Senin, 25 September 2017
StudentKampus

7 Belanjaan Konsumsi Hemat Anak Kos supaya Bertahan Hidup Sebulan Penuh

via Istimewa(Sumber: Istimewa)

Genmuda – Kekurangan uang dan krisis makanan mulai melanda. Tantangan hidup makin berat setelah ngelewatin masa-masa “bulan madu,” yaitu  seminggu pertama ngekos. Kebebasan dari kekangan peraturan orangtua ternyata harus dibayar mahal.

Di antara banyaknya penderitaan anak kos, masalah yang paling berat pasti menyangkut keuangan. Bukan soal sulitnya bangun pagi, dikunciin bapak/ibu kos karena kemalaman pulang, atau ngantre toilet yang bikin telat masuk kelas pagi.

Penghematan anak kos cuma bisa dilakuin dengan mengurangi jajan karena gak mungkin mengurangi uang bayaran dan jatah rutin makan besar. Eits. Mengurangi jajan bukan berarti kamu gak makan sama sekali. Coba deh ikutin tips belanja bulanan hemat di bawah ini biar kamu bisa hidup enak sebulan tanpa jebolin tabungan.

1. Dua kaleng susu kental manis

via sajiansedap.com
(Sumber: sajiansedap.com)

Pengeluaran: 18.000 – 26.000 rupiah (Harga sekaleng: 9.000-13.000an rupiah)

Beli di mana: toko kelontong/warung grosir

Berterimakasihlah pada siapapun yang pertama kali ngentelin susu lalu nambahin banyak gula ke dalamnya. Karena atas ide brilian beliau, kamu punya sebuah cairan yang fungsinya untuk gantiin gula, jadi selai roti, dan pastinya jadi susu cair. Dua kaleng susu kental manis cukup untuk sebulan, kok. Jangan lebih!

2. Tiga bungkus roti tawar

via perutgendut.com
(Sumber: perutgendut.com)

Pengeluaran: 33.000 – 45.000 rupiah (harga satuannya 11.000 – 15.000an)

Beli di mana: Abang-abang lewat. Di supermarket/minimarket kan mahal.

Sebungkus roti tawar rata-rata berisi 8-10 lembar roti. Roti pake susu kentel manis (atau mises/selai/sosis) cocok buat sarapan atau pengganti makan malem. Biar gak boros, pastiin aja dalam sehari tuh maksimal mengonsumsi satu lembar roti.

3. Sekilo sereal kiloan

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Pengeluaran: 50.000 – 70.000 rupiah

Beli di mana: Pasar terdekat. Kalo males jalan, pesan online aja. Banyak yang jual.

Serius. Pasti ada deh satu atau dua pedagang di pasar tradisional yang ngejual aneka jenis sereal kiloan, mulai dari sereal jagung hingga sereal cokelat. Rasanya mirip sereal bermerk tapi harganya jauh lebih terjangkau. Cocok banget dijadiin makanan ngemil. Bisa juga sebagai pengganti roti. Satu kilo aja cukup karena banyak banget.

4. Satu dus mie instan

via fajaronline.com
(Sumber: fajaronline.com)

Pengeluaran: 80.000 – 100.000 rupiah

Beli di mana: toko kelontong/warung grosir yang jauh dari kosan. Karena, harga mie di warung deket kosan pasti mahal.

Makanan wajib yang setia menyelamatkan jutaan anak kos dari kelaparan. Satu dus berisi 40 bungkus. Kalo kamu makan sebungkus mie tiap hari, cukup kok satu dus untuk sebulan. Asalkan, umpetin mienya jauh dari jangkauan mata temen kosan biar engga diminta dan akhirnya habis sebelum waktunya.

5. Dua rencengan kopi instan

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Pengeluaran: 40.000 – 50.000 (harga serenceng isi 20 bungkus: 20.000 – 25.000)

Beli di mana: toko kelontong/warung grosir yang jauh dari kosan. Karena, harga kopi di deket kosan pasti mahal.

Daripada gaya-gayaan beli kopi ala cafe yang rasanya belum tentu enak, mending beli kopi sachet aja yang udah ketauan nikmat dan harganya terjangkau. Lebih irit lagi sih kalo beli kopinya langsung 40 sachet atau dua renceng. Kalo kamu tau penjual kopi grosir, bisa juga tuh beli kiloan sama doi.

6. Dua bungkus teh awur

via kwiqatar.com
(Sumber: kwiqatar.com)

Pengeluaran: 3.500 – 5.000 rupiah.

Beli di mana: toko kelontong/warung grosir

Kamu yang lebih suka ngeteh daripada ngopi juga jangan kebanyakan gaya. Ngapain beli teh celup mahal-mahal sebungkus sampe berpuluh-puluh rebu kalo teh awur menyediakan rasa yang lebih kuat dan efek kafein teh yang sama dengan harga gak nyampe 10 ribu rupiah sebungkus sedang dan bisa dipake untuk sebulan penuh.

7. Beras

via wikimedia.org
(Sumber: wikimedia.org)

Beli di mana: toko beras terdekat/warung grosir

Setelah beli barang-barang logistik nomor 1-6, pengeluarannya tuh 224.500 sampai 296.000 rupiah. Mayan irit, kan? Sisanya bisa dibeliin sabun, sampo, sikat gigi, dan kebutuhan satnitasi lain.

Kalo masih ada sisa juga, jangan lupa beli beras. Pasti kamu punya rice cooker kan di kosan? Manfaatin itu buat bikin nasi sendiri. Dengan begitu, kamu bisa menghemat pengeluaran tiap kali makan besar. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.