Kamis, 18 Oktober 2018

Genmuda – Tidur. Kata yang paling enak dilakuin kalo lagi engga punya kegiatan. Selain engga buang-buang energi. tidur bikin kamu punya energi lebih saat ngelakuin aktivitas sesungguhnya kayak sekolah, kuliah, atau ngator.

Meski kayaknya enak, salah waktu tidur justru bisa bikin rutinitas kamu jadi kacau. Mata keliatan sayu dan punya garis hitam, badan lemes, hingga jadi mager buat lebih produktif. Yang ada di kepala kamu cuma, “Gue butuh tidur.”

Nah, cara itu sebenernya cuma bisa diakali sama atur pola makan dan jam istirahat. Tapi meski udah cukup tidur 5 sampe 8 jam sehari, masih banyak kan anak muda yang tetep ngantuk di siang bolong. Ternyata, penyebabnya tuh bukan karena kurang tidur aja loh. Ada faktor kesehatan lainnya yang juga berpengaruh kenapa seseorang jadi gampang ngantuk.

1. Salah posisi tidur

Alesan ngantuk yang pertama bisa aja karena tidur malam kamu kurang berkualitas. Salah satu penyebabnya yaitu posisi tidur yang salah. Emang sih kalo tidur itu ada di bawah alam sadar kamu, tapi coba deh tidur dengan terlentang atau menghadap ke kanan. Usahakan juga jang tidur menghadap ke kiri karena berbahaya buat jantung kamu. Saat tidur menghadap kiri aliran darah bakal mengarah ke satu arah (kiri) sehingga menjadi beban lebih buat jantung kamu.

2. Kekurangan kalori dan zat gizi

Makan-makanan yang sehat emang ngaruh banget ke tubuh sih, karena punya peran besar dalam hidup kamu. Tubuh kan mengasup energi dari apa yang kamu makan. Nah, coba bayangin kalo nutrisi yang ada di tubuh kamu kurang, tentunya bakal berpengaruh pada aktivitas yang kamu jalanin. Saran dari Genmuda.com sih kamu jangan lupa sarapan pagi dan pilih makanan bergizi serta rutin minum air putih. Jangan kebanyakan junk food ya!

3. Kebanyakan makan

Pasti pernah ngalamin ‘Kenyang Bego’ kan? Berhubung tubuh langsung merespon apapun yang masuk ke dalam, otomatis kalo kebanyakan makan (apalagi yang mengandung gula) tubuh butuh penyesuaian buat mencernanya. Makanya pake prinsip kondangan, “Ambil aja sedikit,  tapi cobain semua!” makanan habis perut pun engga ngos-ngosan.

4. Dehidrasi

Kurang cairan dalam tubuh bukan cuma bisa bikin kamu engga fokus, tapi juga bikin kamu maunya ‘bobo cantik’ aja. Saat kamu dehidrasi metabolisme yang lagi terjadi di tubuh kamu malah berantakan. Makanya kamu jadi gampang ngantuk.

5. Darah rendah

Mumpung lagi liburan, coba deh periksa tekanan darah kamu, siapa tau ngantuknya kamu di siang bolong itu karena punya tekanan darah rendah atau hipotensi. Gejala dasar penyakit ini tuh pusing, pucat, kelelahan, gampang haus, dan penglihatan kabur kalo liat kamu. Engga heran kalo gejala ini bikin kamu jadi gampang ngantuk. Buat menanggulanginya, kamu bisa konsumsi makanan kaya lemak seperti daging kambing atau makanan seafood. Enak-enak kan tuh!

6. Anemia

via: Tumblr

Jangan terkecoh, anemia sama darah rendah itu BEDA. Orang dengan penyakit darah rendah (hipotensi) udah pasti anemia, karena tekanan darah rendah memperlihatkan gejala yang lebih parah daripada anemia. Selain itu anemia bisa terjadi sama orang biasa karena kekurangan zat besi sehingga jumlah sel darah merah kurang dari batas normal. Gejala yang paling gampang ditemuin bagian bawah mata terlihat pucat ditambah 5L (lemah, letih, lunglai, lemas dan lesu). (sds)

Comments

comments

Al Fanny Panestika
Wannables, penyuka ice cream dan colak colek Nutela