Senin, 20 Januari 2020

Genmuda – Tepat pada hari Selasa (28/6) pukul 14.00 WIB, hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016 akan segera diumumkan. Panitia SBMPTN 2016 mencatat, terdapat 98 ribu peserta yang akan lolos jalur tulis PTN dari total 721.314 peserta.

Jumlah peserta yang diterima itu nanti akan mengisi jumlah kursi yang tersedia di 78 PTN di seluruh Indonesia. FYI, berdasarakan situs resmi SBMPTN, pada tahun ini jumlah peserta yang mendaftar mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan tahun 2015, yaitu dengan 693.185 peserta.

Di tahun ini tesnya sendiri engga cuma menggunakan metode tulis kertas, para perserta juga bakal dimudahin dengan adanya sistem Computer Based Test atau (CBT). Kalo kamu mau tau hasilnya, kamu bisa langsung cek di situs resmi pengumuman SBMPTN. Jika mengalami kesulitan, ada juga kok situs dari 12 PTN yang bisa kamu akses untuk melihat hasilnya, antara lain:

  1. http://sbmptn.itb.ac.id
  2. http://sbmptn.unsyiah.ac.id
  3. http://sbmptn.undip.ac.id
  4. http://sbmptn.unand.ac.id
  5. http://sbmptn.ugm.ac.id
  6. http://sbmptn.unsri.ac.id
  7. http://sbmptn.its.ac.id
  8. http://sbmptn.ui.ac.id
  9. http://sbmptn.unair.ac.id
  10. http://sbmptn.ipb.ac.id
  11. http://sbmptn.untan.ac.id
  12. http://sbmptn.unhas.ac.id

Selanjutnya jika Kawan Muda dinyatakan lolos, kamu wajib mempersiapkan diri ke tahap selanjutnya, mulai dari daftar ulang secara online, registrasi ke PTN yang menerima, dan menjalani berbagai tes syarat sesuai fakultas yang dipilih, seperti tes kesehatan atau tes keterampilan. Terakhir, pastiin juga buat cari tau jadwal registrasi tersebut sesuai dengan PTN yang menerima kamu.

Kalo udah lulus SMBPTN jangan lupa ceritain ke Genmuda.com ya, gud lak gaes!

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.