Senin, 5 Desember 2022

Genmuda – Dengerin orang curhat soal hubungan percintaannya bisa jadi salah satu cara gampang menambah “jurus-jurus” pacaran. Makin banyak dengerin curhat, makin banyak pula pengalaman yang bisa dipetik tanpa harus ngerasain sendiri sakitnya ditolak dan putus.

Meski nyari jodoh itu penting, gak mungkin kan ngabisin semua waktu luang cuma buat dengerin curhatan orang. Bisa-bisa, gak ada waktu istirahat dan ngelakuin kegiatan lain yang juga berharga, seperti olahragangerjain tugas, atau rekreasi.

Untunglah ada ilmu pengetahuan. Apa hubungannya cinta sama ilmu pengetahuan? Mungkin dikit yang sadar, tapi intisari semua curhatan banyak orang soal nyari jodoh terangkum dalam berbagai penelitian ilmiah. Intisari penelitiannya bisa kamu liat sendiri dan sumbernya bisa ditelusuri lewat link yang tersaji di bawah ini.

1. Cari gebetan yang mukanya mirip

via giphy.com

Mirip siapa? Ya mirip kamu, dong! Jangan malah nyari yang mirip mantan-mantan kamu. Kenapa begitu? Karena riset yang dibahas di medicaldaily.com, November 2016 bilang kalo manusia lebih mudah dapat pacar dan langgeng kalo deketin orang yang punya kemiripan wajah. Entah itu senyum, bentuk alis, mata, telinga, atau rambutnya.

2. Susah cari yang mirip? Samain kelakuannya!

Pasangan yang kepribadiannya berbeda emang bisa saling mengisi, tapi bukan berarti harus berbeda seluruhnya. Riset lain yang dipublikasi di bustle.com, Mei 2015 nyimpulin kalo persamaan kepribadian, hobi, minat, dan kelakuan bikin komunikasi makin lancar dan mengurangi salah paham.

3. Coba ubah gaya rambut sesuai style ortunya

Semisal gak bisa nyamain kepribadian dengan doi tapi masih ngotot mau terus ngegebet, coba samain gaya rambut dengan orangtuanya. Kalo doi cewek, mirip-miripin diri dengan bokapnya. Kalo doi cowok, ya mirip-miripin diri dengan nyokapnya. Soalnya, riset di sciencedirect.com nyimpulin hal itu.

4. Jangan ngerokok

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Selain karena meningkatkan risiko kamu meninggal dunia “sebelum waktunya,” bau rokok bisa menyamarkan aroma kamu yang sebenarnya. Padahal, aroma natural itu adalah salah satu faktor yang bikin seseorang cinta pada pandangan pertamafall for it, dan gak mau pindah ke lain hati. Tapi, bukan berarti kamu gak mandi-mandi!

5. Jaga suara tetep bagus

Kesehatan pita suara juga gak kalah penting dari keharusan ngejaga aroma tubuh. Karena kata-kata modus yang diucap dengan suara sehat jauh lebih ngena daripada yang suaranya fals saat lagi ngomong.

6. Postur badan tetep terbuka

Meski kamu lagi sakit tenggorokan, bukan berarti kamu gak bisa ngegebet orang. Soalnya, bahasa tubuh juga faktor berpengaruh dalam urusan percintaan. Orang yang tubuhnya terlihat lebih lebar, ramah, dan menghargai lawan bicaranya punya kemungkinan dapet jodoh lebih besar daripada mereka yang ngomong sambil cemberut, bersedekap, atau malah membelakangi lawan bicaranya terus lama-lama kabur.

7. Bertatap mata selama 2 menit

via tumblr.com

Di antara banyak jurus bahasa tubuh, salah satu yang ampuh adalah bertatap mata. Riset dari University of Massachussets, 1989 bilang kalo tatap mata selama 2 menit bikin dua orang ngerasa lebih dekat dan saling menghargai. Sementara itu, tatapan mata yang terlalu lama bikin salah satunya ngerasa awkward.

8. Jadi tinggi

Riset lain di jurnal American Psychological Association (APA), 1994 bilang bahwa orang yang tinggi cenderung lebih gampang dapet pekerjaan dan jodoh daripada mereka yang tingginya di bawah rata-rata. Tuh. Mumpung masih remaja, coba lakuin trik di link ini biar nambah tinggi. Sementara itu, muda-mudi usia 20an masih bisa masang ganjelan di alas kaki supaya keliatan lebih tinggi.

9. Lakuin hal gila bersama-sama

Hal gila kayak apa? Gak perlu ngerampok bank, bobol website kampus buat ganti nilai, atau kabur dari angkutan umum tanpa bayar uang sewa. Cukup dengan naik roller coaster atau wahana lain yang bangkitin adrenalin. Begitu kata riset di Jurnal APA, 1974.

10. Menghangatkan gebetan

via giphy.com

Berhubung belum “halal,” satu-satunya cara menghangatkan gebetan ya dengan masang pemanas atau ngasih minuman hangat. Soalnya, eksperimen yang terpublikasi di Jurnal NCBI, 2008 nyimpulin kalo kehangatan fisik seseorang bikin kepribadiannya jadi hangat juga. Jadi, ajak doi kencan pertama di restoran yang menyajikan minuman hangat.

11. Pelihara hewan

Sebuah eksperimen yang dibahas di slate.com menegaskan bahwa orang yang memelihara hewan langsung terlihat sebagai sosok yang santai, ramah, dan menyenangkan. Tiga kepribadian itu merupakan faktor yang dibutuhin dalam menjalin percintaan.

12. Nyamain ritme berjalan

Sepele banget, kan. Nyamain kecepatan dan ritme berjalan aja ningkatin kesuksesan modus kamu. Intinya sih, jangan pernah ninggalin atau ketinggalan dari gebetan saat jalan bareng.

13. Bisa main musik (atau keliatan bisa main musik)

©Genmuda.com/2016 TIM
Gerald Situmorang menghayati showcase live perdananya di RUCI Art Space, Jakarta, Selasa (25/10). Selain gelar konser musik, doi juga bikin pameran artwork album ‘Solitude’-nya ©Genmuda.com/2016 TIM

Kata eksperimen yang dipublikasi di sagepub.com, 2013, orang yang bisa main musik lebih gampang dapet pacar. Kalo gak bisa main musik, kamu cukup ‘keliatan’ bisa aja kok. Soalnya, mayoritas dari 300 orang yang diteliti di jurnal online itu lebih milih ngasih nomor teleponnya kepada orang yang bawa-bawa tas gitar daripada yang bawa tas lain.

14. Pakai warna merah

Lain dari lampu lalu-lintas, warna merah justru bikin lawan bicara “maju terus” bukannya berhenti. Penelitian yang rilis di Wiley Library, 2013, bilang kalo cowok atau cewek yang memakai warna merah pada topi, baju, celana, atau sepatunya cenderung lebih gampang dapet jodoh.

15. Banyak senyum

via giphy.com

“Senyuman adalah perhiasan terbaik yang bisa dikenakan seseorang.” Peribahasa yang populer di Tumblr dan forum sejenisnya itu ternyata terbukti berdasarkan penelitian di Jurnal Taylor’s Francis, 2012. Makin banyak senyum, makin besar kemungkinan punya pacar.

Intinya, ada banyak jalan menuju ke Roma. Ada banyak cara memenangkan urusan asmara. Dan, jangan lupa banyak baca doa karena jomblo susah dihilangkan jodoh tetep ada di tangan Tuhan. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.