Kamis, 22 Agustus 2019

Genmuda – Guru Bimbingan Konseling (BK) biasanya berurusan sama murid-murid bermasalah. Engga heran kalo anak-anak sekolah taunya guru BK cuma bertugas menangani anak bandel doang. Padahal bukan cuma itu doang Kawan Muda.

Lain dari guru lain yang ngasih ilmu pengetahuan akademik (hardskill), guru BK punya tugas supaya murid-murid bisa ngembangin dirinya sendiri (softskill). Harapannya sih engga muluk-muluk yaitu biar murid yang dibimbing bisa nemuin bakat dan minatnya, sehingga doi bisa ngembangin potensi diri sendiri.

Sebenarnya tiap murid sah-sah aja buat ngatur jadwal ‘curhat’ ke guru BK. Bahkan guru BK bisa jadi teman curhat yang paling tepat buat anak-anak SMA. Terus apa aja sih yang bisa kamu ceritain ke mereka? Ini beberapa contoh kasusnya:

1. Kalo lagi ada masalah di rumah

via tenor.co

Kondisi rumah lagi engga karuan karena bonyok bertengkar? Semua orang bisa ngalamin hal seperti itu. Curhat ke temen sendiri malah engga ada solusi atau malu? Engga ada salahnya kamu ceritain masalah yang kamu hadapi ke guru BK. Sebagai orangtua di sekolah otomatis mereka berusaha menjadi pihak yang netral dan sebisa mungkin melindungi kamu supaya tetap bisa fokus belajar.

2. Mendadak galau dan kehilangan arah

Perubahan hormon di masa remaja kadang bikin emosi naik-turun. Anak muda di usia belasan juga bisa ngerasa depresi sendiri dan bingung sama masa depannya. Klise emang, tapi lagi-lagi guru BK selalu membuka pintu buat kamu yang lagi galau kayak gitu.

3. Punya masalah percintaan? Ngadu aja. Selaw

idiva.com

Serius. Tugas guru BK juga memastikan pendidikan tiap peserta didik berjalan lancar, tanpa gangguan. Bagi anak SMA cinta bisa jadi masalah yang ganggu semangat belajar dan ‘bikin kendor’ prestasi. Kalo udah curhat sama guru BK, siapa tau nanti dicariin pengganti doi yang jauh lebih kece. *ngarep

4. Konsultasi jurusan kuliah

Jangan kira guru BK engga punya catetan tentang murid-muridnya. Justru dokumen-dokumen guru BK tuh dipenuhi informasi soal muridnya. Mereka punya rekam jejak nilai-nilai murid, dan tentunya tau jurusan kuliah yang terbaik buat muridnya. Tapi inget, mereka boleh aja nyaranin, namun semua keputusan ada di tangan kamu.

5. Punya masalah sama temen

Boong banget kalo kamu engga pernah berantem sama temen di SMA. Ketika perkelahian sama teman di sekolah engga bisa diselesaikan sesama temen, guru, atau bahkan wali kelas, guru BK lah yang punya jurus jitu menyelesaikan kasus kayak gitu.

6. Sulit nyari temen

via giphy.com

Berdasarkan Pedoman Pelaksanaan Tugas Guru dan Pengawas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) 2009, guru BK bertugas bantuin murid-murid yang sulit beradaptasi di lingkungan sekolah. Berhubung susah nyari temen adalah salah satu dampak gagal adaptasi, curhat langsung aja ke guru BK.

7. Pengen pindah sekolah

Sebelum surat pernyataan pindah ditandatangai kepala sekolah, sebaiknya kamu curhat dulu ke guru BK. Mereka jadi pihak yang bakal bantuin kamu menyelesaikan masalah di sekolah. Kalo pindah sekolah udah jadi keputusan final, mereka yang tau sekolah mana yang cocok buat kamu.

FYI, walau keliatan receh tapi setiap guru BK dibekali ilmu psikologi, jadi mereka tau betul cara ngadepin murid yang kelakuannya beraneka ragam. Jadi jangan ragu buat curhat ke guru BK. Kerahasiaan terjamin kok. He-he.

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.