Rabu, 2 Desember 2020

Genmuda – Google berencana umumin inovasi terbarunya seputar teknologi di seminar Google Event di San Francisco, Amerika Serikat, Selasa (4/10) waktu setempat, atau Rabu (5/10) WIB.

Perusahaan teknologi yang lagi kesangkut masalah pajak di Indonesia itu rencananya pengen umumin soal Google Pixel dan Pixel XL, Google Home, Chromecast versi terbaru, dan VR keluaran Google.

Sejak dulu, Google emang engga pernah jago nyimpen rahasia produknya. Bahkan eventnya belum mulai aja, udah ada sejumlah info yang bocor. Berikut ini bocoran yang udah Genmuda.com rangkum buat Kawan Muda:

1. Pengumuman Google Pixel dan Pixel XL

via techcrunch.com
Google Pixel. (Sumber: techcrunch.com)

Info soal ponsel teranyar Google ini bocor lantaran retailer ponsel Inggris Carphone Warehouse dan perusahaan telekomunikasi Kanada Bell masang iklan pre-order Google Pixel dan Pixel-XL di situsnya. Ketauan deh kalo Google Pixel dipasangin prosesor Snapdragon 821, RAM 4GB, dan layar HD 1080p. Memori internalnya relatif gede, sebesar 32 GB atau 128 GB. Prosesor, RAM, dan memori internal yang sama juga dipasang di Google Pixel XL. Bedanya, ponsel itu punya layar sebesar 2.560 x 1.440 atau layar 2K.

Kedua ponsel tersebut punya kemampuan charge yang keren. Daya baterai 7 jam bisa diisi cuma dengan 15 menit pengisian. Cocok banget buat siapapun yang hidupnya serba cepet. Semuanya dibanderol dengan harga sekitar 649 dolar AS (sekitar 7 juta rupiah).

2. Google Home

via robotschampion.com
Purwarupa Google Home. (Sumber: robotschampion.com)

Ini bukan halaman home page versi baru, gaes. Google Home adalah perangkat Android yang bisa dipasang di rumah. Berdasarkan bocoran dari pocket-lint.com, (30/9), alat ini bisa terhubung dengan semua perangkat Android via WiFi.

Sejauh ini, Google Home berfungsi jadi speaker nirkabel. Bisa juga jadi mikrofon tambahan buat Android di rumah. Jadi androidnya bisa dioperasikan pakai perintah suara. Tinggal ngomong (atau teriak) “Ok Google” terus ajuin aja perintahnya apa. (Asal jangan suruh doi bersihin rumah aja).

3. Google Assistant

via PCWorld
Ikon Google Assistant (Sumber: PCworld.com)

Ini adalah AI terbarunya Google yang sebenarnya udah diumumin awal 2016 lalu. Dengan Google Assistant (GA), Google voice command (si ‘OK Google) bisa diperlakuin hampir kayak manusia. Misalnya, si voice command dikasih perintah “Ok Google, Who is Ethan Hawke?” Doi langsung nyari tau dan ngomong siapa itu Ethan Hawke berdasarkan info dari internet.

Kalo ditanya “What is his best role?” Google langsung tau kalo his yang dimaksud adalah Ethan Hawke. Google pun langsung ngasih tau tokoh-tokoh yang diperanin sama si Ethan Hawke itu. Selain di Google Home, GA juga dipasang di Android 7 Nougat.

4. Chromecast Ultra

via techcrunch.com
Purwarupa Chromecast Ultra. (Sumber: techcrunch.com)

Chromecast itu fungsinya buat menduplikasi tampilan Android ke TV. Colokin aja Chromecast ke HDMI port TV, puter video YouTube atau apa kek di Android, terus cast-away dan tonton di layar yang lebih lebar.

Teknologi ini dibuat karena video yang diupload orang makin lama makin HD. Gambarnya tetap jernih walau diputer di layar yang lebih lebar sekalipun. Chromecast Ultra itu pun dipakai buat menduplikasi video yang kualitasnya 2K dan 4K.

5. Daydream VR

via DayDream VR
Konsel DayDream VR. (Sumber: vr.google.com)

Info soal perangkat VR ini masih simpang siur. Kabar terakhir dari vr.google.com, (4/10) nunjukin kalo perangkat ini jadi pelengkapnya smartphone Android 7 Nougat. Sementara itu, Tech Crunch di hari yang sama bilang kalo Daydream VR merupakan satu set hardware sendiri dengan Android 7.

6. Router Google WiFi

via techcrunch.com
Purwa rupa Google WiFi. (Sumber: techcrunch.com)

Ini bukan router biasa. Google WiFi bisa mancarin sinyal internet lewat WiFi tanpa perlu banyak pengaturan teknis, seperti kata Androidpolice.com, (23/9). Routernya juga punya bluetooth yang bisa terhubung sama semua Android. Router ‘smart’ itu bisa menerima input sinyal WiFi. Namun, belum ada keterangan apakah bisa menerima input dari kabel internet terus dipancarin jadi WiFi kayak router di pasaran.

7. Android v.2

Sebenarnya bukan v.2 juga sih, berhubung Google terus-terusan memperbarui sistem Android mereka. Tapi sejauh ini, mereka baru bisa memasang Android ke dalam perangkat ponsel. Tech Crunch bilang ada kemungkinan mereka kini berniat masang Android ke dalam komputer. Coba bayangin aja punya komputer yang hardwarenya canggih gila-gilaan dengan OS berbasis Android? Yah, semoga aja bisa di-install game kekinian juga.

Mau tau hasil lengkapnya dari presentasi Google Event di SF, Amerika Serikat, Rabu WIB besok? Pantengin aja terus Genmuda.com biar kamu makin kekinian. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.