole juga agak mirip dengan romansa Inspektur Chen dan May di film “Police Story”. Si cowoknya adalah polisi Hong Kong yang punya dedikasi tinggi atas pekerjaannya dan si cewek cuma pengen hidup normal tanpa harus terlibat oleh aksi kejahatan yang melibatkan pasangan mereka. Klasik ya.

Kesimpulan

Tanpa perlu ngebanding-bandingin akting Donnie Yen sebagai Ip Man dengan sosok Fallon Chu jelas jauh berbeda. Yang satu serius banget, sedangkan yang satunya justru konyol banget.

“Enter the Fat Dragon” turut menampilkan koreografi yang apik dan gak kalah dari film-film kung fu lainnya. Kalo pun ada yang kurang greget buat penulis mungkin ada pada penggunaan beberapa CGI yang mengurangi keseruan aksi baku hantam Chu dengan para musuhnya.

Overall cerita filmnya cukup ringan dan menghibur. Namanya juga film action komedi jadi gak perlu yang ngejelimet banget yakan? Di Indonesia film ini akan mulai tayang tepat pada perayaan Imlek 2020. Berikut cuplikan trailernya.

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.