Minggu, 22 September 2019

Genmuda – Kabar mengejutkan datang dari industri Hollywood yaitu keluarnya Spider-Man dari MCU Universe. Walau sempat mendulang banyak kesuksesan namun Sony dikabarkan gak sepaham dengan pengembangan cerita Spider-Man dengan Disney dan MCU.

Dilansir dari Deadline, Rabu (21/8), Sony dikabarkan gak puas sama pembagian hasil yang didapatkan dari dua film Spider-Man yang diperankan oleh Tom Holland. Diketahui Sony Pictures udah lebih dulu memiliki hak paten untuk film Spider-Man lewat sutradara Sam Raimi dan aktor Tobey Maguire di tahun 2000-an.

Namun reboot yang diperankan oleh Andrew Garfield dan sutradara Marc Webb di tahun 2012 dan 2014 dianggap gagal dari segi cerita dan penghasilan. Akhirnya pada 2015, Sony menandatangani perjanjian dengan Marvel Studios milik Disney untuk berbagi hal karakter Spider-Man.

Lebih lanjut, Disney sengaja memasukan Spider-Man versi Tom Holland untuk film-film MCU seperti “Captain America: Civil War”, “Avengers 2018: Infinity War”, dan “Avengers: Endgame”. Bos MCU Kevin Feige, juga menelurkan dua film Spider-Man dengan Sony Pictures supaya jalan ceritanya lebih masuk.

Tapi masalah kemudian muncul karena Sony dan Disney gak bisa berbagi hasil secara adil dari pendapatan bersih box office dari karakter ‘Manusia Laba-laba’. Hal ini yang terjadi pada film “Spider-Man: Far From Home” yang mendapatkan untung 1,1 miliar dolar AS dan menjadi film terlaris keluaran Sony Pictures yang engga dibiayai dan dirilis oleh Disney.

“Disney meminta agar film Spider-Man di masa depan menjadi perjanjian pembiayaan bersama 50/50 antara studio, dan ada diskusi bahwa ini mungkin meluas ke film lain di dunia Spider-Man.” ungkap salah satu sumber kepada Deadline.

Karena dirasa gak menguntungkan, Sony Pictures yang punya hak paten Spider-Man lantas menolak tawaran itu. Pihak studio mengusulkan agar pengaturan berjalan sesuai ketentuan saat ini dimana Marvel menerima kisaran 5 persen dari penghasilan kotor pertama. Inilah yang kemudian membuat Disney ngambek dan menolak kesepakatan itu dilanjutkan.

Terus gimana dengan lanjutan cerita “Spider-Man”?

©Sony Pictures/2019

Dengan masalah ini otomatis Spider-Man akan absen dalam film MCU selanjutnya. Hal serupa juga akan terjadi pada karakter-karakter lainnya dari MCU yang tidak akan muncul di film Spider-Man selanjutnya (jika Sony Picture membuatnya sendiri tanpa bergabung dengan MCU dan Disney).

Kalo pun harus berpisah dengan MCU dan Disney, Sony dikabarkan akan menggabungkan karakter “Spider-Man” dengan film-film di Spider-verse kayak “Venom”, “Black Cat”, “Sliver Sable” dan masih banyak lagi.

Ditentang sama fans

Meski kelanjutannya masih menggantung banyak fans yang sebel sama Sony karena dianggap egois. Mereka berpendapat bahwa kesuksesan Spider-Man juga gak lepas dari kesinambungan cerita dengan timeline MCU. Bahkan di film terakhir, Peter Parker menjadi lebih terkenal karena digadang-gadang sebagai suksesor dari Tony Stark.

Hashtag #SaveSpiderman pun menjadi ramai di Twitter sejak Rabu (21/8) pagi sebagai bentuk penolakan dari keluarnya Spider-Man dari MCU. “Ibarat kacang lupa kulitnya, Sony Pictures seperti berusaha menarik Spider-Man keluar dari MCU supaya bisa diproduksi sendiri tanpa perlu berbagi keuntungan.”

Menurut lo apakah Sony Pictures bisa sukses membuat film Spider-Man tanpa bantuan MCU dan Disney? Tulis komentar di bawah ini, ya!

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.