Sabtu, 22 September 2018

Genmuda – Indonesia lagi-lagi patut berbangga nih, Kawan Muda. Setelah ngelaluin serangkaian penantian panjang, pembalap muda Rio Haryanto akhirnya berhasil menembus garis finish pertamanya di ajang Formula 1.

Rio memulai balapan GP Bahrain-nya di Sirkuit Internasional Bahrain, Minggu (3/4), pada posisi ke-21. Walau di lap pertama udah sempat terjadi insiden tabrakan antara Valtteri Bottas dan Lewis Hamilton, pembalap yang membela tim Manor Racing itu masih dapat terus melaju.

Selepas lap pertama, Rio berhasil mengejar ketinggalan dan langsung naik ke posisi 18, di depan Kevin Magnussen. Keduanya bahkan masih saling mengejar sampai memasuki lap ke-19, saat Rio berada di posisi ke-15 dan Magnussen justru gantian berada di depannya.

Pergeseran posisi pun kemudian berlangsung dengan sangat cepat. Sempat naik ke posisi 11, di lap ke-38 Rio harus turun ke posisi 17 setelah ngelakuin pit stop. Pembalap berusia 23 tahun itu sempat pula naik ke posisi 16, sebelum akhirnya menembus garis finish di posisi ke-17 dengan catatan waktu 1:38,706.

Well, ngelihat dari pencapaian Rio tadi malam, doi jelas mulai nunjukin hasil yang positif dari perjuangannya selama ini. Walau belum bisa memenuhi target utama mencapai garis finish F1 buat pertama kalinya pada debutnya di GP Australia, kini hal itu akhirnya bisa terwujud.

Dengan kata lain, Rio udah mampu manfaatin dan maksimalin kemampuan sekaligus kesempatan kedua yang dimilikinya pada GP Bahrain. Rio sukses mencapai chequered flag di saat pembalap lain kayak Sebastian Vettel, Jolyon Palmer, Jenson Button, Esteban Gutierrez, dan Carlos Sainz Jr justru tumbang.

“Rasanya luar biasa melihat chequered flag hari ini. Saya juga senang bisa menyelesaikan balapan, yang  merupakan pengalaman penting bagi saya dan tim karena ini bisa memberi kami data tambahan untuk menganalisis dan mengembangkan mobil,” kata Rio usai balapan.

Rio pun ngakuin kalau dirinya udah ngelakuin start dengan baik, bahkan dirinya sampai sempat berada di antara para pembalap Sauber dan Renault. Meski begitu, doi engga ngemungkirin kalau dirinya juga sempat bermasalah sama degradasi ban yang ngehambat lajunya.

Terlepas dari itu, kiprah Rio di GP Bahrain tetap mendapat banyak dukungan dan pujian dari para netizen di Tanah Air. Antusiasme para netizen yang bangga atas prestasinya itu terbukti lewat tagar #RioF1GPBahrain yang sempat berada di deretan Trending Topic Twitter Indonesia tadi malam.

Sementara itu, GP Bahrain yang berlangsung selama 57 putaran sukses dimenangin oleh Nico Rosberg. Di posisi berikutnya, ada pembalap Scuderia Ferrari, Kimi Raikkonen dan juara dunia tahun lalu, Lewis Hamilton, yang harus puas mencapai garis finish di posisi ketiga.

Engga ketinggalan, menyusul GP Bahrain, ada pula GP China yang bakal berlangsung sebagai seri ketiga F1 pada 15 sampai 17 April mendatang. Terkait dengan GP China, Rio pun ngakuin kalau dirinya udah engga asing lagi sama Sirkuit Internasional Shanghai.

“Sirkuit Internasional Shanghai merupakan sirkuit yang saya kenal dengan baik, jadi saya berharap saya bisa kembali mencatat sebuah langkah bagus di sana,” kata Rio.

So, ayo kita dukung terus perjalanan Rio di ajang balapan F1, Kawan Muda. Pencapaian doi yang sekarang ini udah terbilang lebih dari cukup engga bakal bisa berlanjut tanpa dukungan dari kita. Semoga di GP China doi bisa ningkatin prestasinya dan bikin Indonesia makin bangga lagi. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer