Minggu, 20 September 2020

Genmuda – David Bowie baru aja menutup usia di London, Inggris, Minggu (10/1). Kepergiannya pun hingga kini masih jadi salah satu topik yang hangat dibicarain di berbagai penjuru dunia.

Bowie ngehembusin napas terakhirnya hanya berselang dua hari setelah beliau ngerayain ulang tahunnya yang ke-69. Musisi dan aktor legendaris itu meninggal dunia setelah sekitar 18 bulan berjuang keras ngelawan penyakit kanker yang dideritanya.

Kepergian Bowie pun cukup ngagetin bukan cuma gara-gara beliau baru aja berulang tahun, tapi juga karena beliau baru aja ngerilis sebuah album baru yang berjudul ‘Blackstar’ tepat di hari ulang tahunnya itu. Engga heran, banyak hal seputar Bowie hingga kini masih aja ngeramein dunia maya.

Emang apa aja sih yang udah terjadi pasca meninggalnya Bowie? Well, mulai dari dunia yang berduka sampai konser peringatan yang bakal diadain buat mengenang beliau, berikut ini Genmuda.com rangkumin 5 hal seputar Bowie yang terjadi pasca meninggalnya beliau:

 

  1. Dunia berduka

Kepergian Bowie jelas udah ninggalin duka yang mendalam, bukan cuma buat para penggemar awam tapi juga buat sesama pelaku dunia hiburan, politikus, astronot, dan bahkan pihak Vatikan. Saking berdukanya dunia, hall of fame beliau pun langsung dipenuhi bunga dan lilin. Sekitar 4,3 tweet bahkan sampai ngebanjirin Twitter beberapa jam setelah kepergian sang legenda glam rock. Berikut ini adalah beberapa tweet terkait kepergian Bowie:

  1. Presenter radio Inggris salah sebut nama

https://twitter.com/StuartJOrr/status/686465728690675712?ref_src=twsrc%5Etfw

Ini agak miris sih sebenarnya. Semua berawal pas presenter radio Heart FM Fiona Winchester lagi ngebacain berita soal kematian Bowie. Entah kenapa, doi bukannya nyebut nama David Bowie, tapi doi malah nyebut nama Perdana Menteri David Cameron. Untungnya, doi langsung nyadar dan buru-buru ngebenarin kesalahannya itu. Ada-ada aja ya, Kawan Muda!

  1. Angie Bowie tetap lanjut di Celebrity Big Brother
Angie dan David Bowie (Picture: Roger Bamber/Rex)

Sekedar informasi, ‘Celebrity Big Brother’ adalah reality game show Inggris yang diadaptasi dari acara ‘Big Brother’ di Belanda. Dalam acara tersebut, sejumlah selebriti yang jadi kontestannya diisolasi dari dunia luar selama beberapa waktu dan harus tinggal bersama dalam sebuah rumah. Kalau di Indonesia, acara tersebut mungkin sama kayak acara ‘Penghuni Terakhir’.

Menyusul kabar kepergian Bowie, Angie yang merupakan mantan istri Bowie akhirnya udah dikabarin sama perwakilannya. Meski begitu, beliau ternyata mutusin buat tetap lanjut ikutan ‘Celebrity Big Brother’, walau beliau juga dikasih pilihan buat keluar kalau sewaktu-waktu berubah pikiran.

  1. ‘Blackstar’ melaju ke posisi puncak tangga lagu Inggris

Kabar tragis kematian Bowie ternyata berpengaruh signifikan buat album barunya. Terhitung hari Senin (11/1) waktu Inggris, ikon musik nyentrik itu udah berada di posisi No. 1 tangga lagu Inggris di minggu ini, dengan 43 ribu penjualan gabungan alias selisih 25 ribu dari competitor terdekatnya.

Dengan demikian, ‘Blackstar’ diprediksi bakal jadi album ke-10 Bowie yang berada di puncak tangga lagu di negara asalnya, menyusul album ‘Aladdin Sane’ (1973) sampai album ‘The Next Day’ (2013). ‘Blackstar’ pun kabarnya udah berada di No. 1 tangga lagu iTunes AS pada hari Senin (11/1) waktu setempat.

  1. Konser peringatan Bowie
Salah satu tribut untuk David Bowie (Sumber: RadioTimes)

Beberapa jam sebelum kematian Bowie, sebuah konser tribut yang didedikasiin buat beliau udah dimumin lebih dulu. Konser tersebut bakal berlangsung di Carnegie Hall, New York pada 31 Maret mendatang dan bakal ngelibatin sejumlah nama kayak The Roots, Cyndi Lauper, the Mountain Goats, Ann Wilson (Heart), Perry Farrell, dan Jakob Dylan.

Nah, menyusul kabar kepergian Bowie, konser tribut itu akhirnya bakal tetap dilaksanain, tapi sebagai konser peringatan. Tanggal dan tempat konser tersebut masih tetap sama kayak yang udah dijadwalin sebelumnya, kemungkinan dengan lebih banyak artis yang bakal ikut bergabung.

Seluruh hasil yang diperoleh dari konser peringatan Bowie pun nantinya bakal dibagiin buat sejumlah program musik maupun organisasi non-profit. Sebut aja Young Audiences New York, Little Kids Rock, Church Street School of Music, Center for Arts Education, American Symphony Orchestra, and Grammy in the Schools. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer