Rabu, 1 April 2020
Hiburan

7 Fakta Menarik Seputar Film Terbaru Disney, ‘Moana’

via ©Genmuda.com/2016 GabbyMaudy Ayunda dan Griselda Sastrawinata di acara konferensi pers 'Moana' di Epicentrum XXI, Jumat (12/11) ©Genmuda.com/2016 Gabby

Genmuda – Satu lagi film terbaru Disney siap ngehiasin layar lebar nih, Kawan Muda. Lewat film berjudul ‘Moana’ itu, Disney pun sekaligus ngenalin sosok putri terbarunya yang unik dan lain daripada yang lain.

‘Moana’ merupakan film animasi ke-56 persembahan Disney, yang disutradarai oleh Ron Clements dan John Musker. Sama kayak judulnya, film ini berkisah tentang seorang putri kepala suku Pulau Motunui bernama Moana, yang bertekad ngarungin lautan demi menuhin misinya sekaligus nyari jati dirinya. Doi pun ditemani oleh sosok manusia setengah dewa legendaris bernama Maui di sepanjang perjalanannya.

Lebih lanjut, sebagai pengisi suara Moana, ada sosok pendatang baru Auli’i Cravalho. Sementara buat pengisi suara Maui, Disney percayain tugas tersebut ke Dwayne ‘The Rock’ Johnson. Selain keduanya, ada pula sederet pengisi suara lainnya yang engga kalah keren, sebut aja Temuera Morrison, Nicole Scherzinger, Rachel House, Jemaine Clement, dan Alan Tudyk.

Namun demikian, masih ada lagi nih sejumlah fakta menarik lainnya yang perlu kamu tau sebelum kamu nonton ‘Moana’ pada 25 November mendatang, Kawan Muda. Mulai dari siapa aja orang Indonesia yang terlibat dalam proyek film tersebut sampai kayak gimana proses penggarapannya, berikut ini Genmuda.com rangkumin 7 di antaranya:

1. Proses produksi 5 tahun

via ©Genmuda.com/2016 Gabby
Griselda Sastrawinata dan Maudy Ayunda di acara konferensi pers ‘Moana’ di Epicentrum XXI, Jumat (12/11) ©Genmuda.com/2016 Gabby

Siapa bilang bikin film animasi komputer 3D engga memakan waktu yang lama? Buktinya, proses penggarapan ‘Moana’ aja sampai ngabisin waktu sekitar 5 tahun loh, Kawan Muda. Proses yang dimaksud di sini termasuk perjalanan riset ke Fiji, Samoa, dan Tahiti yang dilakuin sutradara Clements dan Musker buat ketemu masyarakat Pasifik Selatan dan belajar tentang budaya mereka. Hal tersebut sengaja dilakuin mengingat kisah ‘Moana’ terinspirasi dari legenda Polinesia.

2. Ngelibatin banyak pihak

Engga tanggung-tanggung, proyek film ‘Moana’ ternyata ngelibatin sampai sekitar 800 orang dari 25 negara. Bahkan, salah satu di antaranya merupakan orang Indonesia, yaitu Griselda Sastrawinata. Sejak gabung sekitar setahun yang lalu, sang visual development artist merupakan orang Indonesia pertama yang bekerja di Art Department Walt Disney Company. Pihak Walt Disney pun udah nyelenggarain hometown hero tour pertama di Indonesia, Jumat (11/11) dengan doi sebagai bintang tamunya.

3. Kisah Griselda sebelum ‘Moana’

via ©Genmuda.com/2016 Gabby
Griselda Sastrawinata di acara konferensi pers ‘Moana’ di Epicentrum XXI, Jumat (12/11) ©Genmuda.com/2016 Gabby

Masih berkaitan dengan Griselda, ‘Moana’ jelas merupakan proyek perdananya di Disney. Secara khusus, di proyek tersebut doi terlibat dalam pembuatan desain kain Tapa. Namun demikian, lulusan ArtCenter College of Design sebetulnya udah berusaha buat gabung ke Disney jauh sebelum penggarapan ‘Moana’ dimulai. Lebih tepatnya, doi harus nunggu sampai sembilan tahun dulu sebelum mimpinya bisa jadi kenyataan.

“Dari pertama kali saya melamar sampa masuk itu setelah 9 tahun. Pertama melamar engga ada posisi. Setelah 9 tahun saat kontrak saya di Dreamworks mau abis, saya hubungi Disney dan kebetulan ada posisi… Rasanya senang dan bangga. Saya udah engga mikir saya wanita atau orang Indonesia. Disney itu mempekerjakan orang karena karyanya. Itu yang sangat saya sukai dari Disney,” ungkap Griselda di acara konferensi pers ‘Moana’ di Epicentrum XXI, Jumat (12/11).

4. Kolaborasi orang Polinesia

Selain ngelibatin orang Polinesia asli dalam perjalanan risetnya, pihak produksi ‘Moana’ ternyata juga berusaha agar para pengisi suara maupun musisi yang terlibat seengganya merupakan orang keturunan Polinesia. Lihat aja buktinya Auli’i Cravalho, yang berasal Hawaii, dan The Rock, yang juga berdarah Samoa. Selain itu, ada pula Opetaia Foa’I, musisi asal Samoa yang merupakan anggota band Te Vaka.

5. Keterlibatan Maudy Ayunda

via ©Genmuda.com/2016 Gabby
Penampilan Maudy Ayunda di acara konferensi pers ‘Moana’ di Epicentrum XXI, Jumat (12/11) ©Genmuda.com/2016 Gabby

Satu lagi talenta Tanah Air yang juga terlibat dalam proyek film ‘Moana’ adalah penyanyi dan aktris muda Maudy Ayunda. Doi dipercaya buat ngebawain soundtrack ‘Moana’ dalam bahasa Indonesia, yaitu ‘Seb’rapa Jauh Ku Melangkah’ (‘How Far I’ll Go’). “Waktu dapat tawaran dari Disney sempat engga percaya bisa dapat kesempatan seperti ini. Dari situ prosesnya lumayan simpel,” ujar Maudy.

6. Bernyayi dengan pesan dan emosi

Menurut Maudy, satu karakteristik Disney dalam hal soundtrack ada pada pesan dan emosinya, bukan cuma sekedar nyanyiannya yang indah. Untungnya, dengan dibantu pihak Disney, doi bisa lebih mahamin cerita ‘Moana’, sehingga bisa nyampein interpretasi lagu yang sesuai dengan cerita tersebut.

“Waktu rekaman aku belum pernah mendengarkan lagunya, jadi menatang banget saat tiba-tiba dapat lirik dalam bahasa Indonesia. Menurut aku, satu gaya Disney adalah menyanyi bukan hanya menyanyi dan kedengeran enak, tapi juga ada pesan dan emosi. Untuk mendapatkan itu aku emang dibantu tim Disney Asia Tenggara,” tutur Maudy.

7. Kemiripan sosok Auli’i Cravalho dan Moana

Look it's @auliicravalho & PUA! #moana #linstagram

A post shared by Walt Disney Animation Studios (@disneyanimation) on

Belum lama ini, Maudy juga baru aja balik dari Singapura setelah ngehadirin Press Screening ‘Moana’ dan bernyanyi dengan perwakilan beberapa negara Asia lainnya di sana. Di kesempatan yang sama, doi sempat bertemu pula dengan Auli’i Cravalho sang pengisi suara Moana. Doi lantas berpendapat bahwa Auli’i merupakan sosok yang tepat buat meranin Moana. “Aku bertemu dengan Auli’i dan dia manis sekali, benar-benar seperti Moana,” tandas Maudy.

So, buat kamu yang penasaran dengan kayak gimana sebetulnya kisah perjalanan Moana, jangan lupa saksiin filmnya di bioskop mulai 25 November mendatang. Apalagi kalo kamu ngaku pecinta film-film Disney, film yang satu ini jelas engga boleh kamu lewatin. Selamat nonton, Kawan Muda! (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer