Kamis, 15 November 2018

Genmuda – Apple luncurin iOS 12, sistem operasi terbaru mereka untuk iPhone dan iPad, di ajang konferensi WWDC 2018. Seperti biasa, OS baru pasti akan bawa beberapa fitur baru, kira-kira tahun ini iOS bawa perubahan apa aja ya? 

Kali ini Genmuda.com bakal coba bahas beberapa perubahan yang keren dan yang biasa aja di iOS 12.

Eiiits, sebelum ngebahas terlalu jauh, hal yang harus kamu tau terlebih dahulu adalah kompatibilitas dari iOS 12 ini gaes. Apple udah ngumumin bahwa semua device yang ngedukung iOS 11 bakalan bisa upgrade ke iOS 12 yang kemungkinan bakal diluncurin ke semua pengguna secara umum sekitar bulan September nanti.

Artinya beberapa perangkat yang bisa upgrade ke iOS 12 adalah:

  • iPad Pro (10.5), iPad Pro (12.9, 2017)
  • iPad 2017, iPad 2018
  • iPad mini 2, iPad mini 3, iPad mini 4
  • iPhone 5s, iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 6s, iPhone 6s Plus, iPhone SE, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone X
  • iPod touch (sixth generation)

Okeh, kalo kamu udah lihat list di atas dan ternyata gadget kamu masuk di antaranya, kuy lah kita lanjut ke pembahasan selanjutnya!

Fitur Yang Keren….

Performa

Hal terpenting dari update iOS 12 ini adalah performanya gaes. Pada saat presentasi, Craig Federighi mengatakan bahwa di iOS 12, performa iPhone dan iPad akan bertambah secara signifikan sehingga lebih cepat dan responsif.

Contohnya pada iPhone 6s, aplikasi-aplikasi bisa dijalankan 40% lebih cepat, keyboard muncul 50% lebih cepat dan jalanin Kamera dari lockscreen juga meningkat 70% lebih cepat.

Selain ponsel jadul, iPhone yang teranyar pun juga dapet benefit peningkatan performa dari iOS 12 ini. Jadi udah kewajiban kalo kamu kudu upgrade ke iOS 12 biar iPhone kamu (baik jadul ataupun baru) makin lancar.

Augmented Reality

Selayaknya ponsel jaman now, iPhone bakal makin kece karena didukung teknologi baru dari Apple yang disebut ARKit 2. Pada event tersebut, Apple coba demonstrasiin kegunaan aplikasi yang dibuat menggunakan ARKit 2 ini.

Sebagai contoh aplikasi alat pengukur menggunakan kamera dan teknologi Augmented Reality, kamu cukup arahin obyek yang keliatan di kamera iPhone kamu, misalnya meja, cukup taruh titik dari sudut meja yang satu ke sudut yang lainnya, maka kamu bakal bisa ngeliat ukuran panjang ataupun lebar dari meja tersebut langsung dari kamera iPhone kamu. Hasilnya beneran akurat loh gaes!

Selain bisa dipake buat ‘nukang’, kamu juga bisa main game AR bareng pacar lebih seru. Karena sekarang iOS 12 udah ngedukung shared experience, jadi sebuah kondisi Augmented Reality yang sama, bisa dilihat dari beberapa iPhone atau iPad yang berbeda.

Notifications

Buat Kawan Muda yang udah pernah nyobain Android, pasti kerasa banget kalo selama ini notifikasi di iOS agak sedikit ‘bodoh’. Tapi sekarang, kamu bakal dikasih fitur group notification yang bakal ngelompokin notifikasi sesuai dengan aplikasinya, ataupun sesuai dengan konteksnya.

Notifikasi yang sudah dikelompokin itu bisa kamu cek dan dibuang satu per satu, atau bisa pula dihapus per grup tersebut. Tentunya ini ngemudahin kamu buat baca dan nyimpen notifikasi penting, khususnya kalo kamu aktif banget di medsos.

Screen Time

Buat kamu yang ngerasa udah addict banget sama layar hape, ada baiknya nyobain fitur yang satu ini. Apple pengen para pengguna produk mereka bisa punya kontrol yang lebih baik agar hidup di dunia nyata dan digital bisa seimbang.

Contohnya, kamu bisa lihat laporan penggunaan dan kebiasaan apa aja yang kamu lakuin dengan iPhone kamu, misalnya ternyata seharian ini kamu terlalu lama buka Instagram ataupun Facebook sampe lebih dari 6 jam, dari report itu kamu bisa ambil sikap bahwa penggunaan aplikasi tersebut harus dibatasi.

