Rabu, 27 Januari 2021

Genmuda – Buka puasa sama yang manis-manis emang kayanya udah jadi tradisi di Indonesia. Padahal, itu justru bakal ningkatin gula darah dengan pesat. Ujung-ujungnya berat badan malah jadi naik meski kita engga makan seharian. Bukannya sehat malah jadi kebablasan. Gawat kan.

Kalo kamu bosen dengan menu berbuka puasa sederhana kayak kurma atau teh manis. Sekarang Genmuda,com mau kasih tau kamu resep buka puasa yang unik, seru, segar, dan yang penting banget gampang dibuatnya. Yuk, cekidot gaes!

1. Air kelapa jahe dan lemon

ginger-lemonade
(Sumber: laurenkellynutrition.com)

Bayangin gimana perpaduan es kelapa, air jahe, dan lemon menyatu dalam tenggorokan kamu. SEGER ya engga sih? Selain ringan, menyegarkan, dan bernutrisi, minuman yang tergolong infuse water ini enak banget buat recharge semangat setelah nahan laper dan haus seharian. Dibuat dari jahe dan lemon, minuman ini juga mengandung senyawa anti radang dan elektrolit.

Cara buatnya: 2 liter air kelapa, 1 gelas air jeruk lemon, 1/3 gelas jahe parut, madu secukupnya, dan irisan lemon. Kalo mau memperkaya rasanya daun mint juga bisa ditambahin ke minuman ini. Selanjutnya campurin semua bahan tadi di teko besar, terus aduk sampai tercampur rata.

Setelah itu masukin irisan jeruk lemon (termasuk kulit-kulitnya) ke dalam teko. Jangan lupa cuci lemonnya dulu sebelum dimasukin. Kalo udah, campuran tadi dimasukin kulkas selama 30 menit. Voila!  Tinggal kamu minum bareng temen atau keluarga.

2. Air kelapa lemon-stroberi

Strawberry-Coconut-Water-Lemonade-iowagirleats-01
(Sumber: iowagirleats.com)

Butuh minuman asem-manis yang nyegerin dan kaya rasa buat berbuka? Berarti minuman ini yang perlu dibuat. Minuman ini mengandung vitamin C yang cukup tinggi, secara berbahan dasar lemon dan stroberi.

Cara buatnya: Sediain ½ gelas air, madu/gula secukupnya, 3/4 gelas perasan lemon, 2 kilogram stroberi, 2 gelas air kelapa. Kalo engga suka terlalu asem, kurangi aja stroberinya jadi 1 hingga 1,5 kilogram. Takaran itu bisa dijadiin lima gelas.

Pertama, blender stroberi dan air perasan lemon hingga halus dan tercampur rata. Habis itu, masukkan air kelapa dan aduk lagi hingga rata. (Diaduk ya bukan diblender) Kalo udah, masukin air gula atau madu secukupnya. Terakhir tinggal masukin aja ke kulkas kira-kira 30 menit sebelum kamu minum.

3. Air kelapa-citrus (Soda dan non soda)

Sparkling-Citrus-Coconut-Water-by-TheCasualCraftlete.com_
(Sumber: thecasualcraftlete.com)

Pecinta jeruk pasti doyan minum ini. Pasalnya, bahan utamanya adalah aneka jenis jeruk. Jadi, udah pasti minuman ini tinggi vitamin c yang dibutuhin buat jaga kekebalan tubuh. Selain itu, rasa manis-asem aneka jeruk bakal bikin minuman ini kaya rasa.

Cara buatnya: Sediain 2 jeruk lemon, 2 jeruk peras, 3 jeruk nipis, dan 1 liter air kelapa sebagai bahan dasarnya. Kalo mau bereksperimen, nanas dan soda bisa jadi opsi tambahan yang bisa digunain.

Cara bikinnya gampang banget, cuku peras semua jeruk sampai semua airnya bener-bener keluar, terus campurin dengan air kelapa. Kemudian, masukin irisan jeruk tadi ke dalamnya. Tambahin gula/madu sesuai selera kalo perlu. Tutup rapat dan simpen di kulkas paling engga 30 menit. That’s it.

4. Infuse semangka-green tea-lemon

Watermelon-green-tea-detox-drink-recipe
(Sumber: priyakitchenette.com)

Karena mengandung teh hijau, minuman ini oke banget buat mendetoksifikasi, alias ngeluarin racun dari dalem tubuh. Rasa paitnya green tea bakal ketutup sama renyahnya semangka dan asam-manis limun.

Cara buatnya: Sediain 1 gelas semangka dipotong dadu, dua sendok teh hijau, irisan lemon secukupnya, dan 8 gelas air. Kalo takut engga suka sama rasanya yang cenderung tawar-tawar asem, tambahin aja gula, madu, atau daun mint.

Kalo bahannya udah siap, rebus segelas teh hijau tadi dengan tujuh gelas air putih, semangka, dan semua bahannya di dalem wadah terus aduk rata. Tutup wadahnya hingga kedap udara kemudian disimpan di lemari es paling engga 6 jam. Setelah itu, siap disantap deh.

5. Soda stroberi-kiwi

recipes-Strawberry-Kiwi-Sparkling-Cooler-anupama-paliwal-my-ginger-garlic-kitchen-6-683x1024
(Sumber: mygingergarlickitchen.com)

Kalo sesekali mau nyobain minuman soda yang banyak vitamin c, minuman ini pilihannya. Rasa kiwi dan stroberinya bakal nyatu dengan semut-semut soda. Setelah jadi, rasanya bakal mirip sama cocktail yang disediain di bar, hanya aja tanpa alkohol.

Cara buatnya: Siapin 5 sendok makan stroberi dan kiwi yang udah dibejek-bejek. Terus, siapin madu sesuai selera, 1,5 soda putih atau soda stroberi. Ada lagi, yaitu stroberi dan kiwi yang diiris-iris buat diinfuse ke dalam minuman ini.

Masukan semua bahan tadi ke dalam 1,5 liter soda, lalu tambahin stroberi dan kiwi iris ke dalamnya. Biar makin seger masukin aja es dingin. Dijamin tampilannya makin kece. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.