Rabu, 1 April 2020

Genmuda – Waktu kecil saat ditanya cita-citanya apa, sebagian dari Kawan Muda mungkin ada yang ngejawab pengen jadi pilot atau kru penerbangan. Beruntung buat kamu, di Indonesia ada loh sejumlah sekolah penerbangan yang bisa ngebantu ngewujidin cita-cita kamu itu.

Biaya buat masuk sekolah penerbangan pada dasarnya engga murah. Meski begitu, sekolah penerbangan terbilang mahal soalnya peralatan yang dipakai memang berteknologi tinggi dan tenaga pengajarnya tentu aja merupakan para lulusan terbaik di bidangnya.

Nah, buat kamu yang lagi nyari-nyari sekolah penerbangan, di Indonesia sebenarnya ada banyak loh, Kawan Muda. Kamu pun engga perlu sampai jauh-jauh ke luar negeri soalnya materi yang diajarin di sekolah penerbangan Indonesia sama aja kayak di berbagai negara lainnya. Berikut ini adalah 6 dari sekian banyak pilihan sekolah penerbangan yang ada di Indonesia:

1. STPI Curug

(Sumber: detik.com)

Sekolah penerbangan milik pemerintah yang berlokasi di Legok Tangerang, Banten ini punya empat jurusan pendidikan, yaitu Penerbang, Teknik Penerbangan, Keselamatan Penerbangan, dan Manajemen Penerbangan. Dengan peminat yang cukup banyak, proses seleksi sekolah ikatan dinas ini sangat ketat dan cukup panjang. Khusus buat Penerbang dengan masa pendidikan 2 tahun, biayanya pun sekitar 500 sampai 600 juta rupiah per siswa (subsidinya udah dicabut).

2. ATKP Surabaya

(Sumber: okkyagassy.blogspot.com)

Engga kalah diminati dari STPI Curug, sekolah penerbangan negeri yang satu ini engga cuma ngedidik calon pilot, tapi juga posisi profesional lainnya di bidang penerbangan. Program studi yang tersedia di sekolah penerbangan ini ada tujuh, mulai dari Teknik Listrik Bandar Udara (TLB) sampai Teknik Bangunan dan Landasan (TBL). Walau biaya pendidikannya masih terbilang lebih terjangkau dari sekolah penerbangan lainnya, proses seleksinya tetap aja cukup ribet dan panjang.

3. Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbang (BP3) Banyuwangi

(Sumber: lp3b.ac.id)

Sekolah pilot ini merupakan sekolah pilot kedua milik pemerintah setelah STPI Curug. Program yang tersedia antara lain Private Pilot License (PPL), Commercial Pilot License (CPL), dan Instrument Rating (IR). Kamu pun harus ngejalanin enam tahapan seleksi kalau kamu mau masuk sekolah penerbangan di Kompleks Bandara Blimbingsari ini.

4. Bali International Flight Academy (BIFA)

(Sumber: portaltigaimage.com)

Buat kamu yang pengen kerja di maskapai penerbangan Garuda Indonesia, sekolah penerbangan swasta ini bisa jadi pilihan tepat. Garuda Indonesia banyak nerima lulusan sekolah penerbangan terkemuka ini. Namun demikian, dengan biaya pendidikan hampir 700 juta rupiah, sekolah penerbangan terfavorit di Tanah Air ini seleksinya engga kalah ketat dari sekolah penerbangan lainnya.

5. Alfa Flying School

(Sumber: alfaflyingschool.co.id)

Didiriin di tahun 2007, sekolah penerbangan swasta ini beroprasi di empat basis pelatihan yang tersebar di sejumlah daerah di Pulau Jawa, yaitu Halim (Jakarta), Adisumarmo (Solo), Tunggul Wulung (Cilacap), dan Cakrabuwana (Cirebon). Dengan wilayah basis pelatihan yang berbeda-beda, kamu bisa lebih terbiasa sama beragam kondisi terbang dan geografis. Semua basis pelatihan di luar Jakarta pun dilengkapi dengan asrama dan transportasi gratis ke/dari bandara.

6. Aero Flyer Institute

(Sumber: aeroflyer.co.id)

Sekolah penerbangan swasta lainnya yang juga banyak diminati adalah Aero Flyer Institute. Dengan institut dan fasilitas yang tersedia di Bandara Budiarto (Curug, Tangerang), Bandara Cakrabuwana (Cirebon), dan Bandara Fatmawati Soekarno (Bengkulu), sekolah penerbangan ini punya standar mutu yang baik dengan biaya yang cukup bersaing. Engga heran, lulusan sekolah penerbangan ini diterima di beragam maskapai di Tanah Air, khususnya Batir Air dan Citilink. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer