Senin, 20 Mei 2019

Genmuda – Masa SMA adalah masa yang paling indah bagi sebagian orang. Pada saat itu pula kamu mulai cari tau artinya sahabat, cinta, atau hal-hal lainnya dari hidup kamu, termasuk kenakalan remaja kayak mencontek.

Entah motifnya apa, mencotek emang jadi sesuatu kenakalan ‘receh’ yang hampir dilakuin oleh setiap anak SMA. Demi mendapatkan nilai bagus lewat mencontek, engga sedikit dari mereka yang nekat membuat contekan (yang kemudian kita sebut kebetan).

Sadar atau engga, bikin kebetan apalagi pas ujian emang perlu nyali yang tinggi gaes. Bukan itu doang, pelakunya juga dituntut buat lebih kreatif dan ‘main aman’ saat menjalankan aksinya. Kenapa? Ya supaya engga ketawan lah.

Kali ini Genmuda.com bakalan kasih tau kamu beberapa jenis modus kebetan yang sering banget dipakai anak SMA. Namun bukan berarti semua modus ini bisa kamu tiru ya, penulis tetap engga nganjurin kamu melakukan hal ini. Karena mencontek adalah perbuatan tercela (tapi masih sering dilakuin). Engga usah main salah-salahan deh, siapa tau kamu pernah melakukan modus kayak gini:

1. Modus kebetan kertas tisu

Modus satu ini biasanya sering dipakai oleh para cewek. Selain punya fungsi membersihkan wajah, kertas tisu juga punya funsi sebagai kebetan. Saat smartphone dikumpulin di depan otomatis tisu jadi media paling aman buat ngebet. Cukup spik-spik (baca: pura-pura) lap muka. Aslinya sih liat isi kebetan. *Trik lawas.

2. Modus kebelet ke belakang

Jika benar ada pengawas yang rela ngikutin kamu ke toilet saat ujian, jangan langsung kamu percaya gitu aja. Emang kenapa? Selain males ngikutin orang ke toilet, aturan kayak gitu rasanya cuma dibuat lebay. Buktinya para pengawas pasti suruh kamu ke toilet sebelum ujian dimulai. Momentum inilah yang kemudian dijadiin anak SMA buat pergi ke toilet sambil ngintip kebetan. Hayo siapa yang kayak gitu?

3. Modus selipan kertas

11-12 kayak modus di poin pertama tadi. Bedanya modus ini justru meletakan kertas kebetan buat diselipkan di penghapus, tempat pensil, atau rautan. Spik-spik ambil alat tulis engga taunya ngebet. Old school abis deh pokoknya.

4. Modus coret-coret meja atau papan jalan

Biasanya mereka yang punya kebetan bakalan nulis kebetan mereka di papan jalan atau meja. Isi kebetannya pun cuma bagian intinya aja kayak rumus atau tahun-tahun penting. Engga perlu panjang-panjang, karena kalo kepanjangan mendingan buat novel daripada kebetan. *canda.

5. Modus kebetan di tangan atau paha

via: giphy

Cara ini juga terbilang old school dan perlu kehati-hatian supaya engga ketawan. Tapi walau risikonya gede, buat kebetan di tangan atau paha emang terbilang gampang dilakuin. Tinggal liat tangan atau paha udah keliatan deh isi kebetannya apa. Iya kan?

6. Modus sandi-sandi aneh

Modus ini biasanya dipakai buat soal pilihan ganda. A jari tangan angka 1, B jari tangan angka 2, dst. Pokoknya cara kayak gini gampang banget buat dilakuin. Tinggal kasih kode mata, selanjutnya tangan yang berperan. Klasik.

7. Modus buku pelajaran di kolong meja

Modus ini juga terbilang nekad dan perlu nyali. Dengan maksud engga ada jawaban yang salah akhirnya rela deh naro buku pelajaran di kolong meja. Begitu pengawas lengah, tinggal tarik buku dari kolong. Bet..bet..bet!

8. Modus tukeran soal

Modus tukeran soal di sini umumnya dilakukan pas masa-masa injury time alias akhir-akhir ujian. Pelakunya juga bukan cuma satu orang, melainkan dua orang atau lebih (Yailah, judulnya aja juga tukeran soal). Mekanismenya soal yang dituker udah diisi atau ditandai jawabannya terlebih dahulu, bahkan kalo lagi beruntung kamu juga bisa tau coret-coretan hasil teman kamu. Modus ini sendiri bahkan pernah dijadiin sinetron loh dengan judul ‘Soal yang Tertukar’. *Abaikan penulis.

9. Modus menaruh koran di meja pengawas

Ini sih sebenarnya bukan 100 persen modus kebetan yang dilakukan sama anak SMA, namun mereka justru mencoba modus ini supaya si pengawas lengah dengan menaruh koran hari ini. Ya, meski engga bisa dibilang mulus-mulus banget, at least dari waktu ujian pasti si pengawas bahkan punya distraction ke koran di atas meja mereka.

10. Modus nanya soal yang kurang jelas

via: Giphy

Adul: “Pak, nomor 12 di soal saya fotocopyannya buram. Bisa tukar soal?”
Pak Guru: “Coba bawa ke sini, biar bapak cek!”

Kemudian Adul jalan ke meja pengawas, dan teman-teman yang lainnya sok sibuk (padahal lagi siap-siap lirik kanan-kiri). Intinya sih memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan aja gaes.

Bonus:

Modus fotocopy diperkecil

Dari sekian banyak modus yang barusan Genmuda.com sebutin, modus fotocopy diperkecil jadi satu-satunya modus yang paling niat. Coba aja kamu bayangin isi buku pelajaran yang tebal sama pelaku ini diperkecil hingga 10 kali lipat. Udah capek buat diselipin, mata pelakunya juga harus jeli. (Syukur-syukur engga juling).

Well, kira-kira modus mana lagi nih yang pernah kamu lakuin pas ngebet? Jangan sungkan buat nambahin di kolom komentar. Ciao!

 

 

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.