Selasa, 25 Juni 2024

Genmuda – Performa lebih bagus dengan harga relatif murah membuat komputer rakitan sangat menggiurkan daripada laptop atau komputer langsung jadi. Hanya saja, merakit komputer dianggap kerjaan susah akibat komponennya yang banyak.

Sebenernya, engga juga kok. Tinggal beli komponen siap rakit yang terjual di pasar lalu bangun komputernya hingga bisa nyala. Engga perlu rakit chip CPU dan VGA card dari nol. Emangnya kamu pabrik.

Makanya, Genmuda.com ngasih penjelasan di bawah ini supaya kamu paham dasar-dasar ngerakit komputer. Kalo udah bisa ngerakit komputer sendiri, pasti bakalan ketagihan, deh.

1. Processor, supaya komputer bisa mikir

via anandtech.com
Prosesor AMD Ryzen yang diminati para gamer berbujet terbatas. (Sumber: anandtech.com)

Pilihan prosesor yang gak bakal bikin kamu nyesel cuma ada dua. Yaitu, Intel dan AMD. Perbedaannya secara teknis sih banyak banget tapi muaranya cuma ada dua. Pertama, Intel merupakan prosesor tercepat dengan setingan tertinggi, sementara AMD ngasih performa oke dengan harga masuk akal.

Kedua, prosesor Intel gak bakalan nge-lag saat dipakai nge-game gila-gilaan, sementara prosesor AMD tahan banting meski dipakai buka banyak program. Jadi, pilih Intel kalo pengen komputer gaming terkeren atau AMD kalo pengen komputer untuk dipakai campur-campur.

2. RAM, supaya mikirnya gak lemot

via corsair.com
Dipasngnya harus longkap satu kayak di gambar biar. (Sumber: corsair.com)

Kalo ada dana, beli aja RAM 16GB. Kalo gak ada, 8GB juga cukup kok buat main game-game bagus jaman sekarang. Paling irit sih emang beli yang 4GB tapi performa komputer rakitannya gak jauh beda dari laptop.

Terus, jangan pernah beli RAM dengan jumlah ganjil. Selalu beli dalam jumlah genap. Misalnya pengen pasang RAM 8GB, pasang aja dua buah RAM 4GB. Kenapa? Karena kecepatan RAM ganjil gak bakalan sebaik RAM genap.

3. VGA Card, supaya bisa nampilin gambar

VGA Card GTX 970, salah satu yang terbaik. (Sumber: arstechnica.net).

Persaingan merk VGA Card juga mirip persaingan prosesor. Pilihan yang gak bikin nyesel cuma dua. Yaitu, antara Nvidia atau AMD. Pilih aja yang sesuai budget, yang penting komputer kamu punya VGA Card. Kalo enggak ada, kan gak bakalan bisa ngeluarin gambar ke monitor.

4. Storage Drive, supaya bisa nyimpen data

via backblaze.com
Ki v Ka: SSD v HDD. Mana favoritmu? (Sumber: backblaze.com).

Komputer minim nge-lag biasanya dipasangi storage berupa Solid State Disk (SSD). Cuma, harganya mahal banget dan kapasitas penyimpanan di SSD gak sebanyak Hard Disk biasa. Komponen ini penting banget untuk nyimpen berbagai data.

5. Power Supply, supaya bisa nyala

via skynetpc.net
Ini loh yang namanya power supply. (Sumber: skynetpc.net)

Saran aja, nih. Komputer yang dibangun pakai prosesor Intel bisa berjalan lancar dengan power supply kapasitas 500 watt. Sementara itu, komputer prosesor AMD amannya dioperasikan dengan power supply kapasitas di atas 500 watt karena butuh lebih banyak daya.

6. Pendingin, supaya gak jebol sebelum waktunya

via YouTube.
Kotak besar di tengah itu termasuk jenis pedingin, tapi khusus untuk prosesor. (Sumber: Itimewa)

Biasanya sih, semua prosesor dijual satu paket sama pendingin utama. Power supply juga punya pendinginnya sendiri. Tapi, kamu selalu bisa masang pendingin tambahan yang menggunakan teknologi gel.

7. Motherboard, supaya komponen saling terhubung

via anandtech.com
Ini bagian belakang Motherboard. (Sumber: anandtech.com)

Nah, semua komponen di atas harus terhubung sama mother board karena papan mesin ini yang menghubungkan satu komponen dengan komponen lain. Pastiin juga, ya motherboard yang mau dibeli tuh cocok sama komponen-komponen di atas. Cek aja kecocokannya di situs ini atau ini.

8. Case, supaya komputer gak telanjang

via 7tedgamescom
(Sumber: 7tedgamescom)

Kamu bisa bikin case custom atau beli case tower yang dijual di pasaran. Apapun pilihannya, pastiin aja komputer kamu gak telanjang karena riskan banget sama yang namanya debu. Jadi cepet rusak, tauk.

9. Audio-visual, supaya komputernya bisa dipakai

Hayo. Jangan lupa siapin layar dan kabelnya. VGA Card jaman sekarang sih biasanya cuma menyediakan colokan HDMI tanpa colokan lain, sehingga cocoknya bersanding dengan layar LCD tipis bukan monitor tabung yang bentuknya kotak.

Kalo layar kamu udah HDMI dan ada speakernya, kamu gak butuh speaker tambahan karena suaranya bisa keluar langsung dari TV. Sementara itu, pengguna non HDMI harus beli sound system lagi.

10. Jangan lupa dibaut-bautin, supaya gak copot sendiri

via boltdepot.com
(Sumber: boltdepot.com).

Harus dibaut dong supaya komponen-komponen di atas gak jatuh di dalam case yang didiriin. Selain itu, casenya juga harus dibaut supaya tertutup rapat engga kemasukan debu. Debu tuh bisa ngerusak komputer juga, loh.

Udah, deh. Kamu tinggal butuh kibor dan mouse. Tambah penerima sinyal wifi aja nih makin komplit komputerya. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.