Minggu, 16 Desember 2018

Genmuda – Gengs, kita tau kok kalo beberapa di antara kamu punya masalah ‘serius’ soal rambut. Udah keren, gaul, dan funky abis, tapi begitu sisiran, mulailah nampak helai-helai rambut putih padahal kamu gak pernah nge-highlight atau ombre rambut di salon. Kenapa ya bisa muncul uban, padahal umur masih muda?

Selama ini, banyak anggapan kalo uban yang muncul pada anak muda tuh disebabkan sama hidup yang stres dan penuh tekanan. Padahal sebenernya, stres emang bikin banyak penyakit dan bikin tekanan darah naik, tapi gak ngaruh sama warna rambut jadi abu-abu atau putih yang biasa disebut uban.

Terus, apakah uban ini gara-gara kamu sering banget makan junk food dan punya gaya hidup yang gak sehat? Jawabannya adalah, bukan juga. Nah trus gara-gara apa dong?

Ternyata jawabannya cukup mengejutkan gengs. Kata Jeffrey Benabio, MD, Physician Director of Healthcare Transformation di Kaiser Permanente in San Diego, CA, rambut uban adalah perubahan atau transformasi yang pasti dialami semua manusia.

Kebanyakan orang, proses berubahnya rambut jadi uban dimulai sekitar usia 35 tahun, dan menginjak usia 50 tahun, rambut akan semakin terkikis digantikan oleh uban. Sementara, ada juga (walaupun bukan mayoritas) yang ngalamin perubahan ini di usia yang lebih muda, bahkan sejak umur 20-an.

Kenapa rambut berubah jadi uban?

Rambut kita berubah warna jadi abu-abu bahkan putih, karena sel-sel bernama melanosit di dasar masing-masing folikel rambut berhenti membuat pigmen warna. Faktor lainnya adalah adanya zat hidrogen peroksida, oksidan alami di tubuh kita. Jadi, enzim katalase yang memecah hidrogen peroksida bisa ngeblok produksi pigmen warna di rambut, sehingga akhirnya warna rambut ikutan pudar dan jadilah apa yang disebut uban.

Jadi, normal gak sih ubanan padahal masih muda?

Beruban adalah proses yang normal pada manusia, cuma emang waktunya aja yang berbeda-beda. Hampir 90 persen proses terjadinya uban ditentuin sama DNA kita. Bahkan, studi juga udah nunjukkin kalo gen dari orang tua kita (sampe nenek dan kakek) juga bisa berkontribusi terhadap pigmentasi. So, kalo keluarga kamu emang punya riwayat ubanan ketika masih muda, maka kondisi ini normal banget.

Nah, gimana kalo kamu doang yang udah ubanan di keluarga kamu pas masih muda? Bisa juga ini disebabin karena kamu kekurangan vitamin B12, Kawan Muda. Selain itu, masalah tiroid yang berkepanjangan serta penyakit anemia juga bisa bikin pigmentasi kita hilang.

Trus, apa yang harus dilakuin dong?

Sayangnya, gak banyak yang bisa dilakuin tentang rambut ubanan saat ini. Jadi yang paling baik adalah: terima dengan lapang dada dan apa adanya. Tapi jangan sedih guys, saat ini para peneliti lagi ngerjain studi terapi gen yang mampu transplantasi sel-warna dan memproduksi pigmen yang baru. Well, maybe di masa depan bakalan ada yang bisa bikin kita gak ubanan lagi. Sekarang sih yaudahlah, nasib. :’)

 

Sumber: Mens Fitness | (sds)

Comments

comments

Ratu Rima
Forever needs: Foods. Cafe latte. Holiday. Writing. BIGBANG. and... You ♥