Senin, 8 Maret 2021

Genmuda – Beberapa momen penting terkadang engga disadari dan dilewatin begitu aja oleh anak muda. Begitu sadar di kemudian hari, baru terasa nyesel karena engga bisa balik ke masa lalu.

Seperti kata pepatah, penyesalan itu datangnya belakangan. Kalo di awal, namanya pendaftaran. (JAYUS!) Okesip. Engga perlu banyak basa-basi, langsung aja kamu cari tau 5 momen penting yang dialami tiap orang dalam hidup mereka. Baca dan pahami ya, gaes supaya engga nyesel di kemudian hari.

1. Saat memilih temen

via tumblr.com

Kalo istilah anak jaman sekarang, jadi orang tuh jangan suka pilih-pilih temen. Tapi kenyataan di masyarakat justru sebaliknya. Sebagai contoh, ada orang yang lebih nyaman bergaul dengan orang yang sama akan pribadinya. Di situlah yang menentukan arah pergaulan kamu di masa depan.

Kalo memilih akrab cuma sama satu golongan aja, kamu bisa ketularan semua hal tentang kehidupan mereka. Engga usah jauh-jauh, pola pikir, koneksi, dan prestisnya semua bisa ditularkan.

2. Nyari gebetan

Ini juga engga kalah penting. Soalnya salah milih gebetan bisa berdampak bagi berbagai hal, mulai urusan duit hingga kesehatan mental. Bayangin aja kamu jadian sama orang yang suka minta diajak jalan tiap minggu. Boros yang ada.

Contoh lainnya, bisa aja gebetan kamu cuma jadiin sama kamu sebagai batu loncatan untuk mengincar orang lain atau sebagai pelampiasan. Betapa ruginya waktu, usaha, dan tenaga yang udah kamu keluarin buat doi. Kita tuh engga bisa diginiin terus.

3. Masuk kuliah

via giphy.com

Jurusan kuliah jelas akan menentukan pekerjaan dan karir kamu di kemudian hari. Kalo pengen jadi pengacara, ya logisnya ambil jurusan hukum. Walau dalam praktiknya engga sama persis, namun jangan sampai kamu ambil keputusan ini cuma karena gengsi atau ikut-ikutan teman. Jadi pikirin dulu kampus kamu mulai dari sekarang.

4. Menjelang pekerjaan pertama

Pentingnya adalah pekerjaan pertama akan tercatat terus di dalam riwayat pengalaman kamu. Kalo engga yakin bisa bertahan di kantor yang tuntutan kerjanya tinggi, ya jangan ambi banget. Kalo bisa konsisten jalanin tugasnya itu juga lebih baik.

Tapi perlu diingat juga supata engga keseringan pindah tempat kerja bisa dipandang jelek sama perekrut di kemudian hari. Orang yang sering pindah kerja biasanya dikenal sama istilah ‘kutu loncat.’

5. Waktu milih pasangan

via giphy.com

Karena, menikah bukan cuma menyatukan si cowok dan si cewek, melainkan nyatuin satu keluarga besar kedua pihak. Ditambah lagi orang yang udah nikah bakalan dibebani tanggung jawab tambahan, entah itu buat mencari nafkah atau merawat tempat tinggal.

Singkatnya kehidupan nyata itu kayak main game. Terus menurut Kawan Muda momen krusial apa lagi yang bakalan dialami sepanjang hidup? Kasih tau kita di kolom komentar! (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.