Senin, 20 Mei 2019

Genmuda – Meski jarang bikin konser tunggal, musisi-musisi Indonesia rajin berkeliaran di berbagai festival musik Tanah Air. Dengan waktu manggung yang dibatasi gak lebih dari dua jam, para musisi sajikan konsep penapilan layaknya panggung milik sendiri.

Semuanya tampil keren tapi ada segelintir yang bikin heboh lantaran punya fanbase fanatik. Di bawah ini adalah 10 musisi favorit yang pasti sering dianggap penonton merajai/meratui festival musik karena penampilannya selalu ramai penonton.

1. Kahitna

©Genmuda.com/2016 BBB
©Genmuda.com/2016 BBB

Penonton band legendaris ini biasanya dateng bareng suami/istri sambil gendong anak. Meski bodi mulai membesar dan tanggungan hidup makin banyak, soulmate Kahitna tetep bisa nyanyi lagu-lagu cinta bareng idolanya.

2. Maliq & D’Essentials

©Genmuda.com/2017 TIM.
Angga Maliq dan penonton tetep semangat meski akhir Ramadhan Jazz Fest Minggu dini hari (11/6) diguyur hujan. ©Genmuda.com/2017 TIM.

Haters Maliq pasti bilang grup ini kurang berani bereksplorasi karena aksi panggung yang ditampilin terbilang gitu terus sejak beberapa tahun belakangan. Pun demikian, panggung Maliq selalu rame sama cewek-cowok usia nanggung yang ikut goyang bersama irama ngegroove idolanya.

3. Isyana

©Genmuda.com/2016 TIM
Isyana Sarasvati lengkingkan nada tinggi. ©Genmuda.com/2016 TIM

Kapanpun, di manapun, dalam acara apapun, Isyanation selalu menggandrungi ke manapun Isyana nampil. Bahkan di peluncuran produk dukungan Isyana pun mereka hadir. Saking merasa deket dengan sang idola, mereka sampai menyapa Isyana akrab kayak teman sendiri.

4. Raisa

©Genmuda.com/2016 TIM.
Raisa menarik suaranya di peluncuran ‘Your Raisa Phone.” (©Genmuda.com/2016 TIM).

Sebelas-dua belas sama Isyana, fans berat Raisa pun kayak gitu. Tiap Raisa nampil, di situ ada Raisanation. Seolah-olah mereka terus membuntuti penyanyi yang kini juga jadi produser Juni Studio itu.

5. Sheila On 7

(©Genmuda.com/2016 TIM)
Sheila On 7 kemudian naik panggung WTF Stage setelah pengunjung puas cuci mata di fashion show. (©Genmuda.com/2016 TIM)

Cabut dari Sony Music bukan masalah bagi Sheila On 7. Soalnya, para fans tetep setia menemani, berteriak, dan berjingkrak bareng Duta cs di manapun panggungnya. Bahkan saat diguyur hujan pun Sheila Ganks tetep semangat.

6. Dewa

via okezone.com
Ari Lasso (kiri) dan Once (kanan) satu panggung. (Sumber: okezone.com)

Mau penyanyinya Once atau Ari Lasso, panggung Dewa/Dewa 19 pasti ramai dengan para fans Ahmad Dhani. LOH! Canda, canda. Para Baladewa yang selalu nyanyi bareng salah satu band legendaris ini dateng buat ngeliat pamer skill-nya anak-anak Dewa/Dewa 19, kok.

7. Slank

via moral-politik.com
(Sumber: moral-politik.com)

Siapapun artis yang naik panggung, bendera Slank pasti dikibarkan penonton. Itu tanda kalo para Slankers ada di mana-mana. Saat Kaka cs. naik panggung, semuanya ngumpul dan berpesta diiringi alunan musik rock dan sentilan-sentilan politik.

8. Iwan Fals

Namun demikian, gak ada yang ngalahin Iwan Fals soal sentil-menyentil urusan politik. Lagu-lagu bernuansa kritik (kadang ada lagu cinta juga) musisi senior ini bisa diterima lintas generasi. Fans yang membawa bendera OI, sebutan untuk fanbase Oom Iwan, pun selalu ramaikan panggungnya.

9. Nella Kharisma

Liat YouTube aja. Penonton video “Jaran Goyang” Nella Kharisma tembus angka 100 juta. Penonton panggungnya segitu banyak sampai pernah menimbulkan pergesekan di antara mereka.

10. Via Vallen

via: Instagram
(Sumber: Instagram)

Setelah lihat YouTubenya Nella Kharisma, lihat Instagramnya Via Vallen. Di situ ada foto doi bersama kerumunan fans yang menggila berfoto sama idola panggungnya. Panggung Via Vallen di festival kampung pun ramai penontonnya.

Kalo Kawan Muda punya daftar musisi yang punya fanbase banyak, langsung aja tulis komentar di bawah ini. Jadi, siapa nih musisi favorit kamu? (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.