Minggu, 20 Mei 2018

Genmuda – Bukan MCU namanya kalo gak nampilin sesuatu yang baru setiap tahunnya. Setelah sukses lewat film “Infinity War”, Bos Marvel Studios, Kevin Feige, ngebocorin ke BBC (12/5), jika mereka tengah menyiapkan film superhero muslim pertama MCU, Ms. Marvel.

Walau belum membahas secara gamblang soal film tersebut, Feige memberikan pernyataan jika “Ms. Marvel” akan diperkenalkan kepada penonton setelah penggarapan film idola Ms. Marvel, yaitu “Captain Marvel” dirilis tahun depan.

“Ms. Marvel adalah karakter lain dalam buku komik, superhero Muslim yang terinspirasi oleh Captain Marvel. Kami berencana menggarapnya setelah memperkenalkan Captain Marvel.” ujar Feige.

Barang kali Kawan Muda belum tau, sekarang Genmuda.com bakal kasih tau kamu lebih banyak terkait superhero Marvel yang memulai debut di tahun 2013 itu. Yuk, baca artikel ini sampe selesai:

Ms. Marvel ada dua komik berbeda, tapi masih ada kaitannya

via: Getty Images
Sana Amnat (Sumber: Alberto E. Rodriguez/Getty Images)

Ms. Marvel sejatinya adalah seorang remaja muslim Pakistan-Amerika bernama Kamala Khan. Doi tinggal di Kota Jersey dan sangat menyukai cerita komik superhero, terutama Carol Danvers alias Captain Marvel, yang menjadi idola utamanya.

Identitas Miss Marvel sebenernya udah lebih dulu digunakan oleh Carol dalam komik pertamannya tahun 1977. Tapi identitas itu ditinggalkan setelah Carol mendapatkan mantel Captain Marvel. Nah, dari situlah baru muncul komik Ms. Marvel versi Kahn tahun 2013. Walau berbeda, secara garis besar beberapa cerita Ms. Marvel masih berkaitan dengan Captain Marvel.

Memperkenalkan peyebaran penduduk Muslim Amerika

via: Marvel
(Sumber: Marvel)

Bukan tanpa alasan kenapa Ms. Marvel menjadi seorang superhero Muslim pertama di komik Marvel. Menurut penciptanya, Sana Amnat, doi ingin membuat karakter yang dapat menjelajahi peyebaran penduduk Muslim Amerika dari sudut pandang realita di sana.

Terkait soal keyakinan Khan superhero, Amnat dan penulisnya, G. Willow Wilson, telah menekankan bahwa mereka gak mau seri Ms. Marvel dianggap sebuah cerita Islami, namun justru dapat menghubungkan semua pembaca tanpa batasan keyakinan atau pengalam hidup si tokoh utama.

FYI, komik pertama Ms. Marvel berhasil menyabet penghargaan Hugo Award untuk Best Graphic Story tahun 2015 dan mendapatkan pujian dari Presiden Barack Obama di tahun 2016 atas gambaran positif terhadap Muslim Amerika.

Ms. Marvel udah punya serial adaptasi lebih banyak ketimbang Captain Marvel

via: Getty Images
(Sumber: Istimewa)

Captain Marvel boleh aja diklaim sebagai superhero paling kuat di MCU, namun dalam segi adaptasi bisnis, Ms. Marvel justru udah banyak diadaptasi ke berbagai media. Mulai dari serial animasi di AS hingga Video Games.

Kekuatannya lebih bervariasi

via: Marvel
(Sumber: Marvel)

Kekuatan super Kahn dapatkan setelah mengalami kecelakaan ketika ada bencana di kota tempatnya tinggal. (Premis klasik cerita komik superhero, deh).

Dari situlah Ms. Marvel punya kemampuan untuk mengubah ukuran dan bentuk tubuhnya, entah itu menjadi lebih besar, kecil, hingga memanjang. Doi juga dapat memulihkan dirinya sendiri layaknya Wolverine sekaligus menyembuhkan orang lain.

Superhero paling muda di Avengers

via: Marvel
(Sumber: Marvel)

Di MCU ada sosok Peter Parker sebagai superhero paling muda di geng Avengers, tapi dengan kehadiran Ms. Marvel, bisa aja posisi si Spider-Man tergeser. Dalam cerita komik, doi tercatat sebagai superhero paling muda dan bergabung dengan Iron Man, Thor, Vision, dan Captain Amerika pada peristiwa “Secret Wars”. Setelah cerita “Civil Wars II” Ms. Marvel kemudian memutuskan untuk keluar dan membuat kubu superhero sendiri bernama The Champions. Isinya jelas anak muda semua, gengs.

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.