Selasa, 26 Oktober 2021

Genmuda – Makin maraknya orang yang punya smartphone bikin berbagai developer munculin aplikasi yang terhubung satu sama lain. Pengalaman main internet emang makin seru, akan tetapi ponsel jadinya makin rentan dibajak.

Dari satu medsos, pembajakannya juga bisa merembet ke aplikasi lain. Pada akhirnya, seluruh ponsel kamu juga bisa disadap loh. Untungnya, ada berbagai metode buat mengetahui ponsel kamu dibajak atau engga dengan metode di bawah ini.

1. Lewat Instagram

via thenextweb.com.
(Sumber: thenextweb.com)

Media sosial yang lagi naik daun ini lagi jadi sasaran utama berbagai pihak buat bobol data netizen lain. Situasinya jadi lebih bahaya kalo akun Instagramnya terhubung dengan Facebook. Oleh karena itu, cek deh jumlah following kamu. Kalo ada akun asing yang masuk daftar itu, kamu patut curiga. Seandainya akun IG kamu di-protect/private, cek juga daftar follower kamu. Saat ada orang yang engga pernah kamu approve mendadak jadi follower, kamu patut curiga.

2. Lewat Facebook

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Facebook sering diincer netizen karena berisi banyak banget data pribadi. Seandainya password FB udah kejebol, ada kemungkinan akun lain ikut dibobol. Kamu jangan keseringan nge-like dan share postingan aneh-aneh karena itu jadi salah satu hacker buat ngebobol akunnya.

Seandainya kamu curiga akun kamu diubah-ubah, coba deh klik Settings (Pengaturan) –> Security (Keamanan) –> Where You’re Logged In (Tempat Anda Masuk). Daftar gadget yang pernah dipakai login ke akun FB kamu bakalan muncul di situ. Seandainya ada yang aneh, klik End all activity (Akhiri semua aktivitas), lalu ubah password kamu.

3. Lewat Twitter

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Mirip seperti Facebook, Twitter juga menyediakan daftar gadget yang pernah dipakai log in. Cara ngeliatnya dengan klik Settings and Privacy –> Your Twitter Data. Jendela “Login History” bakal muncul dan kamu bisa memeriksanya. Perangkat yang dipakai hacker buat masuk ke akun kamu juga bakal tertera di situ.

4. Lewat Gmail

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Pengamanan internet yang paling kuat jelas ada di Facebook. Saat ada orang asing yang mencoba masuk, Google bakal langsung ngirim peringatan ke smartphone kamu. Seandainya peringatan itu engga diterima, kamu bisa buka alamat myaccount.google.com/security. Liat daftar gadget yang pernah login akun kamu di bagian “Recently used devices.”

5. Dengan panggilan telepon

via kompas.com
(Sumber: kompas.com)

Pembajakan ponsel juga bisa diketahui lewat panggilan telepon. Saat ada suara statis atau kresek-kresek yang panjang terdengar ketika kamu nelepon seseorang, berarti kamu perlu waspada dengan adanya hacker.

Kamu bisa menekan ##002# sebagai langkah pengamanan pertama. Kalo masih gagal juga, langsung aja cabut baterai dan bawa ponsel kamu ke service center daripada obrolan via telepon kamu disadap orang lain. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.