Rabu, 1 April 2020

Genmuda – Percaya engga kalo dengerin radio tuh banyak guilty pleasure-nyaPlaylist mereka yang easy listening bikin kamu gampang ngerasa suka, biarpun lagunya biasa aja. Salah sendiri sih lagu bagus engga gampang didenger sehingga kurang dikenal.

Eh, kamu jangan ngejudge semua lagu yang gampang dicerna tuh ecek-ecek, loh. Karena, Genmuda.com punya nih playlist kece yang engga bikin eargasm tanpa bikin pusing. Yuk dengerin dari nomor satu sampai delapan.

1. “Kasmaran” – Jaz

Tergolong penyanyi baru, Jaz langsung bikin penikmat musik kepincut sama single “Dari Mata” yang doi rilis sekitar Juni 2016. Sepuluh bulan kemudian, cowok berdarah Brunei-Indonesia itu kembali ngerilis lagu dengan judul “Kasmaran.” Dari dua lagu itu, penyanyi solo ini keliatannya punya aliran fusion jazz-R&B. Gampangnya gini. Suka Tulus? Kamu juga bakal suka Jaz.

2. “Kejar Mimpi” – Maudy Ayunda

Suara lembut Maudy Ayunda akhirnya kembali terdengar sebagai penyanyi setelah sibuk manfaatin suaranya sebagai pembicara di berbagai forum internasional. Lagu yang mengajak kamu punya cita-cita tinggi ini mungkin doi buat karena lagi pengen-pengennya terlibat dalam dunia akademis tingkat dunia. Doain aja deh doi nantinya jadi perwakilan Indonesia di PBB.

3. “Tlah Mencoba” – Rossa

Selama 21 tahun berkiprah di industri musik Tanah Air, Rossa udah ngelakuin yang bisa penyanyi solo perempuan lakuin dari A-Z supaya tetep eksis. Meski begitu, tiap lagu baru doi tetep terdengar fresh from the oven, terutama di lagu “Tlah Mencoba” yang bikin Rossa kedengeran seperti anak muda lagi karena lirik galaunya.

4. “Two Princes” – Fake Pictures

Balik ke tahun 1993, lagu “Two Princes” di album “Pocket Full of Kryptonite” karya band Spin Doctors dimainin dengan konsep fullband dengan efek grunge yang saat itu lagi populer. Sekarang, lagunya diaransemen ulang sama Fake Pictures dalam irama elektronik yang terasa makin asik. Ada campuran antara Jamiroquay dan Owl City dalam lagu ini. Well, ini baru namanya aransemen ulang yang berhasil.

5. “Find Me” – Tinie Tempah feat Jake Bugg

Lagu anyar rapper pemenang dua piala Brit Awards 2011 ini engga mungkin lolos dari radar pecinta hip-hop dan R&B. Yakin, deh. Kamu yang engga suka banget sama rap kemungkinan juga bakal manggut-manggut ngikutin beat yang doi kasih di awal lagu dan merinding dengerin choir di akhirnya.

6. “Make Me Love You” – Taeyeon

Cewek yang pernah gabung di Girls Generation ini ngeluarin lagu andalan keduanya. Dari reffnya sih, lirik lagu yang ngepop ini ngomongin soal cinta-cintaan. Saking ngepopnya lagu ini, reff yang dinyanyiin pakai Bahasa Inggris jadi kedengeran kayak bukan lagu-lagunya Justin Bieber atau Selena Gomez yang ngepop beberapa tahun lalu.

7. “Treat You” – Theia

Cewek kelahiran Christchurch, Selandia Baru ini menerapkan rumus pop + elektronik dengan baik di lagu “Treat You.” Tanpa cengkok, vibrato, atau high pitch berlebihan, doi bikin kamu ngerasa EDM-nya musik doi. Nilai plus tambahnya, ritme bass di lagu ini “ngejedotin” banget. Menurut Genmuda.com sih, ini lagu yang bakal rame dibawain di festival musik sejenis Coachella atau SXSW.

8. “Battle Cry” – Jack White

Aneh. Di tahun 2017, masih  ada musisi yang berani ngerilis lagu rock headbangers dengan distorsi polpolan. Lagunya cuma dua menit dan liriknya cuma teriak-teriak “HEY!” ngikutin ketukan tapi bisa mengobati para metalhead atas tipisnya koleksi lagu rock beberapa bulan ini. Ex vokalis sekaligus gitaris band rock The White Stripes ini emang experimental banget. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.