Senin, 14 Oktober 2019

Genmuda – Di tengah kehidupan sebagai jomblo, sebagian orang biasanya suka ngerasa kayak engga bisa nemuin kebahagiaannya sendiri. Padahal, kebahagiaan itu tetap bisa kamu peroleh meskipun kamu masih belum nemuin pasangan yang tepat kok, Kawan Muda.

Ngejalanin kehidupan sebagai jomblo bisa dibilang susah-susah gampang. Apalagi dengan banyaknya pasangan-pasangan yang kelihatannya bahagia yang bertebaran di sekeliling kamu, wajar aja kalo ada kalanya kamu bakal jadi suka lupa kayak gimana sesungguhnya serunya kehidupan jomblo.

Nah, buat kamu yang udah mulai bertanya-tanya kenapa kamu masih jomblo aja dan sampai ngeratapin nasib segala, yuk kembaliin lagi semangat kamu, Kawan Muda. Mumpung lagi libur, mending kamu ingat-ingat lagi gimana beruntungnya kamu bisa lebih fokus sama diri kamu sendiri lewat 10 film ini:

1. ‘Amélie’ (2001)

Patah hati dan ngutamain kebahagiaan orang lain boleh aja, tapi jangan sampai ngelupain kebahagiaan sendiri. Film komedi romantis ini berkisah tentang Amélie Poulain (Audrey Tautou), seorang pelayan pemalu yang nolak buat kembali ngejalin cinta karena beberapa kali dikecewain. Hingga suatu kali, doi bertekat buat ngebantu orang lain nemuin kebahagiaannya, sambil berjuang dengan keterasingan yang dialaminya. Film ini cocok banget buat kamu yang pengen move on dan mulai kehidupan baru.

2. ‘Legally Blonde’ (2001)

Calling all the single ladies nih, Kawan Muda! Dicampakin gitu aja emang nyebelin. Namun demikian, setelah itu kamu bisa belajar buat ngelewatin masa-masa sulit abis putus sekaligus berjuang buat jadi seorang cewek yang kuat, mandiri, dan juga sukses. Hal tersebut udah dibuktiin oleh tokoh Elle Woods (Reese Witherspoon) dalam film ini. Doi ngotot masuk sekolah hukum demi bisa balikan sama mantannya, tapi akhirnya justru jadi dapat banyak pengalaman berharga buat dirinya.

3. ‘Love Actually’ (2003)

Nyeritain kisah cinta dari beragam aspek dan sudut pandang sejumlah orang-orang yang berbeda, ujung-ujungnya kisah dalam film ini masih punya keterkaitan satu sama lain. Terlepas dari itu, engga peduli kamu jomblo atau engga, dari film ini sebetulnya kamu bisa belajar banyak tentang berbagai penilaian terkait cinta dan hubungan asmara. Mulai dari bapak yang bantuin anaknya buat ngedeketin teman sekelasnya sampai seorang pria yang suka sama istri temannya, semua bisa kamu temuin di film ini.

4. ‘Jomblo’ (2006)

Dari dalam negeri, ada pula film yang engga kalah seru buat kamu tonton, yaitu ‘Jomblo’. Film ini berkisah tentang empat orang sahabat yang lagi berusaha buat nyari cinta. Lewat film ini, kamu bakal diajak buat nelusurin kayak gimana lika-liku para cowok tersebut buat nyikapin cinta lewat sudut pandang mereka masing-masing. Konyolnya dapet, seriusnya juga dapet.

5. ‘Forgetting Sarah Marshall’ (2008)

Ngelupain mantan emang engga mudah, tapi engga perlu dipaksain juga. Kayak di film ini misalnya, abis putus dari pacarnya, Sarah Marshall (Kristen Bell), Peter Bretter (Jason Segel) sempat down dan milih buat liburan ke Hawaii supaya bisa cepat move on. Sialnya, sang mantan dan pacar barunya ternyata juga liburan di tempat yang sama. Walau demikian, seiring berjalannya waktu doi lalu sadar kalo hubungannya dengan mantannya dulu sebenarnya engga sehebat yang doi kira.

6. ‘(500) Days of Summer’ (2009)

Kisah cinta film yang satu ini sebenarnya cukup epik, tapi sayangnya juga tragis. Di sepanjang film, kamu bakal ngelihat gimana Tom (Joseph Gordon-Levitt) yang super duper romantis berusaha buat ngejalin hubungan dengan teman kantornya Summer (Zooey Deschanel) dan akhirnya gagal. Doi lantas ngerenungin lagi hari-harinya bareng Summer buat nyari tau apa yang salah. Di saat yang bersamaan, doi pun justru nemuin passion-nya. Bisa jadi motivasi nih buat kamu yang abis ditolak cintanya.

7. ‘Tracks’ (2013)

Mungkin engga semua orang tau kalo pemeran Alice, Mia Wasikoswka pernah terlibat di film yang diangkat dari kisah nyata berjudul ‘Tracks’. Di film ini, doi berperan sebagai Robyn Davidson, yang ngejelajahin padang gurun Australia cuma dengan ditemani seekor anjing dan empat ekor unta demi menuhin keinginannya buat menyendiri. Kisah solo traveler kayak gini pasti menarik deh buat ditonton sama kamu yang jomblo.

8. ‘Wild’ (2014)

Film ini pada dasarnya engga jauh beda dari ‘Tracks’. Secara khusus, film ini ngisahin tentang upaya keluar dari zona nyaman buat ngerenungin sekaligus nata ulang kehidupan. Di film ini, Cheryl Strayed (Reese Witherspoon) sang tokoh utama mutusin buat nempuh pendakian Pacific Crest Trail sepanjang 1.770 km walau dirinya engga punya pengalaman di alam terbuka. Dengan demikian, kalo kamu pengen nyari jati diri, mending tonton film ini dulu aja.

9. ‘My Man Is a Loser’ (2014)

Bersyukur buat kamu yang masih jomblo, kamu engga perlu ribet mikirin soal masalah pacaran, bahkan pernikahan. Meski begitu, ada kalanya malah kamu yang bakal dimintain saran seputar hubungan. Buktinya, di film ini dua pria yang udah nikah sampai minta bantuan ke seorang teman jomblo playboy segala buat ngebantu mereka ngehidupin kembali pernikahan mereka masing-masing.

10. ‘How to be Single’ (2016)

Udah pacaran lama terus break atau putus, wajar aja kalo kamu lupa gimana rasanya jadi jomblo. Oleh karena itu, biar kamu engga kaget dan bisa langsung nyesuain diri, coba deh kamu tonton film ini. Di film ini, kamu bisa ngelihat gimana Rebel Wilson (yang berperan sebagai Robin) ngajarin Dakota Johnson (yang berperan sebagai Alice) buat kembali ngejalanin gaya hidup jomblo dan ngewujudin mimpi yang udah lama dimilikinya. Selamat nonton, Kawan Muda!

BONUS:

‘Single’

Tadi ada ‘Jomblo’, sekarang ada ‘Single’. Film Raditya Dika ini ngisahin tentang tokoh Ebi, yang dari lahir sama sekali belum pernah pacaran dan bahkan disalip adiknya nikah duluan. Menariknya, dalam upayanya buat ngelepas status ‘single‘, doi lantas jadi lebih tau soal apa yang sesungguhnya doi butuhin di hidupnya, bukan sekedar apa yang doi pengen doang. So, santai aja, jodoh pasti bertemu! (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer