Selasa, 18 Juni 2019

Genmuda – Pinggiran Masjid besar di Bulan Ramadhan penuh sama jajanan. Makin matahari terbenam, jumlah jajanannya justru makin ramai karena Masjid bakal dipakai buat laksanakan Shalat Tarawih.

Sama kayak tipe jajanan, tipe-tipe jamaah ibadah sunnah malam selama Ramadhan itu juga bermacam. Kalo ditelisik lebih lanjut, seperti ini loh kemiripan antara satu jemaah dengan jajanan tertentu.

Cilor = bocah SD

via okezone.com
(Sumber: okezone.com)

Gerobak cilor (cireng telor) tuh terbilang baru di antara jajanan pinggir masjid. Penikmatnya ya paling bocah SD yang kadang ikut shalat dari awal sampai akhir, kadang cuma dateng buat main selepetan sarung sama temen-temennya.

Telor cubit = teman yang ditunggu

via qubicle.id
(Sumber: qubicle.id)

Di setiap Masjid, pasti ada jamaah yang ditunggu-tunggu banget kedatangannya. Kalo gak ada doi, teman-temannya ngerasa ada yang kurang. Di kalangan jajanan pinggi Masjid, doi ibarat tukang telor cubit yang selalu dinantikan kedatangannya.

Telor gulung = jamaah yang sempat absen

via LINE
(Sumber: LINE)

Jajanan telor gulung sempet hilang dari peredaran hingga akhirnya balik lagi jadi salah satu jajanan populer. Sama kayak jamaah shalat Tarawih yang akhirnya dateng ke Masjid lagi setelah sekian lama gak keliatan batang hidungnya.

Stik kentang = jamaah biasa

via selarasbisnis.com
(Sumber: selarasbisnis.com)

Jajanan stik kentang tuh biasa-biasa aja. Rasanya enak, tapi gak seenak yang dibayangin. Makanya, doi tuh ibarat jamaah biasa yang ibadahnya sedang-sedang aja.

Batagor = jamaah yang konsisten

via detik.net.id
(Sumber: detik.net.id)

Ada juga jamaah yang konsisten menjalani Shalat Tarawih dari awal sampai akhir tiap tahun. Etos ibadah dia setara dengan etos kerja abang-abang batagor yang selalu setia nangkring di pinggir Masjid dan siap dibeli para jamaah yang butuh camilan.

Somay = temannya batagor

via aprisurakhman.xtgem.com
(Sumber: aprisurakhman.xtgem.com)

Nah, teman-teman jamaah “batagor” tuh ibarat tukang somay. Keduanya saling melengkapi satu sama lain.

Sate goreng = jamaah yang punya geng

via halhalal.com
(Sumber: halhalal.com)

Tukang sate goreng menjual aneka sate, mulai dari baso, naget, sosis, hingga cilok dalam satu porsi plastik.

Orson = jamaah yang dari awal udah absen

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Sejak tahun 2000-an, tukang jualan sirop Orson sudah tak terlihat lagi di pinggiran Masjid. Sama kayak oknum yang kita sebut saja Mawar. Sejak tahun 2000-an, dia gak keliatan juga di sekitar Masjid. Tau deh ke mana perginya. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.