Senin, 11 Desember 2017
Gaya HidupTeknomotive

Akun Instagram Kamu Kena Hack? Jangan Panik, Ini 5 Hal yang Harus Kamu Lakuin

©Genmuda.com/2017 TIM©Genmuda.com/2017 TIM

Genmuda – Siapa sih yang enggak tau Instagram? Media sosial yang lagi happening ini sering banget bikin kuota internet abis gara-gara kepoin foto-foto orang lain. Ngaku deh! Selain jadi ajang eksis, IG juga bisa dipake buat cari uang, mulai dari jualan barang sampe jadi selebgram.

Tapi di balik keseruannya, Instagram juga jadi target utama para hacker yang gak bertanggung jawab loh! Sebelum kamu kehilangan akses sepenuhnya, Genmuda mau kasih beberapa langkah yang harus dilakukan pas akun Instagram kamu dihack, simak kuy!

1. Ubah kata sandi

Buat kamu yang ngerasa dihack, tapi kamu masih bisa akses akun IG kamu, engga ada salahnya ganti password. Ini adalah salah satu cara mencegah sang hacker untuk ambil alih akun kamu. Caranya mudah, cukup buka profil Instagram kamu, pilih opsi, lalu Atur Ulang Kata Sandi.

Nanti Instagram bakal kirim petunjuk untuk ubah password ke email yang terhubung dengan akun IG kamu. Usahakan jangan pake password dengan tanggal lahir kamu ya, coba aja kombinasi huruf dan angka yang agak sulit misalnya P4ssWo12d_Gu3!

Alay dikit gapapa kok, biar hackernya pusing.

2. Batalkan akses pihak ketiga

Buat kamu yang mungkin pernah nyoba aplikasi di internet sana yang janjiin follower kamu bertambah dalam hitungan hari atau aplikasi lain yang pake data-data instagram kamu buat login, ada baiknya kamu cek izin akses ke pihak ketiga sebelum terlambat!

Cukup login dulu akun instagram kamu lewat browser (Chrome, Safari atau Microsoft Edge), lalu akses link https://www.instagram.com/accounts/manage_access/ dan cabut akses aplikasi-aplikasi yang enggak dikenal.

Karena biasanya dari sinilah celah untuk para hacker manfaatin akun kamu buat hal-hal yang kurang bertanggung jawab, misalnya nyebar postingan fitnah atau bahkan jadi bom likers atau followers secara otomatis. Emang mau citra kamu tercoreng kayak kertas ujian? *canda

3. Nyalakan autentikasi dua faktor

Jalo dua langkah di atas udah kamu lakuin, ada baiknya kamu coba aktifin autentikasi dua faktor. Kamu harus pastiin email dan nomer hape yang kamu pake bener-bener secured dan enggak bisa sembarangan diakses oleh orang lain, khususnya mantan.

Caranya cukup masuk ke pengaturan, nyalain Autentikasi Dua Faktor, input data yang diminta sama Instagram dan voilà! Sekarang ketika login kamu bakal dimintain kode akses yang bakal dikirim ke nomer ponsel kamu. Kalo kamu kehilangan nomer hape (misalnya hape dicolong), kamu bisa coba simpen kode cadangan secara manual. Intinya sih repot dikit engga masalah, yang penting tetap aman gaes.

4. Minta bantuan Instagram!

Kamu bisa lakuin ini kalo kamu benar-benar udah enggak bisa akses akun kamu lagi (bisa karena kena hack atau karena kamu udah mulai pikun). Ketika di laman login, kamu bisa klik Dapatkan bantuan untuk masuk, lalu coba input salah satu data yang kamu inget banget.

Pilih antara nomer hape, email atau nama pengguna. Contoh kamu cuma ingat nama penggunanya aja, cukup masukin namapenggunatanpaspasi. Engga usah pake embel-embel @ ya! Kalo berhasil kamu bakal bisa ngeliat foto profil kamu dan nama penggunanya. Tinggal pilih, kamu mau login lewat mana. Bisa minta kirimin kode akses lewat email, SMS ataupun bisa coba login dengan Facebook (kalo kamu udah sinkronkan akun IG kamu dengan FB).

Kalo ternyata opsi-opsi tadi tetap enggak bisa, kamu bisa ketuk Perlu bantuan lain? dan coba isi beberapa kolom pertanyaan dari Instagram, coba inget baik-baik dan pastiin semua informasi yang kamu isi itu benar. Curhat juga gapapa kok, yang penting jangan langsung ada indikasi modus ke operator Instagram aja ya, gengs.

Kalo udah, kamu tinggal tunggu pihak Instagram menghubungi kamu lewat email. Hal paling penting adalah email atau nomer hape yang kamu punya bener-bener masih bisa kamu akses. Jika ternyata email kamu juga dihack dan gak bisa kamu akses? Nah, ini yang makin ribet.

5. Minta bantuan dari penyedia email!

Berhubung penyedia email banyak, kamu harus tau dulu email yang kamu pake untuk akun Instagram kamu apa. Anggaplah kamu pake akun Google misalnya akuniggue@gmail.com dan kamu gak bisa akses kode bantuan dari Instagram yang dikirim ke alamat email ini (yaiyalah, emailnya juga kena hack).

Di laman login akun gmail, kamu masukin alamat email lalu pilih Lupa sandi?. Setelah itu kamu bakal diminta untuk masukkan sandi terakhir yang kamu ingat, kalo engga bisa kamu ketuk Coba cara lain untuk masuk. Biasanya sih akun google kamu udah dikoneksiin ke nomer hape, jadi kamu bisa minta kirim kode verifikasi ke nomer ponsel kamu. Kalo engga bisa juga, coba cara berikutnya ya!

Jawab pertanyaan keamanan, biasanya pertanyaan ini dibuat pas kamu lagi bikin akun google pertama kali. Kalo ternyata kamu engga bisa jawab juga (maklum mungkin kamu masih alay) mari kita coba cara berikutnya.

Kamu coba inget-inget ya kapan kamu buat akun Google ini, bulan dan tahunnya aja kok. Kalo engga tau juga, kita lompat ke pertanyaan berikutnya aja deh.

Ini kamu disuruh masukin alamat email lain yang masih bisa kamu akses, contohnya masukin akun Microsoft kamu emailkecebadai@live.com dan ketuk berikutnya. Nanti Google bakal coba bantu kamu lewat email tersebut. Ikutin aja langkah-langkah yang dikirim google ke email kamu tadi, mudah-mudahan Google percaya kalo kamu benar-benar pemilik akuniggue@gmail.com.

Kita anggap kali ini kamu udah berhasil dapetin akses akun email dan bisa akses langkah-langkah yang Instagram kirim buat ambil alih akun kamu lagi, jangan lupa langsung lakuin step 1, 2 dan 3 di atas ya. Selain bisa menjamin para hacker enggak punya akses ke akun IG kamu lagi, kamu juga bisa tenang karena punya kode backup kali aja kamu dihack lagi sama mantan.

Pesan terpenting dari hal ini ya kamu harus makin hati-hati dan waspada, apalagi di dunia internet. Jangan gampang percaya dengan promo-promo atau janji-janji situs yang engga dikenal. Waspada juga login dengan akun ig kamu ke aplikasi pihak ketiga. Paling horror sih kalo kamu punya mantan yang berubah jadi stalker, makanya akun email dan password itu privacy penting yang kudu kamu jaga secara personal.

Gimana, masih belum bisa akses akun IG kamu yang kena hack? Curcol aja di kolom komentar di bawah! (sds)

Comments

comments

Sari Muda

Tech Enthusiast