Minggu, 19 November 2017
StudentSekolah

8 Barang yang Sebenernya Dilarang di Sekolah (Tapi Udah Biasa Karena Banyak yang Bawa)

via Istimewa(Sumber: Istimewa)

Genmuda – Anak-anak SMA masih banyak loh yang ngelanggar peraturan karena kenakalannya. Untunglah guru-guru di Indonesia sering menyikapinya dengan maklum. Kalo gak, kayaknya hampir semua anak SMA bakalan masuk ruang BK dan dapet hukuman skors.

Contoh nakalnya tuh terlambat sekolah dan cabut. Dalam seminggu ini pasti ada deh temen (atau mungkin kamu sendiri) yang terlambat dan bolos pelajaran karena satu dan lain hal. Dari dulu sampe sekarang, engga ada guru yang bisa memaklumi dua kenakalan itu.

Tapi, ada loh kenakalan masa remaja yang pada akhirnya seolah-olah dimaklumi karena sering dilakuin secara berjamaah. Kenakalannya beruba bawa barang-barang terlarang. Barangnya apa aja? Liat aja di bawah ini.

1. Kendaraan bermotor

via TribunNews.com
Neng! Lo kan belum punya SIM, neng! (Sumber: TribunNews.com)

Hayo. Siapa yang berangkat ke sekolah naik motor apalagi mobil? Sadar kan sebenernya segala jenis kendaraan bermotor cuma boleh dikendarai di jalan raya setelah punya surat izin mengemudi.

Namun demikian, peraturan itu kayaknya udah dilupain banget sekarang ini. Gak percaya? Coba cek SMA-SMA besar di Jakarta. Pasti ada sebagian muridnya yang pulang-pergi naik motor dan banyak yang markir mobilnya di tepi jalan.

2. Gadget

via harianterbit.com
Anak-anak sekolah lagi pada liat situs Ujian Nasional dan ujian masuk perguruan tinggi. (Sumber: harianterbit.com)

Segala jenis gadget sebenernya termasuk barang yang dilarang di sekolah karena berpotensi ganggu kegiatan kelas. Sepuluh tahun lalu, ponsel polyponic (yang ringtonenya masih tat-tit-tut belum stereo) aja disita guru. Apalagi laptop. Belum banyak juga kali yang punya.

Sekarang, bawa ponsel ke sekolah sih biasa banget. Bahkan pemerintahnya juga berdebat sendiri tentang boleh atau engganya bawa ponsel ke sekolah. Contohnya, yang terjadi di Nusa Tenggara Barat. Pemerintah Provinsi NTB ngelarang tapi pemerintah kotanya ngebolehin siswa bawa ponsel ke sekolah sebagai penunjang belajar.

3. Alat musik yang gak berhubungan sama pelajaran

via YouTube.com
(Sumber: YouTube.com)

Peraturannya emang ada. Anak sekolah dilarang bawa alat musik yang engga berhubungan sama pelajaran. Tapi, anak sekolah kan banyak alesan. Gitar yang dibawa khusus untuk gombalin gebetan aja dibilang gitar yang sengaja dibawa untuk iringi paduan suara sekolah.

4. Kartu

via flickr.com
(Sumber: flickr.com)

Meski UNO, poker, dan genre permainan kartu lain bisa diperoleh secara digital lewat PlayStore dan AppStore, kartu fisik masih cukup populer di kalangan anak sekolah. Biasanya, dibawa supaya jam istirahat dan nongkrong gak gabut.

Diumpetinnya di mana? Di dalem tas pasti. Saat ada razia tas, biasanya kartunya dikantongin supaya seolah-olah keliatan kayak ponsel.

5. Fidget spinner

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Dulu, gak ada yang namanya fidget spinner dan sejenisnya. Kalo mau geratakin sesuatu, ya harus muter-muterin pulpen di tangan, kerincing-kerincingin gantungan kunci atau ngisengin temen sebangku.

Sekarang, sah-sah aja untuk bawa fidget spinner ke sekolah bahkan memainkannya sambil belajar di kelas. Meski beberapa sekolah ada yang merazia fidget spinner karena dianggap ganggu konsentrasi, sekolah lain memperbolehkannya.

6. Board game

via wikimedia.org
(Sumber: wikimedia.org)

Mau itu ludo, monopoli, ular tangga, werewolf, atau board game lain, semuanya dilarang dibawa ke sekolah. Kecuali, saat masa-masa class meeting. Mirip kayak kartu, peraturan itu gak dipeduliin sama para murid dan sebagian guru juga biasa aja asalkan permainannya gak dimainin saat pelajaran berlangsung.

7. Alat make-up

©Genmuda.com/2017 Everlyn
Ini isi tas makeup Janine yang berhasil Genmuda.com kepoin ©Genmuda.com/2017 Everlyn

Karena sekolah aslinya tuh tempat belajar bukan tempat ngevlog, maka sekolah ngelarang segala jenis make up. Kalo boleh, paling cuma sabun muka dan pelembab bibir. Namun begitu, banyak juga yang lolos bawa perlengkapan lain.

8. Rokok

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Dah. Akui aja. Cowok atau cewek perokok pasti pernah ngumpetin rokok di selipan-selipan dalam tas atau di celana boxer. Kalo ditanya alesannya engga beli satuan biar gak usah ngumpetin rokok, pasti jawabannya sengaja beli bungkusan biar lebih irit. Padahal, rugi ya rugi aja kalo rokoknya diambil guru dan kamu masuk ruang BK. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.