Sabtu, 28 Maret 2020

Genmuda – Gelaran Premier League kembali di gelar pekan ini usai rehat dari laga internasional. Memasuki pekan ke-4 dua rival Manchester bakalan bentrok di Old Trafford pada hari Sabtu (10/9). Derby kali ini pun terasa spesial karena menjadi pertemuan pertama Jose Mourinho dengan Pep Guardiola di liga primier Inggris.

Jika bahas soal statistik dan kondisi pemain, jelas The Red Devil lebih diuntungkan atas absennya penyerang The Citizen, Sergio Aguero. Pemain tersebut harus absen pada derby kali ini usai FA memberikan hukuman karena prilakunya saat menyikut pemain West Ham, Winston Reid.

Namun, sebelum Kawan Muda nonton laga panas tersebut, Genmuda.com bakalan kasih kamu sejumlah fakta menarik yang engga boleh kamu lewati. Kalo kedua tim Manchester ini bukan jagoan kamu, at least bisa nambah wawasan sepak bola kamu buat modal deketin gebetan. #Eaaa.. Engga usah pakai lama, langsung simak faktanya di bawah gaes!

1. Dalam Head to Head MU lebih unggul ketimbang City

via: Chekibets
(Sumber: Istimewa)

Sejak memulai derby pada 12 November 1881, keduanya tercatat udah meladeni derby sebanyak 171 pertemuan. Hasilnya, MU 71 kali menang, 51 kali seri, dan 49 kali kalah. OPTA mencatat dari 19 laga terakhir di Old Trafford, City hanya mampu 4 kali menang, 5 kali seri, dan 10 kali kalah.

2. Rooney menjadi pencetak gol terbanyak di derby ini

via: ESPN(Sumber: Istimewa)

Aguero dan Ibrahimovic mungkin boleh bersaing di papan top skor pada musim ini. Namun, statistik menunjukan jika Wayne Rooney lah yang paling banyak mencetak gol di laga bergengsi tersebut. Sejak bergabung dengan MU dari tahun 2004 kapten Timnas Inggris itu berhasil mencetak 11 gol dalam derby Manchester di semua kompetisi.

3. Rekor kedua pelatih di tim baru mereka

via: Skysport
(Sumber: Istimewa)

Rivalitas Mou dan Guardiola emang jadi cerita baru pada derby kali ini. Walau Mou bukan kali pertama melatih tim di Liga Inggris, namun pria Portugal itu punya rekor baru sebagai pelatih pertama MU yang meraih empat kemenangan beruntun (termasuk Community Shield). Pun halnya pada Guardiola yang memberikan lima kemenangan City (termasuk pada kualifikasi Liga Champions). So, kita tunggu siapakah yang harus menerima kekalahan perdana.

4. Klub boros

Cash Money

Walaupun City dicap sebagai tim yang doyan beli pemain bintang dengan harga selagit, namun faktanya kedua tim inilah yang paling boros belanja pemain di bursa transfer kemarin. Kedatangan Pogba menjadi pembelanjaan United membengkak musim ini, alhasil Setan Merah menghabiskan 185 juta euro. Sedangkan total belanja City mencapai 213 juta euro.

5. Mengulang musim 2011/12

via: Getty Images
(Sumber: Getty Images)

Opta mencatat, torehan impresif kedua tim musim ini seolah mengulang musim 2011/12 Pada musim itu kedua tim berhasil menang di tiga laga pertama. Namun pada musim itu City keluar sebagai juara liga Inggris, dengan menang selisih gol atas United.

6. Kemenangan terbesar kedua tim di laga derby

via: Manchester Evening
(Sumber: Istimewa)

Soal menang dengan skor besar ternyata lebih diungguli oleh Manchester Biru. Sejak tahun 1881 hingga sekarang. City dua kali menekuk MU dengan margin 5 gol, yaitu pada tahun 1926 dan 2011 dengan skor 1-6, serta tahun 1955 dengan skor 0-5. Sedangkan Setan Merah hanya sekali membantai The Citizen dengan skor 5-0 pada tahun (1994).

7. Pemain muda bertalenta

via: Nano News
(Sumber: Istimewa)

Kita kesampingkan dulu nama-nama seperti Pogba, Ibrahimovic, Sterlling, atau Kevin De Bruyne. Di satu sisi kedua tim justru memiliki sosok pemain muda yang tengah naik daun, Marcus Rashford dan Kelechi Iheanacho. Yup kedua bisa dibilang menjadi young star di kedua pihak. Bahkan Rashford keluar sebagai pahlawan di laga derby musim lalu.

So, dari fakta-fakta di atas kita tungguin aja nih, siapa yang keluar sebagai pemenang. Kalo prediksi dari Kawan Muda gimana? Jangan ragu tulis komentar kamu di bawah, biar nanti kita godain. He-he.

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.