Kamis, 15 November 2018

Genmuda – Ramadhan sajiin fenomena kayak euforia tahun baru. Sebagian besar orang merayakannya dengan ‘segambreng’ acara dan rencana. Tujuannya cuma satu, yaitu jadi orang lebih baik daripada sebelumnya.

Itu bagus banget. Namun demikian, gak semua harapan bisa tercapai karena sebagian orang cuma jago berangan-angan tanpa tunjukin tindakan nyata. Kalo kata orang, Speak Only, No Action (SONA).

Makanya, biar kamu gak termasuk ke dalam golongan SONA, kamu perlu jaga track record. Ramadhan udah masuk pertengahannya. Buat ngingetin kamu, inilah beberapa hal yang harusnya sih udah kamu miliki.

1. Rencana mudik

Via Reuters
(Sumber Reuters)

Rencana mudik gak bisa dadakan. Kalo mau pulang kampung, harusnya kamu udah punya tiket dari sekarang, detik ini juga. Iya, sekarang. Makin mepet hari Idul Fitri, tiket perjalanan makin mahal dan langka.

2. Rencana bukber

(Sumber: Istimewa)

Pupuskanlah harapan buka bareng teman-teman yang gak ngasih kejelasan di grup WhatsApp. Sesungguhnya, ada tanda bukber bakalan gagal. Tandanya yaitu, grup cuma berisi chat “Gue ikut aja,” “Terserah anak-anak,” “Jadi, kapan?”, Ya kapan-kapan.

3. Baju Lebaran

(Sumber: Istimewa)

Mumpung toko-toko online masih pada ngasih diskon guede, inilah saatnya beli baju lebaran. Makin ditunda, baju-baju lebaran yang bagus udah pada laris terjual. Toko-toko isinya tinggal baju sisa yang didiskon miring banget. Maklum, lah. Itu baju empat musim lalu.

4. Buku harian Ramadhan terisi 50%

via abiummi.com
(Sumber: abiummi.com)

Wahai anak SMP dan SMA, jangan males isi buku harian Ramadhan. Sekarang ini, seharusnya kamu udah ngisi 50% dari buku itu. Pada saat mudik nanti, belum tentu kamu sempat mengisi bukunya.

5. Bacaan Kitab di Juz 15

via ummi-online.com
(Sumber: ummi-online.com)

Dengan asumsi satu hari satu Juz, harusnya kamu sudah sampai pada juz 15 atau 16 pada pertengahan Ramadhan. Kalo gak gitu, terpaksa kamu harus siap menerima kemungkinan gagal khataman Quran Ramadhan ini.

6. Nama dan nomor cewek/cowok cakep di Masjid

©Genmuda.com/2017 TIM
“Pertemuan pertama dengannya sangat membekas di ingatan.” #EAA. ©Genmuda.com/2017 TIM

Yuk. Segera kenalan sama cewek/cowok cakep yang menarik perhatian tiap kali kamu Tarawih ke Masjid. Karena doi, kan kamu rajin ke Masjid? Ngaku aja, deh. Buruan minta nama dan nomornya sebelum doi pulang kampung dan hilang dari peredaran.

7. Jawaban pertanyaan “kapan kawin?”

via Istimewa
Weits! Udah nikah, dooong!!! (Sumber: Istimewa)

Di dunia ini, ada beberapa hal yang pasti terjadi. Salah satunya, pertanyaan “Kapan Kawin” dilontarkan kepada kamu ketika Idul Fitri. Bukan hanya keluarga, bahkan tetangga yang lama gak ketemu aja tega loh bertanya hal itu ke kamu.

Makanya, siapin jawaban akan pertanyaan nyebelin itu. Kamu mungkin bisa menjawabnya dengan, “Mei: Meibi yes, meibi no.” Atau, kamu ikuti aja tips n trik menjawab pertanyaan “Kapan Kawin” pada artikel ini. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.