Selasa, 26 September 2017
Kekinian

Bisnis Dua Sahabat yang Mau Ngebagiin Kejutan dan Memori Lewat ‘Card_To’

via: InstagramFounder Card_To, Treza dan Dara (Sumber: Dok. Card_To)

Genmuda – Masuk era milenial hampir semua informasi dan peluang bisa Kawan Muda temuin di internet. Mau cari yang lucu-lucu ada. Atau mau cari yang ganteng dan cantik? Ada! Pokoknya semua ada di internet, pun dalam ciptain bisnis lewat passion kamu.

Dari sekian banyak Kawan Muda yang udah pernah Genmuda.com temu, ada satu cerita menarik dari dua orang pendiri ‘Card_To’, yaitu Dara dan Treza. Kedua sahabat ini pun sengaja memilih bisnis pop up card karena kebiasaan mereka waktu kecil yaitu saling memberikan kado saat ulang tahun.

Kepada Genmuda.com Dara bilang kalo doi dan Treza suka banget sama surprise dan memori, “Ceritanya karena kita sahabat dari kecil dan setiap ulang tahun pasti ngasih kado. Nah, lama-lama mulai ngerasa kayaknya sesuatu yang bisa dibuat ‘custom’ kok kayaknya punya sesuatu yang memorable ya, dibanding benda pakai yang cuma bisa dipake jangka waktu tertentu.”

via: Instagram
(Sumber: Dok. Card_To)

“Kalo soal kenapa pop up card, karena kita berdua suka banget sama yang berbau surprise, dan pop up card punya berbagai elemen yang kita suka (termasuk surprise serta memorable) Dan yang paling penting do-able, jadi bisa dibuat sama siapa aja selama mau (usaha).” tambah Dara.

Selain aktif berkarya, bisnis yang mulai dirintis sejak tahun 2012 ini juga udah sering ngadain sharing workshop buat Kawan Muda yang tertarik dalam satu terakhir. Bahkan dua sahabat ini boleh dibilang pasangan ‘klop’ saat menjalankan Card_To. Soalnya keduanya punya background ilmu berbeda yang justru saling melengkapi satu sama lain.

“Treza yang seorang graphic designer dan Saya lulusan advertising. Simple-nya Treza yang urusin segala sesuatu yang berurusan dengan materi kreatifnya, sedangkan saya lebih urusin soal marketing & medsosnya. Tapi, pastinya kita berdua harus sama-sama bantuin kalo salah satunya lagi butuh bantuan.” terang Dara.

Kendati dijalanin sama dua kepala, Dara pun bilang ke Genmuda.com bahwa perlu adanya rasa saling percaya kepada partner bisnis, dan tetap berusaha profesional. Jadi jangan dicampur aduk urusan bisnis sama pertemanan.

©Genmuda.com/2016 TIM
DIY Class baregan Card_To di BTW Project ©Genmuda.com/2016 TIM

Empat tahun berada di bisnis kreatif, kedua sahabat ini pun ngaku engga punya trik yang gimana-gimana banget, mereka cuma terus berusaha menghasilkan karya baru (dari segi bahan dan desain). Ditambah lagi dengan fungsi pop up card yang ‘surprise dan memorable’ justru terus melahirkan produk-produk baru dan berbeda dari sebelumnya.

Card_To sendiri sangat ngutamain kualitas dalam produk yang mereka tawarin. “We always do our best to deliver a great quality result, not quantity. Kita engga ragu buat tolak customer yang mau pesen tapi dalam keadaan yang gak memungkinkan, dibanding hasilnya kurang memuaskan.” jelas Dara saat ditanyai keistimewaan produk mereka.

Dan yang engga kalah penting, karena bisnis ini dibuat atas kesukaan Treza dan Dara, bisa dibilang mereka engga telalu banyak nemuin kendala yang berarti. Nah, buat Kawan Muda yang mau memulai bisnis kreatif kayak Card_To, Dara punya tips ciamik loh.

“Langsung mulai, jangan pikirin kendalanya terus. Sometimes, experience is the greatest teacher for us. Just start, guys!” pungkas Dara.

Gimana? Tertarik lebih dalam sama Card_To? Langsung aja kepoin Instagram mereka. FYI, menyambut tahun baru 2017 kedua sahabat ini juga berencana bikin produk yang bisa buat masal, tapi tetap engga pasaran. Ntap!

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.