Rabu, 19 Desember 2018

Genmuda – Perhetalan Asian Games 2018 resmi ditutup pada Minggu, 2 September 2018. Sejak dibuka tanggal 18 Agustus 2018, China kembali mantap berada di posisi atas dengan 132 medali emas, kemudian Jepang 75 medali emas, Korea Selatan 49 medali emas, menyusul Indonesia diposisi keempat dengan 31 medali emas.

Torehan tersebut juga berhasil menciptakan rekor perolehan medali terbanyak buat Indonesia sejak penyelenggaraan Asian Games. Tapi terlepas dari hasil positif itu, banyak juga momen istimewa dan akan menjadi sejarah dari Asian Games 2018. Kawan Muda yang nonton 10 momen ini pasti layak menjadi saksi sejarah di kemudian hari. Langsung simak di bawah ya!

1. Opening Ceremony

via: Antara
(Sumber: Istimewa)

Sempat diraguin, Indonesia ternyata mampu membuat negara lain kagum sama pembukaan Asian Games 2018 tanggal 18 Agustus 2018 lalu. Dibuka oleh video Pak Jokowi naik motor gede, jutaan orang dibuat larut menyaksikan tata panggung, koreografi, serta rangkaian penampilan yang INDONESIA BANGET. Bahkan sejumlah netizen internasional memuji Indonesia dan mengatakan pembukaannya gak kalah meriah sama pembukaan Olimpiade. Ntap kan!

2. Medali emas pertama

via: Antara
(Sumber: INASGOC)

Keran medali Indonesia di gelaran Asian Games 2018 dibuka oleh Defia Rosmaniar. Cewek lucu ini menjadi yang terbaik dalam nomor poomsae perorangan putri pada hari pertama Asian Games 2018, Minggu, (19/8). Defia pun ikut larut dalam rasa bangga sambil mengibarkan bendera merah putih.

3. Antohny Ginting is TRUE HERO

via: IDN Times
(Sumber: Merdeka.com)

Tampil dalam babak final beregu putra dari cabor Badminton di Istora Senayan, Rabu (22/8), pebulu tangkis Indonesia, Anthony Ginting tampil melawan unggulan China, Shi Yuqi. Menariknya Ginting bisa mengimbangi sang lawan dalam keadaan cedera hingga rubber set. Biarpun harus kalah, tekat dan perjuangannya berhasil bikin semua orang angkat topi. Shi Yuqi pun ikut memberikan semangat setelah Ginting di akhir laga.

4. Pencak silat yang menyatukan Indonesia

via: Twitter
(Sumber: Istimewa)

Selain menyumbang banyak medali emas, Pencak Silat juga menciptakan momen bersejarah karena berhasil menyatukan Indonesia usai atlet Indonesia. Rabu (29/8), Hanifan Yudani Kusumah yang meraih medali emas di nomor 55-60 kg secara spontan mengajak Pak Jokowi dan Pak Prabowo berpelukan. Momen terbaik ini pun jadi bukti kalo olahraga bisa mempersatukan bangsa. Haru banget kan, gengs!

5. Panjat tebing jadi cabor favorit baru buat Indonesia

via: Istagram
(Sumber: Istimewa)

Dari yang udah-udah, Indonesia selalu mengandalkan cabor favorit kayak badminton, wushu, atletik, atau panahan. Namun kalo ngelihat penampilan Aries Susanti cs. di cabor Panjat Tebing, Indonesia wajib banget memopulerkan olahraga ini. Bahkan, di level Asia, penampilan Indonesia bisa dibilang masuk dalam urutan tiga teratas, bersaing dengan China dan Jepang. Cool!

6. Orang terkaya di Indonesia ikut di Asian Games 2018

via: Asian Games 2018
(Sumber: Antara)

Cerita satu ini gak kalah seru dari Ginting. Ada nama Pak Bambang Hartono yang ikut menyabet medali perunggu dari cabor bridge. Dan seperti janji pemerintah, atas medali yang didapat, Pak Bambang berhak dapatin bonus Rp 150 juta. Lucunya, beliau ini adalah salah satu orang terkaya di Indonesia yang punya Grup Djarum dengan total kekayaan sebesar 32,3 miliar dollar AS. Terus uang bonus dari pemerintah buat apa? Kata Pak Bambang, uang tersebut akan dia kembalikan ke bridge sebagai pembinaan. Luar biasa!

7. Medali emas terakhir

via: detik
(Sumber: Antara)

Jelang penutupan Asian Games, Sabtu (1/9), Indonesia masih sempat nambahin satu medali emas dari cabor sepak takraw. Tim Indonesia yang terdiri dari M. Hardiansyah Muliang, Nofrizal, Saiful Rijal, Husni Uba, Rizky Pago, dan Abdul H Radjiu berhasil mengalahkan perlawanan sengit dari tim Jepang sekaligus menutup perolehan emas Indonesia di hari terakhir.

8. MVP Asian Games, Rikako Ikee

Prestasi atlet muda Jepang ini pasti bikin anak muda lainnya iri. Di usia 18 tahun, Rikako berhasil borong 6 medali emas dan 2 medali perak lewat cabor renang. Wajar kalo dia dinobatin sebagai pemain terbaik di Asian Games 2018. FYI, Rikako juga menjadi atlet perempuan pertama yang berhasil meraih gelar tersebut dalam sejarah perhelatan Asian Games. Kalo lo penasaran sama penampilannya, coba cek video di atas.

9. Bonus langsung cair

via: Asian Games 2018
(Sumber: Antara)

YUHU! Ini juga lo wajib apresiasi, karena prestasi atlet dan pelatih Indonesia di Asian Games 2018 langsung dibayar kontan sama pemerintah pada Minggu (2/9). Semoga aja hal ini bikin atlet lainnya semakin termotivasi dan berprestasi di ajang olahraga Internasional. Aminn!

10. Closing yang gak kalah meriah

ANTARA FOTO/INASGOC/M Agung Rajasa
ANTARA FOTO/INASGOC/M Agung Rajasa

Walau sejumlah negara udah memulangkan atletnya, namun penutupan Asian Games 2018, Minggu (2/9) juga gak kalah meriah. Selain menyerahkan tongkat estafet kepada China yang akan menjadi tuan rumah Asian Games 2022, sejumlah penampil dari negara sahabat kayak India, China, hingga Korea Selatan ikut meramaikan acara tersebut. Pastinya, Ikon dan Super Junior paling ditungguin sama Kawan Muda. Yakan!

Secara keseluruhan kita layak bangga atas penyelenggaraan Asian Games 2018 yang bisa menjadi bukti kalo Indonesia mampu mengadakan acara olahraga tingkat internasional. Jadi siapa kita? INDONESIA DONG!!!

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.