Senin, 25 September 2017
Serius Lo?

Sepele Banget, Tapi Esensi Hidup Ini Sering Dilupain Saat Mengejar Sukses

via zetizen.com(Sumber: zetizen.com)

Genmuda – Pastinya Kawan Muda setuju kalo makin banyak anak muda Indonesia yang sukses dan diekspos berbagai media. Hal ini bikin anak muda jadi sama sekali engga dipandang sebelah mata sama generasi lebih tua dan punya peran yang cukup besar di masyarakat.

Tanpa disadari, prestasi satu pemuda bisa bikin yang lain iri, terutama yang masih dalam tahap pendidikan, mencari jati diri, atau baru aja merintis karir. Pengen cepet-cepet sukses, banyak yang sampe rela kerja ekstra.

Sayangnya, kesibukan bisa menghanyutkan seseorang jauh dari esensi hidup, misalnya seperti hal di bawah ini. Jangan lupain supaya kamu tetep jadi manusia yang asik.

1. Menunggu

via giphy.com

Semua hal di dunia ini engga ada yang instan. Engga perlu cari jalan pintas kalo upaya hari ini belum berhasil. Coba lagi dan tetep sabar karena hasilnya pasti bakal bagus asalkan kamu mencapainya dengan cara yang bener.

2. Temen

Persaingan emang ketat, tapi temen jangan dilupain. Hindari makan temen, tusuk dari belakang, atau berkhianat. Temen ada kan buat saling membantu dan mendukung. Emangnya kamu bisa survive sendirian di persaingan yang bakalan makin ketat?

3. Keluarga

via giphy.com

Seberat apapun realita yang kamu hadapi, keluarga selalu punya waktu dan tenaga buat ringanin beban kamu. Percaya. Bukan cuma berdasarkan hubungan darah, keluarga juga bisa kamu dapet dari tempat lain, misalnya dari sahabat atau temen nongkrong yang udah deket banget.

4. Makan

Kamu kan engga bisa berfotosintesis kayak pohon, karena itu jangan lupa makan! Luangkan waktu satu atau dua jam buat makan tanpa perlu mikirin kerjaan supaya punya tenaga lagi. Lagipula, mana mungkin kamu bisa ngejalanin semua rencana kalo sakit karena susah makan.

5. Refreshing

via giphy.com

Banyak loh studi yang bilang kalo otak manusia itu engga bisa terlalu lama dibebani stres kerjaan. Sesekali, piknik juga dibutuhin gaes. Siapa tau kan di tempat liburan bisa ketemu inspirasi baru yang lebih brilian atau lebih hokinya lagi jodoh yang dinanti.

6. Berbuat baik

Terlepas soal religi, setiap manusia sepatutnya berbuat baik. Bukan ke manusia doang, tapi ke hewan dan alam. Cara paling gampangnya adalah dengan engga lupa nyumbang atau hal sepele seperti buang sampah pada tempatnya. Kalo ada waktu lebih, mungkin bisa juga ikut kegiatan relawan sekalian nambah koneksi. Sekali dayung dua-tiga pulau terlampaui, sob.

7. Bahagia

via giphy.com

Buat apa mengejar harta dan ketenaran kalo hidupnya sengsara? Semua hal di dunia emang butuh uangTapi, uang bukanlah segala-galanya di dunia. Baiknya sih hidup tuh seimbang supaya engga stres dan pendekin umur.

Setelah ngelakuin tujuh hal di atas, saatnya lanjut kerjain tugas lagi. HAPHAPHAP! Penjelasan panjangnya bisa kamu cari di Observer.com, tahun 2015. Kawan Muda punya komentar lain? Langsung aja tulis ide kamu di bawah ini. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.