Kamis, 22 Agustus 2019

Genmuda – KPU resmi menetapkan pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin sebagai pemenang pemilu 2019 pada Selasa (21/2) dinihari WIB. Meski demikian sejumlah massa ada yang gak menerima keputusan tersebut dan ngelakuin demonstrasi di depan gedung Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) di jalan M.H. Thamrin, Jakarta, hingga Rabu (22/2) pagi.

Sekelompok massa yang menolak hasil pilpres tersebut sempat mengalami ketegangan dengan pihak kepolisian. Situasi memanas pun tak bisa dihindari di beberapa daerah seperti di kawasan Tanah Abang.

Kejadian ini juga bikin masyarakat yang beraktivitas di kawasan Thamrin dan Tanah Abang jadi ikut cemas. Bahkan gak sedikit dari kantor atau perusahaan yang mengeluarkan perintah buat kerja di rumah dulu.

Tapi gimana ya jika Kawan Muda emang harus pergi atau beraktivitas saat terjadi demo besar-besaran yang berujung rusuh? Berikut Genmuda.com kasih 5 tips yang bisa berguna buat kamu.

1. Jangan pergi sendirian

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Ini cara pertama untuk menjaga keselamatan kamu. Saat pergi berdua kamu juga harus janjian dimana harus ketemu jika sewaktu-waktu kalian terpisah dalam kerumunan demo.

Kabari juga kondisi terbaru kamu lewat pesan pribadi atau grup chat sehingga orang lain bisa tau kamu keadaan kamu. Jangan lupa juga untuk membawa identitas diri untuk berjaga-jaga menghadapi skenario paling buruk yang bisa menimpa kamu.

2. Cari rute alternatif

via giphy.com

Biasanya, orang Indonesia selalu penasaran dan pengen tau, lalu datang ke lokasi kejadian demo. Padahal ini berbahaya banget gengs. Gak perlu demi ‘citizen journalism’, kita jadi mempertaruhkan keamanan dan nyawa kita.

Lebih baik kamu update informasi sembari mencari rute alternatif yang gak dilalui sama massa demonstrasi. Daripada kamu harus terjebak dalam keadaan rusuh, mendingan cari aman aja, deh.

3. Charge handphone kamu

©Genmuda.com/2017 TIM
©Genmuda.com/2017 TIM

Biar orang tua, keluarga, dan orang-orang terdekat kita gak panik, segera kasih kabar kalo kamu baik-baik aja dan dalam kondisi aman serta selamat. Kabar dari kita penting banget buat mereka, jangan sampai ada simpang siur mengenai kabar kamu di luar sana.

Oleh sebab itu usahakan baterai hp kamu jangan sampai lowbat. Selalu update kabar dan kondisi terbaru kamu. Sekali lagi, jangan sok-sok-an masuk ke kerumunan demo tanpa ada motif yang jelas.

4. Jangan panik

via: Tumblr

Ketika mendengar berita atau kamu langsung menyaksikan demo rusuh, yang harus dilakukan pertama kali adalah tetap tenang. Jangan panik dan segera berlindung ke tempat yang aman.

Hal yang gak kalah penting adalah jangan langsung berlari maupun keluar dari ruangan atau gedung saat itu juga, kecuali emang sudah ada instruksi dari pihak keamanan atau banyak orang. Jaga kepala agar tetap dingin dan bisa berpikir jernih, ya.

5. Jangan percaya isu dan hoax

©Genmuda.com/2016 TIM
©Genmuda.com/2016 TIM

Sampai Genmuda.com turunin berita ini, banyak banget kabar simpang siur terkait aksi demo di depan gedung Bawaslu. Sebelum ada info resmi dari pihak berwenang, jangan langsung percaya dengan isu-isu tersebut ya.

Gak usah ngelakuin hal bodoh dan gak bertanggung jawab dengan menyebarkan informasi tanpa tau pasti kebenarannya. Yang paling efektif adalah tunggu info dari televisi dan media, bukan cuma sekedar broadcast group chat. Inget, nyebarin berita hoax bisa dipidanakan. loh!

Stay safe ya, Kawan Muda!

Comments

comments