Jum'at, 17 November 2017
National[IS]me

Yakin Gak Mau Ikut Tes CPNS? Ada 17 ribu Lebih Lowongan di 61 Instansi Pemerintah Loh!

via: Pos Jambi(Sumber: Istimewa)

Genmuda – Kabar gembira buat kamu generasi millenial yang baru lulus, lagi cari kerja, atau mungkin udah kerja tapi bercita-cita jadi PNS. Setelah bulan lalu MA dan Kemenkumham buka pendaftaran CPNS, sekarang ada 61 instansi yang membuka lowongan buat CPNS di putaran kedua.

Berdasarkan keterangan pers BKN, Pemerintah Resmi membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) gelombag kedua. Seenggaknya ada 17.978 lowongan pada 61 Kementrian/Lembaga (K/L).

Sedangkan dalam putaran kedua ini Pemerintah hanya membuka satu kesempatan di lingkungan pemerintah provinsi yaitu Kalimantan Utara, sebanyak lima ratus. Hal ini dikarenkan provinsi tersebut adalah provinsi pemekaran yang masih kekurangan pegawai.

Terus gimana cara daftarnya?

via: SScnBKN
(Sumber: sscn.BKN.go.id)

Pertama Kawan Muda cukup buka situs sscn.BKN.go.id. Selanjutnya pilih deh kanal pengumuman. Di situ terpampang lengkap daftar instansi yang membuka tes CPNS sekaligus syarat kualifikasi yang dibutuhkan.

Selanjutnya langsung kamu lengkapi syarat-syaratnya dan buka situs instansi terkait. Gak mau ribet? Coba liat gambar skema pendaftaraan di atas. Etapi kalo pengen lebih jelas sebaiknya ikuti petunjuk di situs BKN, ya.

Kemenkeu paling banyak buka posisi baru

via: giphy

Dari sekian banyak posisi baru yang dibutuhkan, Kementrian Keuangan membuka posisi paling banyak, yaitu 2.880. Selanjutnya disusul oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN sebanyak 1.610 posisi, serta Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi sebanyak 1.500 posisi.

Sementara itu, instansi yang paling sedikit membuka lowongan adalah Badan Pengawas Teknologi Nuklir, 10 posisi dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Pelindungan Anak sebanyak 21 posisi.

Sayangnya, saat penulis akses situs BKN, Rabu (6/9), aja juga informasi terkait tes CPNS Badan Ekonomi Kreatif justru gak bisa diakses sama sekali.

Kuota khusus

FYI, di tes CPNS periode kedua pemerintah juga menyedianya kuota khusus bagi penyandang disabilitas sebanyak 166 posisi, lulusan terbaik (cum laude) sebanyak 1.850 posisi, dan Putra daerah Papua serta Papua Barat sebanyak 196 posisi.

Dari rilis yang diterima Genmuda.com, seleksi penerimaan CPNS putaran kedua sekaligus menjadi akselerasi pencapaian Program Nawacita. Seleksi masuk birokrasi ini pun diharapkan akan menjaring gerasi terbaik bangsa guna mendukung terwujudnya pelaksanaan kerja Pemerintah yang efektif dan berkualitas.

Perlu Kawan Muda ingat, setiap pelamar cuma diperbolehkan daftar satu formasi sesuai kualifikasi pendidikan pada satu instansi dalam satu periode. Jadi silakan pilih deh posisi yang kamu anggap “GUE BANGET”. Selamat mencoba ya!

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.