Minggu, 19 November 2017
Gaya HidupTeknomotive

6 Fitur Baru iPhone X yang Bikin Ponsel Lain Mendadak Culun

iPhone X (sumber: Apple)

Genmuda – Apple iPhone X (baca: iPhone Ten) diluncurin pada saat Apple Keynote Rabu (13/9) dini hari WIB berbarengan dengan peluncuran produk Apple lainnya seperti Apple iPhone 8, iPhone 8 Plus, Apple Watch Series 3, dan Apple TV 4k. Walaupun produk-produk lainnya juga keren, tapi yang paling mencuri perhatian emang Apple iPhone X.

Seolah sambil merayakan ulang tahun lini iPhone ke 10, iPhone X benar-benar jadi kado yang layak untuk mendiang Steve Jobs, apalagi event ini diadain di bangunan baru milik Apple yang bernama Steve Jobs Theater yang bertempat di Apple Park. Yuk kita liat fitur keren apa aja yang bikin iPhone X ini keren abis!

All-screen design

Walaupun kita udah pernah liat beberapa ponsel lain dengan desain bezel-less atau bingkai tipis, ini kali pertamanya Apple menggunakan desain itu di iPhone mereka. Layar Super Retina OLED Display berukuran 5,8 inci memenuhi bagian depan iPhone X. Bahkan saking niatnya, Apple ngebuang tombol Home yang ikonik itu loh, gaes! Untuk pengoperasiannya, kamu bisa pake gestur untuk navigasi ke tampilan depan layar ataupun untuk multi-tasking ke aplikasi yang udah kamu buka.

Face ID

Dengan Face ID, sekarang buka kunci cukup pake muka aja gaes (sumber: Apple)

Berhubung tombol Home udah musnah, Apple ngeganti sistem otentikasi pengamanan Touch ID dengan sesuatu yang super canggih bernama Face ID. Apple berhasil masang teknologi pemindai wajah yang katanya nih bisa dipake untuk buka iPhone X dalam kondisi cahaya apapun. Bahkan uniknya, kalau misalnya ada yang nyolong iPhone X kamu, doi gak bakal bisa buka kuncinya kecuali doi berhasil maksa kamu untuk menghadap ke iPhone X dengan mata terbuka. So, kalo hape kamu dicolong mending merem aja ya *canda.

Kamera

Konfigurasi kameranya sendiri bener-bener di-upgrade sama Apple, buktinya kamera depan dan belakang sekarang udah make teknologi dual camera, jadi kamu bisa pake fitur portrait lighting yang makin disempurnain di kedua sisi kamera. Untuk kamera belakangnya, meskipun masih memiliki resolusi 12 MP, tapi udah dipasang dual camera yang dilengkapi OIS, pixel yang lebih dalam dan bukaan lensa masing-masing f/1.8 dan f/2.4.

Animoji

Emojinya ngikutin ekspresi muka kamu! (sumber: Apple)

Masih nyangkut ke kamera nih, berhubung kamera depan udah dilengkapi dual camera dan sensor pemindai wajah yang bisa deteksi sekitar 30.000 titik di muka kamu (banyak banget yak), iPhone dilengkapi fitur unik baru bernama Animoji (Animated Emoji). Kamu sekarang bisa pilih emoji sebagai representasi muka kamu, terus kamu bisa ngerekam pesan beserta muka kamu dengan berbagai ekspresi dan kirim ke siapapun melalui iMessage. Hasilnya? Emoji tadi bakal gerak sesuai dengan gerakan dan ekspresi muka kamu loh gaes!

A11 Bionic Chip

Setiap generasi iPhone pasti dilengkapi dengan prosesor baru yang tentunya jauh lebih cepat dan lebih canggih. Tahun ini juga sama, iPhone X menggunakan jeroan canggih dengan nama A11 Bionic Chip. Prosesor yang terdiri dari 6 core ini diklaim 30% lebih cepat dibanding prosesor iPhone 7. Bahkan sekarang kamu bisa mainin game Augmented Reality yang grafiknya keren banget di hape ini.

Wireless Charging

AirPower, wireless charging pad untuk semua produk Apple (sumber: Apple)

Akhirnya setelah sekian lama, Apple mutusin untuk pasang fitur wireless charging di iPhone. Ini juga gak lepas dari desain ponsel mereka yang berubah menjadi penuh kaca dan dipadukan dengan frame stainless steel yang berkualitas tinggi. Kenapa baru sekarang? Karena dulunya desain iPhone (mulai dari iPhone 4 sampe Iphone 7s) selalu dibalut dengan metal dan teknologi wireless charging gak bisa nembus metal dengan baik, mungkin ini juga yang jadi alasan kenapa tahun ini Apple ngubah konsep desainnya. Uniknya lagi, nantinya Apple akan ngejual AirPower yang bisa ngecas beberapa produk Apple sekaligus! Misalnya iPhone X, Apple Watch dan AirPod secara bersamaan.

Dengan fitur unik dan teknologi baru ini, jangan heran kalo iPhone X bakal dijual dengan harga yang sangat tinggi, yaitu $999 atau mungkin kalo udah masuk Indonesia bisa mencapai angka 17 jutaan! Berani beli? (sds)

Comments

comments

Sari Muda
Tech Enthusiast