Jum'at, 15 Januari 2021

Genmuda – Beralih dari masa SMA ke masa kuliah pada dasarnya emang kerap nimbulin ketakutan akan satu dan lain hal. Namun demikian, jangan sampai hal tersebut justru jadi bikin masa kuliah kamu jadi engga berkesan, Kawan Muda.

Saat kuliah, wajar aja kalo kamu bakal ngalamin banyak perubahan, baik dari segi cara belajar maupun dari berbagai segi lainnya. Apalagi kalo kamu harus kuliah sambil ngerantau dan tinggal jauh dari orang tua buat pertama kalinya, engga jarang hal itu pun akhirnya jadi hal yang paling nakutin.

Singkatnya, sebelum mulai kuliah biasanya bakal ada sejumlah ketakutan yang suka dialami oleh para mahasiswa baru alias maba. Padahal, seiring berjalannya waktu semua itu engga bakal lagi terlihat senyeremin di awal. Berikut ini adalah 5 ketakutan yang suka dialami maba dan cara ngatasinnya:

1. Berteman sama orang baru

Satu hal yang perlu kamu ingat adalah hampir semua maba atau orang-orang yang bakal kamu temui nantinya sebetulnya juga berada di posisi yang sama kayak kamu, yaitu engga saling kenal satu sama lain atau cuma kenal sama segelintir orang aja. Oleh karena itu, tarik napas dalam-dalam dan coba keluar dari zona nyaman kamu supaya kamu bisa lebih terbuka. Kamu bisa aja ngedapetin teman baru dengan ikutan kegiatan kampus atau minimal ngobrol bareng sesama maba di kantin.

2. Tinggal di kamar kost/asrama

via drewpgl.wordpress.com

Belasan tahun tinggal bareng ortu, tentu rasanya bakal ada yang aneh saat harus tinggal sendiri atau berdua di kamar kost/asrama. Entah takut teman sekamar kamu gengges, takut homesick, atau takut engga bisa ngelakuin hal-hal dasar kayak masak dan nyuci baju, semuanya itu bakal jadi tantangan. Meski begitu, hal ini pada dasarnya cuma butuh adaptasi kamu. Seiring berjalannya waktu, kamu nantinya bakal bisa ngelaluin ini semua, asal kamu engga nutup diri dan mau belajar.

3. Ngejalanin sistem perkuliahan

Mulai dari ngatur jadwal, nyari kelas, sampai cara berhadapan sama dosen killer, semua itu biasanya suka ditakutan maba di awal-awal ngejalanin sistem perkuliahan. Masalah yang satu ini sebenarnya bisa kamu omongin sama sesama maba, senior, atau bahkan wali dosen dan pembimbing akademik kamu. Kalo kamu engga ngomong, gimana orang lain bisa tau dan ngebantu kamu ngatasin masalah kamu?

4. Nyeimbangin diri dengan dunia luar

via us105fm.com

Dengan berbagai hal yang harus kamu hadapi saat beralih ke dunia perkuliahan, engga usah heran kalo suatu kali nanti kamu bakal ngerasa kualahan. Umumnya, hal tersebut terjadi salah satunya karena masalah pengelolaan waktu. Oleh karena itu, kalo kamu udah bisa ngelola waktu kamu dengan baik, otomatis nantinya kamu bakal bisa lebih nyeimbangin kegiatan kuliah kamu dengan kegiatan lainnya. Ingat, kuliah bukan berarti kamu harus berhenti ngelakuin kesenangan kamu.

5. Cara ngatur keuangan

Kamu mungkin udah sering dengar cerita atau ngelihat meme yang nunjukin bahwa kehidupan mahasiswa biasanya bakal merana di akhir bulan. Padahal, hal semacam itu engga melulu dialami mahasiswa. Intinya di sini adalah kamu mau engga mau harus mulai belajar buat ngelola keuangan kamu. Utamain gunain uang kamu buat hal-hal yang emang udah jadi kebutuhan kamu. Engga perlu lah kamu maksain diri ngikutin gaya hidup teman kamu yang hedon kalo itu cuma bikin kamu sengsara. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer