Rabu, 1 April 2020

Genmuda – Dalam ilmu pengetahuan darah manusia terbuat dari beberapa elemen dengan sifat antigen yang menjadi pembedanya. Perbedaan ini kemudian menghasilkan empat golongan darah seperti yang kita kenal sekarang.

Di Jepang, seorang profesor bernama Tokeji Furukawa mempublikasikan sebuah hasil penelitiannya terkait golongan darah merefleksikan kepribadian pemiliknya. Sejak saat itu pun kategori golongan darah dan hubungannya dengan kepribadian diberi nama ‘ketsueki-gata‘.

Berawal dari penelitian Pak Furukawa, sekarang banyak akun media sosial yang membagikan hubungan golongan darah dengan kepribadian bahkan sudah diterbitkan dalam bentuk buku. Namun terlepas dari itu semua, sampai sekarang belum ada pernyataan pasti yang membuktikan bahwa ada hubungan antara golongan darah dan kepribadian seseorang.

Kalo pun ada, mungkin baru sebatas mengenai pola kesehatan golongan darah. Pada pertengahan abad ke-20, para peneliti baru menemukan hubungan antara golongan darah dan penyakit yang biasanya diderita oleh pemilik golongan darah tersebut.

Nah, di balik perdebatan antara ‘ketsueki-gata’ dan sains, kali ini Genmuda.com bakalan ngerangkum kedua hal tersebut. Percaya gak percaya, pantau aja dulu ulasan di bawah ini:

 

  1. Golongan Darah A

Kalo kamu punya golongan darah A kamu bisa mendonor darah buat tipe A dan AB. Golongan darah ini punya 20% kemungkinan lebih tinggi terkena kanker perut dibanding golongan darah O dan B, dan 5% lebih tinggi terkena penyakit jantung dibanding golongan darah O. Jadi hati-hati ya buat Kawan Muda bergolongan darah A.

Berdasarkan ‘ketsueki-gata’, orang dengan golongan darah A dikaitkan dengan sifat kreatif, baperan, sabar, dan bertanggung jawab. Meski demikian si golongan A sering banget di cap sebagai orang keras kepala.

  1. Golongan Darah B

Kawan Muda yang bergolongan darah B bisa mendonarkan darahnya untuk tipe B dan AB. Studi dari Harvard University menunjukan bahwa cewek dengan tipe AB atau B memiliki kemungkinan lebih besar terkena kanker rahim. Kabar baiknya, tipe B punya 50.000 bakteri yang baik untuk tubuh dibanding tipe A dan O.

Kata ‘ketsueki-gata’, golongan darah B memiliki sifat egois, tidak bertanggung jawab, dan kurang bisa memaafkan orang lain apalagi yang bikin kamu sakit hati. (Beuh! Anaknya dendaman banget ya) Tapi nih, kalo kamu suka sama orang kreatif sama passion mereka dan suka sama alam terbuka, maka tipe golongan darah B adalah pilihan tepat.

  1. Golongan Darah AB

Orang dengan golongan darah AB ditemukan 23% terkena penyakit jantung dibanding tipe O. Salah satu penelitian mencengangkan yang udah dipublikasikan jurnal Neurologi menemukan bahwa 82% tipe AB memiliki kesulitan kognitif seperti ingatan memori, bahasa, dan perhatian dibanding golongan darah lainnya.

Dalam hal ‘ketsueki-gata’, Kawan Muda yang bertipe AB sering banget lupa dan kurang bertanggung jawab atas tindakan yang mereka lakukan. Untungnya, mereka termasuk orang yang santai, rasional, dan mampu beradaptasi dengan baik.

  1. Golongan Darah O

Golongan darah O bersifat universal alias bisa mendonorkan darahnya kepada tipe darah mana pun. Menurut penelitan, golongan darah O memiliki risiko yang lebih tinggi terjangkit kolera. Namun mereka memiliki risiko yang relatif rendah untuk terjangkit kanker pankreas dan malaria dibanding golongan darah lainnya.

Menurut ‘ketsueki-gata’, orang-orang bergolongan darah O gampang banget emosian, ditambah mereka doyan banget kerja sampe lupa atas kesehatan mereka. Kendati demikian sisi positifnya, mereka gampang banget buat bersosialisai serta punya rasa percaya diri dan intuisi yang tinggi.

Well, sebagaimana dijelasin di atas, ‘ketsueki-gata’ lebih dianggap sebagai salah satu bagian dari kulutur di Jepang. Meski belum diakuin secara universal dan ilmiah, anggap aja ini kayak ramalan bintang. Ambil aja baik-baiknya dulu, gimana setuju? Jangan lupa dikomentarin ya. (sds)

Comments

comments

Wisnu
An average joe lives in the value of curiosity/orang biasa tukang kepo.