Selasa, 1 Desember 2020

Genmuda – Kata orang, baik menurut kita belum tentu baik menurut orang lain. Apalagi kalo udah terlalu berlebihan, yang ada hal tersebut ujung-ujungnya malah bisa jadi buruk loh, Kawan Muda.

Di awal-awal kuliah, kamu mungkin masih kegirangan dengan jadwal kuliah kamu yang bisa disesuain, sehingga kamu masih sempat buat bangun rada siang atau justru tidur siang di sela-sela kuliah. Hingga seiring berjalannya waktu, kamu akhirnya terbuai dengan semua itu dan jadi bertindak gegabah.

Singkatnya, di satu sisi masa kuliah emang bisa jadi waktu yang baik buat kamu pelajarin banyak hal sebagai bekal kehidupan kamu selanjutnya. Tapi, di sisi lain masa kuliah kamu secara engga langsung juga bisa ngedorong kamu buat ngembangin kebiasaan buruk. Berikut ini adalah 5 contohnya:

1. Suka Begadang

via topyaps.com

Kamu mungkin udah punya kebiasaan begadang dari pas kamu masih SMA atau bahkan pas kamu jauh lebih muda. Terlepas dari itu, dijamin kebiasaan begadang kamu bisa makin buruk kalo kamu engga bisa ngatur jadwal kuliah dan kegiatan kamu sehari-hari dengan baik. Iya sih dengan tugas yang numpuk dan kuis atau tes yang engga ada abisnya kamu emang bakal sulit banget buat bisa tidur cepat. Meski begitu, bukan berarti kamu jadi engga berusaha buat nerapin pola tidur yang teratur.

2. Suka Nge-skip kelas

Hayo ngaku, siapa nih yang suka kayak gini? Nge-skip kelas bisa dibilang emang jauh lebih gampang pas kamu kuliah, apalagi dengan adanya jatah bolos dari dosen. Namun demikian, kalo kamu udah engga masuk ngelebihin jatah bolos kamu, itu mah namanya udah kebiasaan. Selama masih bisa, coba deh kurang-kurangin yang kayak gini sebelum keadaan jadi engga terkendali. Kalo kamu keseringan kayak gini, nantinya nilai maupun pemahaman materi kamu jelas bakal ikut terpengaruh loh.

3. Suka bertapa di kamar

via pinterest.com

Buat kamu yang ngekost atau tinggal di asrama, ini pada dasarnya bakal jadi salah satu godaan terbesar kamu selama kuliah. Tipe mahasiswa ‘pertapa’ biasanya cuma beranjak dari kamar buat ke kelas atau makan doang. Kalo kamu termasuk salah satu di antaranya, ada baiknya kamu tanya lagi ke diri kamu apa sebenarnya yang bikin kamu malas keluar kamar. Ingat, kamar kamu itu cuma tempat buat istirahat dan belajar, bukan tempat nongkrong kamu selama 24 jam penuh.

4. Suka Party til’ drop

Mentang-mentang udah punya KTP, bukan berarti kamu bisa pesta semaunya. Selain itu, pesta di sini juga bukan cuma sekedar pesta besar di mana kamu bisa ngerokok dan minum-minum sampai lupa daratan loh ya. Ini juga bisa berarti saat kamu udah ngabisin sebagian besar waktu kamu buat ngelakuin kegiatan hura-hura atau senang-senang lainnya, kayak misalnya binge-watching drama Korea. Ya sekali-sekali sih boleh aja, tapi jangan sampai ngelupain kewajiban utama kamu sebagai mahasiswa.

5. Suka makan engga teratur

via tumblr.com

Udah mah kerjaannya pesta atau mendekam di kamar kosan doang, eh makannya suka engga teratur pula. Kalo engga mie, ya paling makanan delivery. (Iya sih masih bagus kamu engga ngemilin obat maag doang) Namun coba deh atur lagi pola makan kamu supaya kamu engga gampang sakit dan engga buang-buang uang cuma buat makanan yang belum tentu sehat. Malah, lebih bagus lagi kalo kamu bisa masak sendiri. Apa perlu dimasakin? Oia, iya kamu kan jomblo, pantes aja engga ada yang ingetin buat makan teratur! *puk-puk. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer