Selasa, 18 Juni 2019

Genmuda – Timnas U-19 tampil luar biasa meski kalah 5-6 dari timnas U-19 Qatar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (21/10) malam. Tertinggal 1-6 di babak pertama, Garuda Muda baru tampil all-out di babak kedua. Sayang Edy Maulana cs. hanya bisa memperkecil ketinggalan menjadi 5-6.

Dengan hasil ini anak asuh Indra Sjafri turun ke posisi tiga di grup A Piala Asia U-19 dengan koleksi 3 poin. Sementara Qatar berada di posisi kedua setelah unggul head to head dari Indonesia. Meski gak mudah, peluang timnas Indonesia untuk lolos ke babak perempat final masih terbuka dengan sejumlah skema yang lumayan berat.

1. Berharap Qatar kalah dari China Taipei

Di pertandingan berikutnya timnas U-19 Qatar akan menjamu timnas U-19 China Taipei yang berada di dasar klasemen grup A. Jika nantinya China Taipei berhasil menang atas Qatar, Indonesia cuma butuh hasil imbang atas Uni Emirat Arab (UEA).

2. Qatar seri dengan China Taipei

Apabila laga keduanya berakhir seri, Indonesia wajib menang dengan UEA karena Tim Garuda Muda udah kalah head to head dengan Qatar. Jika skema ini berjalan lancar maka Indonesia akan otomatis keluar sebagai juara grup dengan torehan poin 6, sama dengan UEA namun unggul head to head.

3. Qatar menang, Indonesia wajib menang dengan banyak gol

Ini skema paling berat yang bakal dihadapi anak-anak timnas U-19 Indonesia. Apabila Qatar berhasil mengalahkan China Taipei otomatis Indonesia wajib menang atas UEA. Karena UEA unggul head to head atas Qatar, penentuan juara dan runner up grup akan ditentukan lewat selisih gol. Jika demikian, maka Egy Maulana cs. wajib menang atas UEA dengan margin dua gol untuk bisa lolos ke perempat final Piala AFC 2018.

Laga Indonesia kontra UEA akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (24/10). Well, kita doakan aja semoga Garuda Muda bisa lolos ke babak selanjutnya. Aminnn!

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.