Kamis, 17 Oktober 2019

Genmuda – Kawan Muda tau gak kalo persahabatan itu punya pengaruh baik buat kesehatan mental kamu saat dewasa, loh? Selain bikin bahagia, punya banyak sahabat atau kenalan saat SMA atau kuliah mengindarai kamu dari risiko depresi.

Dilansir dari HealthDay News, sebuah studi dari CDC menemukan bahwa remaja yang punya banyak teman di rumah dan sekolah 66% lebih kecil punya risiko mengalami masalah kesehatan mental ketika dewasa.

Angka tersebut juga 65% lebih rendah dari penyalahgunaan narkoba dan alkohol, 54% lebih rendah dari terjangkit penyakit kelamin, dan 51% lebih rendah menjadi korban kekerasan fisik dalam satu tahun terakhir, menurut penelitian tersebut.

“Apa yang terjadi di SMP gak akan bertahan dan sama seperti persahabatan saat SMA dan Kuliah,” kata peneliti Kathleen Ethier, direktur Divisi Kesehatan Remaja dan Sekolah di CDC.

“Apa yang kita alami sebagai remaja dapat mempengaruhi kesuksesan kita di masa depan,– termasuk menghindari risiko kesehatan yang serius seperti penggunaan narkoba dan penyakit kelamin.” tambah Kathleen.

via: Tumblr

Penelitian ini sekaligus memiliki kaitan antara kesehatan dan membina hubungan yang baik dengan lingkungan sekitar. Bahkan menurut psikolog dan penulis buku Adam Grant, sebuah persahabatan saat remaja juga mempengaruhi kesuksesan seseorang untuk mendapatkan peluang pekerjaan baru, sehingga dapat melahirkan kebahagiaan, kesehatan, dan banyak ide di masa depan.

Itu pula mungkin menjelaskan kenapa orang-orang sukses punya banyak teman, gengs. Bahkan Ron Burt, Profesor di University of Chicago bilang bahwa persahabatan engga cuma membantu seseorang mendapatkan pekerjaan atau membentuk ide gagasan, namun juga perilaku seseorang ketika dewasa.

Punya banyak teman dan koneksi saat remaja juga lebih penting untuk menghindari risiko depresi dan rasa putus asa yang menyebabkan kematian terkait dengan narkoba, alkohol, dan bunuh diri, dimana risiko tersebut rentan terjadi pada milenial.

Comments

comments