Sabtu, 26 September 2020

Genmuda – Prestasi ‘Finding Dory’ di box office ternyata masih terus ngelambung, Kawan Muda. Film petualangan komedi animasi tersebut udah berhasil ngedudukin puncak box office dua minggu berturut-turut loh.

‘Finding Dory’ sukses mecahin rekor sebagai film Disney dan Pixar dengan pendapatan weekend pertama terbesar di berbagai negara di seluruh dunia. Di Amerika Serikat, film itu pun sukses nyabet rekor sebagai film animasi terlaris dengan penghasilan 136,2 juta dolar di minggu perdana penayangannya.

Nah, masuk ke minggu kedua, ‘Finding Dory’ masih sukses berada di posisi pertama box office dengan perolehan 73,2 juta dolar, disusul ‘Independence Day: Resurgence’ dengan perolehan 41,6 juta dolar. Bahkan, film tersebut udah jadi film terlaris keenam di 2016 setelah 10 hari dengan total pemasukan 285,6 juta dolar, 100 juta dolar lebih sedikit dari total pemasukan final film pertamanya ‘Finding Nemo’.

Well, sebenarnya engga heran juga sih kalo ‘Finding Dory’ sampai bisa sebegitu bersinarnya di box office. Selain udah dinanti sampai 13 tahun, ada pula beragam faktor lainnya yang bikin salah satu film terbesar karya Pixar Studios itu bisa sampai narik perhatian banyak orang dan sukses di box office. Berikut ini adalah 5 dari sekian banyak alasan di antaranya:

1. Animasi penuh detail

Dibandingin dengan ‘Finding Nemo’, animasi ‘Finding Dory’ jelas udah nunjukin perkembangan yang jauh lebih signifikan. Apalagi kali ini Andrew Stanton selaku sutradara pengen lebih fokus ke kisah para ikan, otomatis kamu juga disuguhin dengan lebih banyak pemandangan laut. Kamu mungkin bakal serasa kayak benar-benar lagi berada di posisi Dory saking mendetailnya animasi yang ditampilin di film itu.

2. Karakter-karakter lucu

Selain bisa ngelihat Dory dan versi ciliknya yang super duper ngegemesin, di ‘Finding Dory’ kamu juga bisa ngelihat kehadiran sejumlah karakter lama maupun baru yang engga kalah lucu. Sebut aja Marlin dan Nemo, Mr. Ray, Crush dan Squirt, Jenny dan Charlie, Hank, Destiny, Bailey, serta Fluke dan Rudder. Di sepanjang cerita, seluruh karakter itu pun punya peran yang sama-sama penting dengan kelebihan maupun kekurangan mereka masing-masing. Engga ada mereka ‘Finding Dory’ engga rame deh!

3. Pengisi suara keren

Totalitas Ellen DeGeneres sebagai pengisi suara Dory bisa dibilang udah engga perlu diraguin lagi. Dengan kesehariannya yang emang udah jenaka, Ellen mampu ngehidupin Dory dan ngasih kesan tersendiri buat karakter ikan blue tang tersebut. Bahkan, kalau yang ngisi suara Dory ternyata bukan Ellen, mungkin karakter Dory engga bakal sama nyenenginnya kayak yang kita tahu sekarang ini.

4. Jalan cerita mudah dipahami

Sama kayak ‘Finding Nemo’, ‘Finding Dory’ pada dasarnya juga berkisah tentang pertemuan anggota keluarga yang terpisah. Kisah dengan tema keluarga semacam itu umumnya memang mudah dipahami, baik oleh penonton anak-anak maupun dewasa. Walau ‘Finding Dory’ nampilin banyak flashback, itu masih bisa dimaklumi karena emang dibutuhin buat nguatin jalan cerita dan kesan emosionalnya.

5. Pesan hidup penuh makna

Ngangkat karakter pendukung di film terdahulu jadi karakter utama di film yang sekarang tentu bukanlah hal yang mudah. Apalagi Dory digambarin sebagai karakter yang punya kekurangan dalam hal ingatan, itu jelas bakal jadi tantangan tersendiri. Meski begitu, Stanton dan timnya berhasil ngubah kekurangan Dory jadi sesuatu yang bisa dirayain dan tetap dibanggain. Hal yang sama bisa dilihat pula pada beberapa karakter lainnya, kayak misalnya Hank, Destiny, dan Bailey. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer