Minggu, 16 Desember 2018

Genmuda – Kopi, apalagi yang divariasi dengan krim dan topping emang jadi salah satu minuman TOP buat diminati anak muda baik itu cowok ataupun cewek. Dari kandungan nutrisinya, kopi emang bermanfaat buat bikin orang jadi lebih melek dan gampang konsentrasi.

Namun kebanyakan ngopi ternyata engga baik juga buat badan, terutama buat cewek. Kenapa tuh Genmuda.com? Jadi menurut dosen sekaligus pakar Onkologi Universitas Lund Swedia, Helena Jernstroem bilang kalo kandungan zat dalam kopi bisa bikin payudara cewek mengecil loh.

Doi udah ngelibatin sekitar 300 perempuan yang disurvei dalam penelitiannya. Diketahui nih kalo cewek yang mengonsumsi lebih dari tiga gelas kopi sehari cenderung punya lingkar dada lebih kecil dari yang engga.

Batas aman

(Sumber: 7-themes.com)
(Sumber: 7-themes.com)

Kalo kopi yang dikonsumsi masih satu atau dua gelas sehari sih masih oke. Jernstroem nyimpulin kalo efek pengecilan itu baru terjadi setelah minum tiga gelas kopi sehari. “Efeknya akan makin terasa seiring dengan bertambahnya jumlah gelas yang diminum,”

Doi juga ngejelasin kalo dampaknya terasa secara berkala dan engga bakal sampai bikin payudara bener-bener ilang. Berdasarkan studi laboratorium, diketahui kalo penyebab utamanya adalah kondisi gen yang dimiliki mayoritas perempuan. Jenstroem nambahin kalo kopi dan gen perempuan itu punya hubungan erat.

Manfaat kopi buat organ vital perempuan

(Sumber: businessinsider.com.au)
(Sumber: businessinsider.com.au)

Jenstroem bilang kandungan zat dalam kopi bisa mempengaruhi metabolisme hormon estrogen dalam tubuh perempuan. Hormon itu merupakan senyawa kimia alami yang ada di dalam tubuh dan berhubungan dengan alat vital serta jenis kelamin perempuan.

Meski begitu, cewek yang rutin ngopi sesuai batasan malah bisa mengurangi risiko kena kanker payudara. “Karena, zat yang ada di kopi bisa menyesuaikan konfigurasi hormon estrogen jadi lebih baik. Dengan kata lain, menurunkan potensi kanker payudara,” kata Jernstroem.

Peneliti itu ngelanjutin kalo perempuan yang punya payudara lebih besar cenderung memiliki potensi kena kanker payudara yang sama besar. Intinya sih kamu masih boleh nongkrong di coffeshop hip dan ngopi kok girls. Asal jumlahnya dibatasi ya. Selain engga baik buat badan kamu, kebanyakan ngopi udah jelas bikin kantong makin kering aja. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.