Sabtu, 19 Januari 2019

Genmuda – Perjuangan kakak-kakak kelas XII sebentar lagi keliatan hasilnya. Hasil ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018 diumumin 3 Juli mendatang.

Jangan percaya gosip kiri-kanan, karena hasil pengumumannya cuma tertera di web resmi, mulai pukul 17:00 WIB. Memperhitungkan waktu loading dan tingkat kerajinan, hasilnya bisa muncul lebih cepat atau lebih lambat dari jadwal.

Segala perubahan peraturan atau jadwal terkait SBMPTN juga bakal diumumin lewat situ. Informasi lebih lanjut juga bisa ditanyain langsung melalui link kontak yang ada di situs.

Dengan kata lain, situs SBMPTN bakalan jadi situs paling populer di Indonesia selama beberapa jam, hari, minggu, bahkan bulan. Biar kamu siap menghadapi momen penentuan itu, siapin 10 hal berikut.

1. Kuota internet

via ocacity.com
(Sumber: ocacity.com)

Pasti, dong. Mustahil kamu bisa memeroleh hasilnya tanpa kuota internet. Mungkin, kamu butuh kuota lebih banyak dari biasanya karena kamu akan buka web itu lebih dari sekali.

2. Gadgetnya

Gadgetnya apa aja asalkan bisa mengakses internet. Pakai Android bisa, pakai iPhone ayok, pakai komputer pun bukan masalah. Mau minjem gadget orang gak sah, pakai punya sendiri lebih baik.

3. Data untuk log-in

via Rune Scape

Berdasarkan pengalaman pengumuman masuk PTN tahun-tahun sebelumnya, kamu butuh username dan password untuk masuk ke web dan lihat hasil ujian. Jadi, jangan hilang data-datanya.

4. Alarm

Untuk apa alarm? Untuk ngingetin kamu tepat jam 17:00 WIB pada 3 Juli mendatang. Kamu harus tepat waktu buat menyiapkan proses selanjutnya, misalnya kayak ngurus berkas pendaftaran administrasi dan akademik kampus.

5. Catatan

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Buku catatan atau note catatan di ponsel sama-sama bisa dipakai untuk menyimpan informasi penting soal pendaftaran akademik dan registrasi administrasi di kampus, kok.

6. Tisue

Hasil SBMPTN bisa aja bikin kamu nangis bahagia atau nangis sedih. Apapun hasilnya, kamu butuh tisue. Atau, sapu tangan. Atau, pundak pacar.

7. Kesabaran

via: Tenor

SBMPTN tahun ini diikuti 56 ribu peserta. Websitenya pasti lemot atau mungkin down bila segitu banyak orang log-in dalam waktu bersamaan. Jadi, sabar aja.

Selain itu, hasil SBMPTN mungkin gak sesuai harapan. Bila itu kasusnya, kamu pun harus sabar. Kalo sekarang gak bisa, mungkin tahun depan ada kesempatan.

Tapi, Genmuda.com doain semoga hasil SBMPTN kamu positif. Jangan lupa, ya. Tetap berdoa dan percaya hasil baik menanti kamu. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.