Jum'at, 22 Maret 2019

Genmuda – Ada uang ada barang. Ada harga ada kualitas.” Prinsip pedagang itulah juga berlaku pada ponsel. Makin tinggi kualitas dan fitur ponsel, makin besar harganya.

Makanya, harga ponsel terbaik selalu mahal. Kadang sampai di atas Rp 10 jutaan hingga seharga motor bebek. Meski begitu, sistem ponselnya menjamin penggunaan yang bebas hambatan, memudahkan, dan menyenangkan.

Nah, di antara ponsel-ponsel terbaik berharga belasan juta itu, ada 8 ponsel yang menawarkan fitur unggulan dengan harga masih masuk logika. Inilah contoh smartphone canggih yang worth it harganya.

8. Essential Phone

via AndroidCentra.com
(Sumber: AndroidCentra.com)

Terbuat dari bahan titanium dan keramik, bodi Essential Phone adalah salah satu yang termewah. Meski desain layarnya agak janggal karena terpotong kamera di sisi tengah atas, tampilan layar bezelless-nya cakep banget. Sekarang, harganya dijual sekitar Rp 9 jutaan, loh.

7. Razer Phone

via citymagazine.si
(Sumber: citymagazine.si)

Dibuat khusus buat para gamer, layar Razer Phone bisa ter-refresh 120 kali tiap detik. Gambar yang muncul jadi dua kali lipat lebih jernih ketimbang ponsel pada umumnya yang cuma punya layar dengan tingkat refresh 60 kali per detik.

6. Huawei Mate 10 Pro

via futureloka.com
(Sumber: futureloka.com)

Ponsel keluaran perusahaan besar asal Tiongkok ini benar-benar pintar. Dilengkapi neural-network processing unit (NPU), ponselnya menyesuaikan diri pada kebiasaan penggunanya. Ditambah baterai 4.000mAh, prosesor terkini, dan bodi anti air, ponsel seharga Rp 10 jutaan worth the price.

5. Galaxy Note 8

via sciencealert.com
(Sumber: sciencealert.com)

Ramping, tipis, layar jernih, jarang ngelag, banyak fitur, dual-camera, ada stylus, dan baterai yang engga meledak. Kurang apa lagi keunggulan Samsung Galaxy Note 8? Ponsel yang merupakan gabungan seri S dan Note ini pantas dihargai sekitar Rp 10 jutaan.

4. OnePlus 5T

via oketekno.com
(Sumber: oketekno.com)

Interface OnePlus 5T mirip banget kayak interface asli Android. Kameranya menghasilkan potret menyaingi hasil kamera iPhone X dan Google Pixel 2. Performa ponselnya pun setara kayak ponsel kelas atas. Harganya, sekitar Rp 8 jutaan ‘aja’, loh.

3. Keluarga Google Pixel 2

via repairsharks.com
(Sumber: repairsharks.com)

Mau versi Pixel 2 atau Pixel 2 XL, ponsel keluaran Google ini terbaik. Android yang terpasang adalah bawaan langsung dari Google. Jadi, gak bakalan ada aplikasi iklan atau aplikasi nirfaedah. FYI, ponsel Rp 12 jutaan ini merupakan ponsel pertama yang menerima update OS atau software apapun, loh. Ibaratnya jadi prioritas utama Google Play Store banget, deh!

2. iPhone 8 dan X

via sciencealert.com
(Sumber: sciencealert.com)

Kamera generasi iPhone anyar ini emang masih terbilang high dalam ukuran smartphone kekinian. Performa sistemnya pun mulus alias anti lag lag club. Dengan layar lebar nan jernih dan banyak fitur canggih pembuka kunci ponsel, generasi ponsel ini emang cocok dibanderol di atas Rp 15 jutaan.

1. Keluarga Galaxy S9

via theverge.com
(Sumber: theverge.com)

Fresh from the oven, Galaxy S9 dan S9 Plus lolos sebagai ponsel terbaik pada Maret 2018 menurut BusinessInsider.comKeunggulannya bersaing ketat sama iPhone X. Udah gitu, kameranya punya fitur optical zoom bukan cuma digital zoom. Harganya antara Rp 11 juta – 15 juta, gaes. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.