Jum'at, 10 Juli 2020

Genmuda – Kemajuan zaman dan teknologi mungkin udah sering Kawan Muda rasain dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu yang bisa kita temui adalah banyaknya barang elektronik yang dulunya mahal, eh sekarang malah jadi murah.

Dari contoh kasus tersebut, Genmuda.com udah ngerangkum nih 10 barang mewah yang sekarang bisa kamu dapetin dengan harga murah dan bisa dimiliki oleh siapa aja. Penasaran? Selengkapnya ada di bawah ya, gengs!

1. TV

via: Popsci
(Sumber: Istimewa)

Sejak pertama kali diciptakan oleh John Logie Baird, tv dijual komersil pada tahun 1920an. Saat itu harga tv hitam putih terbilang cukup mewah dan cuma dimiliki oleh orang-orang kaya. Semakain ke sini tv pun berkembang dari layar hitam putih jadi berwarna, dari tabung jadi datar terus cekung, hingga kemudian menjadi smart tv. Menariknya lagi harga smart tv sekarang udah mencapai di bawah 2 jutaan, loh.

2. Kartu perdana

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Anak generasi 90an pasti tau kalo kartu perdana adalah barang mewah yang gak bisa dimiliki oleh sembarang orang. Besarnya nominal pulsa dan mahalnya harga ponsel jadi penyebab kartu perdana harganya selangit. Tapi sekarang barang ini bisa kamu dapetin dengan harga ceban alias Rp 10 ribu doang, dengan pulsa di dalamnya seharga Rp 5 ribu.

3. Smartphone

©Genmuda.com/2018 TIM
©Genmuda.com/2018 TIM

Smartphone pertama kali dibuat pada tahun 1992 oleh perusahaan Simon Personal Communicator besutan IBM. Fungsi ponselnya melebih ponsel yang banyak beredar saat itu, karena udah menggunakan layar sentuh dan stylus bawaan. Bahkan smartphone tersebut cuma dijual sebanyak 50.000 unit dan dijual seharga 1.435 dollar AS atau sekitar Rp 21 juta lebih. Tapi sekarang kamu bisa punya smartphone baru dengan harga di bawah Rp 1 jutaan.

4. Tongsis

via: Genmuda.com
Sekali pukul pake tongsis modar kayaknya (Sumber: Istimewa)

Gadget pendukung selfie ini pertama kali muncul di pasaran berkisar Rp 150 ribuan. Tapi sekarang kamu bisa membeli tongsis dengan harga Rp 20 ribuan aja. Bahkan istilah ‘tongkat narsis’ jadi inspirasi orang Indonesia menciptakan ‘tongkat e-tol’ alias tongtol. WARBIASYAK!

5. Tripod

via: Shopify
(Sumber: Istimewa)

Tripod digunakan oleh banyak fotografer dan videografer supaya kamera mereka tetap stabil di atas permukaan yang gak rata. Meski dulu harga tripod masih berkisar Rp 800 ribu ke atas, sekarang kamu bisa membeli tripod di bawah harga tersebut. Bahkan sejumlah orang juga mendesain tripod untuk ukuran smartphone dengan harga kurang dari Rp 50 ribu.

6. Flash Disk

Ponsel Android dan USB OTG (c) Androidpit

Awal tahun 2000an, flash disk berukuran 128 MB aja bisa mencapai Rp 200 ribu, apalagi yang berukuran sampai 1 GB. Sering berkembangnya zaman, barang satu ini udah gak mewah lagi, gengs. Sekarang flash disk berukuran 16 GB bisa kamu temui di e-commerce dengan kisaran harga Rp 100 ribu.

7. Kendaraaan Bermotor

©Genmuda.com/2016 Charisma
Mobil Mazda 2 di GIIAS 2016 ©Genmuda.com/2016 Charisma

Mobil dan motor emang bukan barang mewah lagi di Indonesia. Saking murahnya populasi kendaraan bermotor di kota Jabodetabek tahun 2018 diperkirakan mencapai 18 juta per hari. Selain dimudahkan lewat pembelian kredit, kompleksnya masalah transportasi di Jabodetabek jadi penyebab masih banyak orang tergiur beli kendaraan pribadi.

8. Earphone

©Genmuda.com/2016 TIM.
JBL Reflect Aware. ©Genmuda.com/2016 TIM.

Masih di awal tahun 2000, earphone dianggap barang mewah dan cuma dimiliki oleh segelintir orang. Sekarang barang mewah ini bisa kamu temui dengan harga di bawah Rp 100 ribu. Bahkan yang KW-KW-an bisa dijual seharga Rp 20 ribu. Wadiaw!

9. Power Bank

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Mahal murahnya power bank emang tergantung merek atau besaran dayanya. Namun pada awal kehadirannya di Indonesia harga power bank masih berkisar di atas Rp 300 ribu. Tapi sekarang power bank Rp 100 ribuan juga udah banyak kamu temui. Pastinya harga dan kualitas gak bisa bohong ya.

10. Internet

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Internet pernah juga jadi barang mewah di Indonesia. Saking mahalnya, gak semua orang punya akses internet dari rumah mereka. Itu sebabnya dulu warnet laris manis. Tapi sekarang pilihan paket internet udah bisa kamu pilih dari harga paling mahal hingga ekonomis.

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.