Misal kamu pilih batasan waktu untuk main Instagram cukup 1 jam saja per hari, maka ketika kamu udah sampe ke batasan waktu yang udah ditentukan, kamu bakal dapat peringatan semacam lockscreen bahwa limit untuk main IG pada hari itu sudah habis. Cukup cerdas ye kan.

Messages

Fitur yang paling menonjol di Messages adalah Animoji. Ada beberapa karakter baru seperti Hantu, Koala, Harimau dan T-Rex. Selain mendeteksi mimik wajah, sekarang fitur Animoji juga bisa mendeteksi lidah loh gaes, jadi efek animasinya pun jadi makin seru.

Selain itu ada pula fitur Memoji, yaitu efek Animoji yang bisa kamu buat sendiri sesuai dengan keinginan kamu! Misalnya ngebuat Animoji yang mirip banget dengan wajah kamu. Pilihan pengaturan personalisasinya pun buaanyaak banget gaes, jadi kamu bisa dengan sangat detail edit avatar kamu sampe kamu ngerasa cocok dan puas.

FaceTime

Kalo kamu termasuk orang yang doyan FaceTime bareng temen atau pacar, akhirnya Apple ngeluncurin fitur untuk FaceTime bareng banyak orang sekaligus, dengan jumlah maksimal hingga 32 orang! Selain itu kamu juga bisa iseng pake efek seperti Animoji dan Memoji di grup video call tersebut. Alhasil VideoCall-an jadi makin seru dan beda!

Yang Biasa Aja….

Photos

Fitur pencairan di Photos akhirnya jadi lebih pintar, misalnya kamu bisa coba cari Cat maka nanti bakal muncul foto-foto kucing kamu, ataupun Flower yang bakal munculin foto-foto bunga dari galeri iPhone kamu. Bahkan sekarang kategori yang ada bakal semakin banyak dan kompeks di iOS 12. Tapi sayangnya fitur ini bisa dibilang agak ketinggalan jaman, karena Google Photos di Android udah ngelakuin hal ini jauh lebih dulu ketimbang Apple.

Siri

Emang Siri juga dapet beberapa upgrade seperti fitur Shortcuts. Jadi kamu bisa ngebuat voice command dengan mengaitkan langsung beberapa fungsi spesifik ke aplikasi tertentu itu, contoh kamu buat perintah suara “Go Home” maka kamu bisa masukin daftar susunan seperti:

  1. Buka aplikasi Google Maps, langsung otomatis nyalain GPS dan penunjuk jalan dari lokasi kamu sekarang ke lokasi rumah kamu.
  2. Buka aplikasi Messages, langsung otomatis kirim SMS ke orang terkasih dengan teks yang bisa kamu tentuin sendiri, misalnya “Aku udah otw pulang ke rumah ya darling, nyampe kira-kira pukul xx (terkoneksi) sesuai dengan estimasi yang ada di Google Maps”.

Tapi sayangnya gaes, kalo dibandingin sama beberapa Digital Assistant yang lain, upgrade Siri kali ini masih kurang greget, better luck next time Siri…

Ada pula update yang kurang menonjol lainnya seperti tampilan baru di News, terkoneksinya Apple News ke aplikasi Stocks, tampilan baru Voice Memos, desain dan nama baru Apple Books (dulunya iBooks), dukungan aplikasi navigasi pihak ketiga di CarPlay dan fitur Do Not Disturb (matiin notifikasi semua aplikasi, tanpa harus buat hape kamu dalam mode silent) yang dapet tambahan pengaturan untuk nyalain fitur DND pada jam-jam tertentu, lokasi tertentu ataupun appointment tertentu, misalnya saat jam tidur ataupun pada saat kamu lagi ada acara temu calon mertua di rumahnya.

Kesimpulannya…

Apple udah cukup berbaik hati untuk maksimalin kinerja perangkat baru maupun perangkat jadul dengan tetap ngedukung hardware yang udah support iOS 11 bisa ikutan upgrade ke iOS 12. Semoga pada saat peluncurannya ke pengguna umum nanti, fitur-fitur tersebut di atas bisa lebih stabil dan berjalan dengan mulus.

Seperti biasa iOS makin dipoles dengan menekankan unsur estetika dan tentunya sesuai dengan kebutuhan penggunanya, namun sayangnya di beberapa poin iOS masih sedikit tertinggal jika dibanding Android.

Menurut kamu fitur baru mana yang paling kamu suka dari iOS 12? Kasih jawaban kamu di kolom komentar di bawah ini ya!

 

Sumber: MacWorld UK

Comments

comments

Sari Muda
Tech Enthusiast